Langsung ke konten utama

Pos

Menampilkan postingan dari Februari, 2011

Saat-saat Bahagia di Bulukumba

Saat sedang bercanda, salah seorang adik saya, Asran Faizal yang biasa kami panggil Accang, meminta saya menukar sepeda motornya yang masih tergolong baru dengan sepeda motor saya yang sudah berusia belasan tahun. Selain itu, dia juga langsung mengeluarkan dan memberikan semua uang yang ada padanya kepada saya.

Wakil Ketua DPRD Pimpin KBPPP Bulukumba

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba dari Partai Demokrat, Husbiannas Alsi, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPPP) Bulukumba periode 2011-2015, dalam Musyawarah Resor (Musres) KBPPP Bulukumba, di aula Markas Besar Kepolisian Resort (Maplres) Bulukumba, Sabtu, 26 Februari 2011.

Kapal Phinisi Sudah Keliling Dunia Sejak Ratusan Tahun Silam

JALUR KAPAL PHINISI KUNO. Jalur Sutra mencapai Eropa Selatan melalui Arab, Somalia, Mesir, Persia, India, dan Jawa (Indonesia) sampai mencapai Tiongkok. Para pedagang Indonesia melewati jalur ini dengan menggunakan kapal phinisi kuno pada ratusan tahun silam. (http://en.wikipedia.org/wiki/File:Silk_route.jpg)

Foto-foto RSUD Bulukumba

Keterangan gambar: Gedung bagian depan dan papan nama RSUD Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba. Suasananya agak sepi, karena gambarnya saya abadikan pada hari Minggu pagi sekitar pukul 09.00 Wita, 13 Februari 2011. (Foto: Asnawin)
-------------------------------



Foto-foto RSUD Bulukumba

Oleh: Asnawin

Pada hari Minggu, 13 Februari 2011, saya bersama isteri dan salah seorang anak kami, membesuk keluarga yang terbaring sakit di RSUD Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba. Kebetulan hari itu masih pagi sekitar pukul 09.00 Wita, sehingga keadaannya masih agak sepi.

Kesempatan itu saya manfaatkan untuk mengabadikan beberapa suasana dan bagian-bagian yang ada di gedung rumah sakit tersebut. Gambar saya abadikan dengan menggunakan handphone nokia murahan, sehingga mohon maaf kalau kualitasnya kurang bagus.

Inilah beberapa gambar hasil jepretan saya.



Keterangan gambar: Koridor di bagian depan RSUD Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba tampak cukup asri dengan banyaknya bunga di atas hamparan rumput nan h…

RSUD Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba

Gedung bagian depan dan papan nama RSUD Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba saat kami abadikan pada Minggu, 13 Februari 2011. Pemkab Bulukumba bertekad memperbaiki rumah sakit tersebut dengan mengubahnya menjadi rumah sakit modern yang direncanakan sebesar 17.000 meter persegi, dengan kapasitas tempat tidur 200 – 300 buah, serta dilengkapi laboratorium dan berbagai sarana pendukung lainnya. (Foto:  Asnawin)

Sangat Menjanjikan, Potensi Tambang Desa Anrang Bulukumba

TAMBANG. Potensi tambang pasir dan batu sungai yang berada di aliran Sungai Balantieng, Desa Anrang, Kabupaten Bulukumba, sangat menjanjikan peningkatan kesejahteraan warga sekitarnya. Potensi tambang pasir dan batu sungai di lokasi ini akan dikelola dengan baik, melalui pembentukan kelompok usaha dan akan diberi bantuan modal usaha. (int)

Ekspose Kedua Rencana Pembangunan RSUD Bulukumba

RSUD BULUKUMBA. Sarana dan prasarana RSUD Andi Sulthan Dg Radja Bulukumba untuk 5 tahun ke depan sudah tidak memadai lagi. Saat ini saja pasien sangat membludak dan sarananya sangat minim, sehingga perlu upaya antisipasi dengan membangun RSUD yang baru dengan meningkatkan kelasnya menjadi type B.  (Foto: Asnawin)

----------------------------------------

Ekspose Kedua Rencana Pembangunan RSUD Bulukumba

Radio Cempaka Asri, Bulukumba
Jumat, 25 Februari 2011
http://www.rca-fm.com/2011/02/ekspose-kedua-rencana-pembangunan-rsud.html

Bulukumba, RCAnews - Dalam rangka rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Pemkab Bulukumba bersama DPRD mendengarkan ekspose pembangunan rumah sakit tersebut oleh PT. Artanusa Indoetam Samarinda. Pertemuan yang kedua kalinya ini berlangsung di Rujab Bupati, Kamis malam, 25 Februari 2011.

Anggota DPRD yang hadir Abd Kahar Muslim, Hamzah Pangki, Hilmiaty Asip, Fahidin, Mulyadi Mursali, Baso Zulkarnain, serta Sekda A Untung, beserta jajaran SKPD terkait…

Bupati Bulukumba Kunker ke Rilau Ale dan Bulukumpa

Setelah mengunjungi Kecamatan Bontobahari, Kecamatan Bontotiro, Kecamatan Herlang, dan Kecamatan Kajang, Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan kembali melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Rilau Ale dan Kecamatan Bulukumpa, Jumat, 25 Februari 2011. 


------------------


Bupati Bulukumba Kunker ke Rilau Ale dan Bulukumpa

Radio Cempaka Asri, Bulukumba
Jumat, 25 Februari 2011
http://www.rca-fm.com/2011/02/bupati-kunker-di-kecamatan-rilau-ale.html

Bulukumba, RCAnews - Setelah mengunjungi Kecamatan Bontobahari, Kecamatan Bontotiro, Kecamatan Herlang, dan Kecamatan Kajang, Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan kembali melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Rilau Ale dan Kecamatan Bulukumpa, Jumat, 25 Februari 2011.

Seperti di empat kecamatan sebelumnya, Zainuddin Hasan didampingi sejumlah pejabat juga melakukan dialog dengan jajaran pemerintah kecamatan, tokoh masyarakat, dan warga setempat di Kecamatan Rilau Ale dan Kecamatan Bulukumpa. Bupati juga meninjau lokasi tambang yang ada di wilayah tersebut.

Kabupatenbulukumba.blogspot.com Dikunjungi Ribuan Orang dari Mancanegara

Sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya sebagai pendiri dan pengelola http://kabupatenbulukumba.blogspot.com, karena blog yang saya buka sejak 21 Juli 2009 ini telah dikunjungi lebih dari 50 ribu kali. Lebih membanggakan lagi karena lebih dari 8.000 pengunjung berasal mancanegara.

''Kami main di mana saja. Di gedung oke, di perkampungan ayo''

KEBANGGAAN SULSEL. Aspar Paturusi, pria kelahiran Bulukumba, 10 April 1943, salah satu seniman kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan. Ia adalah satu dari segelintir seniman teater daerah yang bisa dengan penuh percaya diri tampil sepanggung dengan sejumlah nama besar di pentas drama nasional.

Aspar Paturusi, Tetap Produktif di Usia Senja

SANTAI. Aspar Paturusi di kediamannya Jalan Sawo Kecik, Tebet, Jakarta. Pria kelahiran Bulukumba, 10 April 1943, pernah menjadi aktor terbaik dalam Festival Sinetron Indonesia. Kini Aspar gemar berselancar di situs jaringan pertemanan Facebook. (Foto: Fajar/Alief Sappewali)

Warga Bulukumba Desak TNI AD Serahkan Tanah Eks Sekolah China

Ketua Komisi A DPRD Bulukumba, Syahrir Sahib (PPP) didampingi Sekertaris Komisi A DPRD Bulukumba, Hamzah Pangki (Golkar), memediasi pertemuan antara keluarga Sadariah dengan Komandan Dandim 1411 Bulukumba, Letkol Agung Senoaji, di Gedung DPRD Bulukumba, Kamis, 24 Februari 2011.


-------------------------------

Warga Bulukumba Desak TNI AD Serahkan Tanah Eks Sekolah China

Harian Ujungpandang Ekspres, Makassar
Jumat, 25-02-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/index.php?option=read&newsid=62339

BULUKUMBA, UPEKS--Warga Bulukumba, meminta Markas Besar (Mabes) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), menyerahkan tanah eks Sekolah China (Tiongkok, red), yang berlokasi di Kelurahan Bentenge, Kecamatan Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba, kepada ahli waris pemilik tanah bernama Sadariah.

Ahli waris tanah, Sadariah, menyampaikan hal itu dalam rapat dengar pendapat yang digelar Komisi A DPRD Bulukumba, di gedung DPRD Bulukumba, Kamis (24/2).

Ketua Komisi A DPRD Bulukumba, Syahrir S…

Marinir AS Ditemukan Tewas di Pantai Bira

Sebuah heli jenis CH 46 milik USMC melintas di pantai Banongan saat Latihan Bersama Marinir Indonesia dengan Marinir Amerika (USMC). Seorang purnawirawan marinir AS, Matthew (60) ditemukan tewas di kawasan pantai Tanjung Bira, Bulukumba, Kamis pagi, 24 Februari 2011. (Foto: Serda Mar Kuwadi)


--------------------------

Marinir AS Ditemukan Tewas di Pantai Bira

Tribunnews.com - Kamis, 24 Februari 2011
http://www.tribunnews.com/2011/02/24/marinir-as-ditemukan-tewas-di-pantai-bira

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Seorang purnawirawan marinir Amerika Serikat (AS), Matthew (60) ditemukan tewas di kawasan wisata pantai Bira, Kabupaten Bulukumba, Kamis pagi, 24 Februari 2011.

Matthew adalah bekas pasukan khusus Angkatan Laut (AL) AS. Saat jenazah marinir itu divisum di RS Bulukumba, ditemukan ada luka di wajahnya.

Kasat Reskrim Polres Bulukumba AKP Alimuddin mengaku, pihaknya masih menunggu hasil penyidikan lengkap. Dia juga membenarklan kemungkinan mayat Matthew dikirim ke Makassar untuk diotopsi

Gani Sirman Didukung Pemuda Rilau Ale-Bulukumpa

Gani Sirman kembali memperoleh dukungan sebagai calon Sekretaris Kabupaten Bulukumba. Kali ini dari kalangan pelajar dan pemuda Gerakan Muda Rilau Ale-Bulukumpa (Gramudia), salah satu organisasi kepemudaan di Bulukumba. Dukungan serupa diterima dari Aliansi Mahasiswa Bulukumba di Makassar, pekan lalu. 

--------------------

Gani Sirman Didukung Pemuda Rilau Ale-Bulukumpa

Radio Cempaka Asri, Bulukumba
Kamis, 24 Februari 2011
http://www.rca-fm.com/2011/02/gani-sirman-didukung-pemuda-rilau-ale.html

Bulukumba, RCAnews -  Setelah pada pekan lalu memperoleh dukungan resmi dari Aliansi Mahasiswa Bulukumba di Makassar untuk menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekkab) Bulukumba, Gani Sirman kembali memperoleh dukungan serupa dari kalangan pelajar dan pemuda.

Kali ini pernyataan dukungan kepada Gani Sirman datang dari Gerakan Muda Rilau Ale-Bulukumpa (Gramudia), salah satu organisasi kepemudaan di Bulukumba.

Ketua Umum Gramudia, Andi Patunruang kepada para wartawan di sekretariat Gramudia di …

DPC Gerindra Bulukumba Ikut Rakorda Tandingan

Sekira 18 DPC Partai Gerindra se-Sulsel telah sepakat akan menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Gerindra Sulsel tandingan, termasuk DPC Partai Gerindra Bulukumba.Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel Suwardi Thahir mengaku DPC-DPC tersebut sebenarnya sudah ada SK-nya, tetapi belum diserahkan.

-------------------

SK Pengurus Daerah Segera Turun
- DPC Gerindra Bulukumba Ikut Rakorda Tandingan

Harian Ujungpandang Ekspres, Makassar
Kamis, 24-02-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=62191

MAKASSAR,UPEKS--Sekira 18 DPC Partai Gerindra se-Sulsel telah sepakat akan menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Gerindra Sulsel tandingan. Di antaranya, DPC Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Parepare, Sidrap, Enrekang, Tana Toraja, Luwu Timur, Luwu Utara, Palopo, Gowa, Jeneponto, Bulukumba, Sinjai, Selayar, Soppeng, Wajo, dan Kabupaten Bone. Serta dilengkapi dengan 2 orang pengurus harian DPD. Yakni Wakil Ketua DPD, Zaenal Abidin dan Wakil Sekretaris DPD, Andi Syarifuddin.

Sem…

''Bola Dunia'' Beli Rumput Laut Bulukumba

RUMPUT LAUT. Perusahaan tepung rumput laut PT Bola Dunia, membeli rumput laut dari petani rumput laut Bulukumba. Sebanyak 400 ribu kilogram atau setara dengan 400 ton rumput laut, diborong perusahaan tepung rumput asal Jakarta itu. Rencananya, 400 ton rumput laut asal Bulukumba itu, akan dibawa ke pabrik tepung rumput laut milik PT Bola Dunia, di Kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat. (Foto: Int)


-------------------


''Bola Dunia'' Beli Rumput Laut Bulukumba

Harian Ujungpandang Ekspres, Makassar
Kamis, 24-02-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/index.php?option=read&newsid=62226

BULUKUMBA, UPEKS--Perusahaan tepung rumput laut PT Bola Dunia, membeli rumput laut dari petani rumput laut Bulukumba. Sebanyak 400 ribu kilogram atau setara dengan 400 ton rumput laut, diborong perusahaan tepung rumput asal Jakarta itu.

Rencananya, 400 ton rumput laut asal Bulukumba itu, akan dibawa ke pabrik tepung rumput laut milik PT Bola Dunia, di Kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Pem…

Mau Lihat Pinisi? Datanglah ke Paotere

Pinisi merupakan kapal tradisional suku Bugis dan suku Makassar. Kini, pinisi berfungsi sebagai kapal muatan barang. Saat saya menjelajahi Pelabuhan Paotere, Makassar, beberapa pekerja sibuk memindahkan muatan dari kapal. Kapal yang kecil memuat hasil perkebunan, seperti bawang merah dan jagung. Sementara kapal besar membawa muatan seperti batu bara, pupuk, dan semen. (Foto: Kompas/Ni Luh Made Pertiwi F)

Fakultas Kedokteran Unismuh Survei 265 Sekolah

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah kembali melaksanakan survei dan sosialisasi minat dan bakat calon Mahasiswa Baru (Maba) dengan program hibah kompetensi (PHK) sebagai bentuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter (PKPD), di 265 Sekolah SMA/SMK sederajat, termasuk di Bulukumba.

------------------------


Fakultas Kedokteran Unismuh Survei 265 Sekolah
- Termasuk SMA/SMK di Bulukumba

Harian Ujungpandang Ekspres, Makassar
Rabu, 23-02-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=62137

MAKASSAR, UPEKS—Fakultas Kedokteran (FK) Unismuh kembali melaksanakan survei dan sosialisasi minat dan bakat calon Mahasiswa Baru (Maba) dengan program hibah kompetensi (PHK) sebagai bentuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter (PKPD), di 265 Sekolah SMA/SMK sederajat.

Direktur Eksekutif PHK-PKPD FK Unismuh Makassar, Ir A Ifayani Hanarat MM mengatakan PHK-PKPD merupakan Project untuk FK Unismuh, sebagai salah satu program yang mulai diimplementasikan sebagai standarisasi seleksi maba …

Banyak Eksporter Berburu Cottonii Kering Bulukumba

Dengan anggota kelompok sekitar 70 petani, produksi kelompok tani Juku Ejaya, di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, bisa mencapai rata-rata 40 ton cottonii kering sebulan. Harga cottonii kering lima tahun lalu pada kisaran Rp 3.000 – 5.000 juga telah berubah menjadi Rp 8.000 – 12.000 ditingkat petani. (foto: int)

Mandala Ria akan dijadikan Obyek Wisata Unggulan

Pantai Mandala Ria terletak di Desa Lambanna Ara, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba. Dinamakan Mandala Ria karena di tempat inilah Panglima Mandala memesan 24 kapal pendarat dalam rangka pembebasan Irian Jaya dari kolonial Belanda, puluhan tahun silam. (Foto: http://www.bulukumbatourism.com)

---------------------

Mandala Ria akan dijadikan Obyek Wisata Unggulan

Pantai Mandala Ria terletak di Desa Lambanna Ara, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba. Dinamakan Mandala Ria karena di tempat inilah Panglima Mandala memesan 24 kapal pendarat dalam rangka pembebasan Irian Jaya dari kolonial Belanda, puluhan tahun silam.

Selain pantainya yang berpasir putih, terdapat pula tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, yakni Goa Passohara yang di dalamnya terdapat sumber mata air. Di tempat ini pula banyak wisatawan melewatkan waktunya untuk berenang.

Tak jauh dari tempat tersebut terdapat pula Goa Passea yang merupakan situs pemakaman. Dalam perjalanan menuju pantai Mandala Ria di sisi kanan kiri jalan, a…

Bupati Bulukumba Berdialog dengan Petani Rumput Laut Sapolohe

RUMPUT LAUT. Kelompok tani Juku Ejaya adalah salah satu kelompok tani rumput laut yang terbilang sukses di Bulukumba. Kelompok tani ini pernah mewakili Sulsel dan meraih juara pada lomba kelompok tani tingkat nasional. Para petani di kelompok tani Juku Ejaya mampu mengolah 70 ton rumput laut setiap bulannya. (foto: int)

----------------------

Bupati Bulukumba Berdialog dengan Petani Rumput Laut Sapolohe

BULUKUMBA, Bupati Bulukumba H Zainuddin bertatap muka dengan 372 orang petani rumput laut dalam kunjungan kerja pertamanya di Kelurahan Sapolohe Kecamatan Bontobahari Bulukumba, Selasa, 22 Februari 2011. Ratusan petani rumput laut tersebut adalah anggota kelompok tani Juku Ejaya, Kecamatan Bontobahari.

Kelompok tani Juku Ejaya adalah salah satu kelompok tani rumput laut yang terbilang sukses di Bulukumba. Kelompok tani ini pernah mewakili Sulsel dan meraih juara pada lomba kelompok tani tingkat nasional. Para petani di kelompok tani Juku Ejaya mampu mengolah 70 ton rumput laut seti…

Warga Manyampa Demo PLN Bulukumba

Sejumlah warga dari Desa Manyampa, Kecamatan Ujungloe, berunjuk rasa di depan kantor PT PLN Panrita Lopi, Bulukumba, Senin, 21 Februari 2011. Komunitas warga Manyampa, meminta pihak PT PLN Panrita Lopi, menindak-lanjuti penyambungan listrik di SMP 6 Ujungloe, yang terletak di Desa Manyampa.

DPRD Bulukumba Segera Panggil Pihak Bank

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba segera memanggil pihak bank selaku pengelola kredit usaha rakyat (KUR), terkait penyaluran kredit yang tidak merata. Komisi B DPRD Bulukumba segera memanggil kepala BNI dan BRI cabang Bulukumba untuk menjelaskan penyaluran dana KUR tersebut.

Bupati Bulukumba Usulkan Tiga Calon Sekkab

Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan sudah mengusulkan tiga nama calon sekretaris kabupaten (sekkab) Bulukumba kepada Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo untuk menjalani fit and propert test.Ketiganya merupakan pejabat eselon II dan pejabat asisten.

---------------------------

Bupati Bulukumba Usulkan Tiga Calon Sekkab

Selasa, 22 Pebruari 2011 02:03
http://www.makassarterkini.com/index.php?option=com_content&view=article&id=2085:bupati-usulkan-tiga-calon-sekkab-&catid=44:info-terkini&Itemid=139

BULUKUMBA– Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan sudah mengusulkan tiga nama calon sekretaris kabupaten (sekkab) Bulukumba kepada Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo untuk menjalani fit and proper test.

“Ada tiga nama yang sudah diusulkan kepada Gubernur. Ketiganya merupakan pejabat eselon II dan pejabat asisten. Beberapa pejabat lain yang sudah layak menduduki jabatan sekkab menggantikan sekkab saat ini sudah memasuki masa pensiun,” kata Bupati kem…

DPC Gerindra Bulukumba Masih Bermasalah

Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel Rudiyanto Asapa (kanan) meminta seluruh anggota dewan mulai DPD, DPC, hingga PAC melakukan sosialisasi kepengurusan. Bupati Sinjai dua periode ini mengancam akan memecat anggota dewan asal Gerindra yang tidak berkontribusi terhadap pengembangan partai. (Foto: http://www.liputan-kota.com/2010/08/ketua-dpd-gerindra-sulsel-dihembuskan.html)

------------------------

Anggota Dewan Gerindra Bakal Dipecat
- Tujuh DPC Masih Bermasalah

Harian Ujungpandang Ekspres, Makassar
Selasa, 22-02-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=62041

MAKASSAR, UPEKS--Menghadapi verifikasi kelayakan Partai Politik (Parpol) yang ikut Pemilu 2014, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sulsel, Rudiyanto Asapa meminta semua anggota dewan Gerindra agar berpartisipasi secara aktif.

Seluruh anggota dewan mulai DPD, DPC hingga PAC melakukan sosialisasi kepengurusan. Bupati Sinjai dua periode ini mengancam akan memecat anggota dewan asal Gerindra yang tidak berk…

Bupati Bulukumba Mundur dari Panitia Pembangunan

Isu gratifikasi yang diduga melibatkan Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan terus menggelinding. Kabar terakhir, Zainuddin Hasan yang selama ini menjadi panitia tunggal pembangunan Masjid Agung mundur dan membentuk panitia pembangunan baru. Sementara, dugaan gratifikasi itu mencuat sekaitan dengan sumbangan pengusaha ke rekening pembangunan masjid tersebut ke Bank BRI. (Foto: Dokumentasi Fajar)

-------------------------------------

Bupati Bulukumba Mundur dari Panitia Pembangunan
- Zainuddin Didesak Umumkan Anggaran Masjid Agung

Harian Fajar, Makassar
Senin, 21 Februari 2011
http://www.fajar.co.id/read-20110220185448-zainuddin-mundur-dari-panitia-pembangunan

BULUKUMBA -- Isu gratifikasi yang diduga melibatkan Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan terus menggelinding. Kabar terakhir, Zainuddin Hasan yang selama ini menjadi panitia tunggal pembangunan Masjid Agung mundur dan membentuk panitia pembangunan baru. Sementara, dugaan gratifikasi itu mencuat sekaitan dengan sumbangan pengusaha ke r…

Ketua Kadin Bulukumba: Harus Ada Penguatan Kelembagaan

DISKUSI. Dari kiri, Ketua Umum Kadin Makassar Amirullah Abbas, Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto, Ketua Umum Kadin Sulsel Zulkarnain Arief, dan Wakil Ketua Umum Kadin Sulsel Zulkifli Gani Ottoh dalam diskusi dengan pengurus Kadin se-Sulsel, di Hotel Grand Clarion & Convention, Minggu, 20 Februari 2011. (Foto: Aswad Syam/Fajar)

Kisah Inspiratif Merayakan Kehidupan

Illustrasi foto Suku Kajang, Bulukumba. Topo, tetua adat komunitas Ammatoa di kawasan Kajang, Bulukumba, Sulawesi Selatan, mengerjakan aksi prolingkungannya atas dasar tradisi. Dialah figur yang menerapkan filsafat kenalilah lingkunganmu untuk hidup lebih arif dan tak destruktif. Dia mencoba sintas, survive, dengan menanam, mengolah tanah, dan beternak. (foto: melayuonline.com)


--------------------------------

Kisah Inspiratif Merayakan Kehidupan

Oleh: Mulyo Sunyoto
Editor: Jodhi Yudono
Harian Kompas, Jakarta
Minggu, 20 Februari 2011
http://oase.kompas.com/read/2011/02/20/00202449/Kisah.Inspiratif.Merayakan.Kehidupan

Indonesia boleh dibagi secara artifisial menjadi dua dunia. Katakanlah dunia politis dan sosiologis. Kalau Anda membaca koran halaman politik hari-hari ini, yang tersaji tentang Indonesia tak lain dunia yang warna dominannya adalah kelam kelabu. Sebaliknya, Indonesia yang bewarna utama cerah cemerlang, terbentang di ranah sosiologis.

Sebuah buku yang diterbitkan Antar…

Seminar: Bulukumba Menuju Tata Lingkungan Sehat dan Bersih

Selatan Culture Institute (SCI), sebuah organisasi pemberdayaan lingkungan hidup di Sulawesi Selatan, akan menggelar seminar sehari pendidikan lingkungan hidup dengan tema "Menuju Tata Lingkungan Yang Sehat dan Bersih", di Gedung Juang '45 Bulukumba, mulai pukul 09.00 wita, Kamis 24 Februari 2011.


---------------------------


Seminar: Bulukumba Menuju Tata Lingkungan Sehat dan Bersih

Radio Cempaka Asri, Bulukumba
Jumat, 18 Februari 2011
http://www.rca-fm.com/2011/02/bulukumba-menuju-tata-lingkungan-sehat.html

Bulukumba, RCAnews - Selatan Culture Institute (SCI), sebuah organisasi pemberdayaan lingkungan hidup di Sulawesi Selatan, akan menggelar seminar sehari pendidikan lingkungan hidup dengan tema "Menuju Tata Lingkungan Yang Sehat dan Bersih", di Gedung Juang '45 Bulukumba, mulai pukul 09.00 wita, Kamis 24 Februari 2011.

Seminar diadakan sebagai bagian dari program optimalisasi penyadaran dan kampanye lingkungan hidup yang bersih dan sehat bagi masyarakat…

Bupati Bulukumba Pulang Kampung Hadiri Maulid

Bupati Bulukumba Pulang Kampung Hadiri Maulid

Radio Cempaka Asri, Bulukumba
Jumat, 18 Februari 2011
http://www.rca-fm.com/2011/02/bupati-bulukumba-pulang-kampung-hadiri.html

Bulukumba, RCAnews - Bupati Bulukumba H. Zainuddin Hasan menghadiri peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1432 H di Masjid Jami Rahmah Desa Pakubalaho, Kecamatan Bontotiro, Jum'at, 18 Februari 2011.

Kehadiran Bupati dalam acara tersebut mendapatkan sambutan hangat dari berbagai elemen masyarakat Kecamatan Bontotiro, terutama tokoh agama dan tokoh masyarakat. 

Kehadiran Bupati juga menjadi kesempatan pulang kampung, pasalnya Zainuddin Hasan adalah putra kelahiran Ere Lebu Kecamatan Bontotiro 57 tahun silam. Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan mengungkapkan pelaksanaan pemerintahannya selama seratus hari memimpin Bulukumba.

Menurutnya sudah banyak yang telah dilakukan namun itu sifatnya belum merupakan program yang dibiayai anggaran pendapatan dan belanja daerah, karenanya kalau masyarakat menilai pemerintahan…

SMK 1 Bulukumba Luncurkan Program Grand MBA

Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan meresmikan peluncuran program Grand MBA (Gerakan Pembudayaan Mengajar dan Belajar Al-qur'an) Sekolah Menengah  Kejuruan (SMK) 1 Bulukumba, Jum'at, 18 Februari 2011.Program tersebut sebagai bentuk pelaksanaan Perda Nomor 6 tahun 2003 tentang Pandai Baca Al-Qur'an di Bulukumba.

--------------------------

SMK 1 Bulukumba Luncurkan Program Grand MBA

oleh Humas Bulukumba
18 Februari 2011
http://www.facebook.com/note.php?note_id=153012778089501

Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan meresmikan peluncuran program Grand MBA (Gerakan Pembudayaan Mengajar dan Belajar Al-qur'an) Sekolah Menengah  Kejuruan (SMK) 1 Bulukumba, Jum'at, 18 Februari 2011.

''Peluncuran program tersebut sebagai bentuk pelaksanaan Perda Nomor 6 tahun 2003 tentang Pandai Baca Al-Qur'an,'' kata H. Patiroi, selaku pengelola program.

Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan menilai keberadaan program ini menjadi bentuk komitmen dan dukungan dalam upaya pemberantasan b…

FPI Ajak Warga Bulukumba Lawan LSM Anti Perda Agama

Ketua Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq, mengapresiasi Pemkab Bulukumba yang tetap memberikan perhatian lebih terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) yang bernuansa keagaamaan di Bulukumba. Habib mengaku bangga dengan Bupati dan DPRD yang secara bersama-sama konsisten menerapkan Perda keagamaan di Bulukumba.



-----------------------------

FPI Ajak Warga Bulukumba Lawan LSM Anti Perda Agama

oleh Humas Bulukumba
18 Februari 2011
http://www.facebook.com/note.php?note_id=153005524756893

Ketua Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq, mengapresiasi Pemkab Bulukumba yang tetap memberikan perhatian lebih terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) yang bernuansa keagaamaan di Bulukumba.

Empat Perda yang bernuansa keagamaan itu meliputi Perda tentang pandai baca tulis Al-qur'an, Perda tentang zakat profesi, Perda tentang busana muslim, serta Perda tentang peredaran minuman berakohol.

"Saya bangga dengan Bupati dan DPRD yang secara bersama-sama konsisten menerapkan Perda ke…

HNSI Ancam Demo BNI Bulukumba

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Bulukumba, A Baso Mauragawali berencana membawa kasus penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bank BNI Cabang Bulukumba selaku eksekutor dalam program ini dinilai mengabaikan rakyat kecil.

Pengusaha Jakarta Borong Rumput Laut Bulukumba

RUMPUT LAUT. Pengusaha rumput laut dari Jakarta membeli rumput laut di Bulukumba sebanyak 400 ribu kilogram seharga Rp 4,4 miliar. Rumput laut itu akan dikirim ke Sentul, Bogor, Jawa Barat, untuk diolah menjadi tepung. Soewarjono, pengusaha tersebut, mengatakan kualitas rumput laut di Bulukumba sangat baik. (Foto: http://matanews.com/2009/07/18/rumput-laut/)

---------------------------------

Pengusaha Jakarta Borong Rumput Laut Bulukumba

Jum'at, 18 Februari 2011
http://www.tempointeraktif.com/hg/makassar/2011/02/18/brk,20110218-314413,id.html

TEMPO Interaktif , Bulukumba -  Pengusaha rumput laut dari Jakarta membeli rumput laut di Bulukumba sebanyak 400 ribu kilogram seharga Rp 4,4 miliar. Rumput laut itu akan dikirim ke Sentul, Bogor, Jawa Barat, untuk diolah menjadi tepung. Soewarjono, pengusaha tersebut, mengatakan kualitas rumput laut di Bulukumba sangat baik.

”Saya tidak tanggung-tanggung membeli banyak karena kualitasnya tidak diragukan lagi,” kata Pemilik PT Bola Dunia itu,…

Pengadaan Buku-Komputer di Bulukumba Dinilai Bermasalah

Anggota DPRD Bulukumba meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, menghentikan tender proyek pengadaan komputer dan buku di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bulukumba, senilai Rp 16 miliar. Proyek yang baru saja ditenderkan itu, harus dihentikan karena dinilai bermasalah.

--------------------------------

Pengadaan Buku-Komputer di Bulukumba Dinilai Bermasalah

Harian Ujungpandang Ekspres, Makassar
Sabtu, 18 Desember 2010
http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=57900&jenis=Fokus

BULUKUMBA, UPEKS—Anggota DPRD Bulukumba meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, menghentikan tender proyek pengadaan komputer dan buku di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bulukumba, senilai Rp 16 miliar.

Proyek yang baru saja ditenderkan itu, harus dihentikan karena dinilai bermasalah. Proyek pengadaan komputer dan buku untuk sekolah senilai Rp 16 miliar berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan 2010.

“Tender proyek jangan dilanjutkan,” pinta…

Bira…Surga di Bulukumba

TANJUNG BIRA. Setelah melihat tayangan di Metro Tv kemarin sore (minggu, 06 Februari 2011) yang mengulas tentang Tanjung Bira di Bulukumba Sulawesi Selatan, saya jadi teringat kembali perjalanan saya ke pantai yang paling indah itu tahun lalu, sebenarnya saya sudah pernah mengulas perjalanan saya ke Tanjung Bira dalam blog saya, tapi apa salahnya jika saya ingin membagi pengalaman saya yang menyenangkan ini kepada para kompasianer.

-------------------------------

Bira…Surga di Bulukumba

Oleh: Arum
07 February 2011
http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2011/02/07/birasurga-di-bulukumba/


Setelah melihat tayangan di Metro Tv kemarin sore (minggu, 06 Februari 2011) yang mengulas tentang Tanjung Bira di Bulukumba Sulawesi Selatan, saya jadi teringat kembali perjalanan saya ke pantai yang paling indah itu tahun lalu, sebenarnya saya sudah pernah mengulas perjalanan saya ke Tanjung Bira dalam blog saya, tapi apa salahnya jika saya ingin membagi pengalaman saya yang menyenangkan ini kepada …

the journey to TANJUNG BIRA....

PANTAI BIRA. aku mencintai pantai, sangat menyukai aroma laut, apalagi saat berbaring di pasir yang lembut menatap langit saat bintang-bintang bertaburan di malam hari ditemani lantunan suara ombak seperti ada di surga dunia. dan Bira adalah salah satu pantai yang selalu bikin kangen, jernihnya air laut, putihnya pasir dan sunyinya yang bikin damai..... (Foto: Arum)

-----------------------------

the journey to TANJUNG BIRA....



Oleh: Arum
Jumat, 25 Juni 2010
http://aroemnya.blogspot.com/2010/06/journey-to-heaven.html

bulan mei lalu, aku pergi ke makassar untuk kunjungan terakhirku ke rumah kakak tertuaku berhubung dia dan suami juga anak-anaknya akhirnya akan kembali pulang ke tanah kelahiranku, jadi aku berniat untuk sekedar bantu-bantu packing sekalian jalan-jalan. tujuan utamaku adalah kembali ke BIRA, salah satu pantai dengan pemandangan yang indah dan cantik sekali.

lokasinya di bulukumba sulawesi selatan, empat jam dari kota makassar dengan kendaraan pribadi disuguhi pemandang…