Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari April, 2011

Ah, Bentuk Asli Kapal Phinisi Telah Berubah

PERAHU PHINISI. Deretan kapal phinisi terparkir di dermaga pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan siap diberi aksesoris. Sejak 1980-an, kapal phinisi perlahan-lahan mulai berubah bentuk. Awalnya, kapal phinisi itu bentuknya ramping sekarang gemuk, sementara layarnya hanya digunakan sebagai aksesori kapal. (Foto: Kompas.com/k23-11)

Andi Muttamar Gugat Partai Golkar Sulsel dan Bulukumba

GUGAT PARTAI GOLKAR. Sebuah spanduk dukungan masyarakat kepada Andi Mattotorang terpasang di pagar gedung DPRD Bulukumba, beberapa waktu lalu. Andi Mattotorang menggugat Partai Golkar Sulsel dan Partai Golkar Bulukumba, ke Pengadilan Negeri Bulukumba, Kamis (28/4/2011), atas keputusan Partai Golkar Sulsel yang melengserkan Andi Muttamar sebagai Ketua DPRD Bulukumba. (Foto: Asnawin)

---------------------------

Andi Muttamar Gugat Partai Golkar Sulsel dan Bulukumba

Harian Ujungpandang Ekspres
Sabtu, 30-04-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=65218&jenis=Fokus

BULUKUMBA, UPEKS- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Sulsel bersama DPD Partai Golkar Bulukumba digugat di Pengadilan Negeri (PN) Bulukumba, Kamis (28/4/2011).Golkar Sulsel disebut sebagai tergugat satu, sementara Golkar Bulukumba disebut sebagai tergugat dua. Penggugat adalah Ketua DPRD Bulukumba Andi Muttamar Mattotorang.

Gugatan Andi Muttamar di PN Bulukumba diwakili, Andi Cakra SH, Djalaluddin Djalil S…

Poros Jeneponto-Bantaeng-Bulukumba-Sinjai Segera Dikerjakan

MULAI DIKERJAKAN. Jalan Poros Bantaeng yang sudah mulai dikerjakan. Pelebaran jalan ini merupakan rangkaian pelebaran trans Sulawesi dari Jeneponto hingga Sinjai. Pekerjaan itu memungkinkan setelah pembebasan lahannya tuntas, termasuk poros Bantaeng-Bulukumba (27 km). (Foto: EKA NUGRAHA/FAJAR)

----------------

Lahan Tuntas untuk Tiga Paket
- Poros Jeneponto-Bantaeng-Bulukumba-Sinjai Segera Dikerjakan


Harian Fajar, Makassar
Sabtu, 30 April 2011 |
http://www.fajar.co.id/read-20110429191513-lahan-tuntas-untuk-tiga-paket

MAKASSAR -- Proyek pelebaran jalan trans Sulawesi, khususnya Jeneponto-Sinjai segera dikerjakan untuk tiga paket. Pekerjaan itu memungkinkan setelah pembebasan lahannya tuntas. Tiga paket dimaksud yakni Jeneponto-Bantaeng (28 km), Bantaeng-Bulukumba (27 km), dan Bulukumba-Tondong 1, Tondong 2, dan Tondong 3 masing-masing satu Paket.

"Untuk tiga paket, itu lahannya sudah bebas. Sisa dua yang sementara dalam proses, yakni paket Bulukumba-Tondong 2 dan Bulukumba-Tondon…

Upah Pekerja Pinisi Tak Semegah Kapalnya

SAWI. Seorang sawi (buruh) yang sedang mengerjakan labung kapal pinisi, di Tanah Beru, Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan Di tanah yang dikenal dengan Panrita Lopi ini telah lahir karya-karya besar perahu pinisi dari tangan sawi, atau disebut dengan perajin perahu. (Foto: Kompas.com/K23-11) Jumat (29/4/2011).

Hamzah Pangki Ketua DPRD Bulukumba

KETUA DPRD BULUKUMBA. Teka-teki pengisian jabatan Ketua DPRD Bulukumba akhirnya terjawab. Jabatan yang lowong sejak 2009 itu bakal diisi Andi Hamzah Pangki. Keputusan itu menyusul adanya surat yang diterima Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Bulukumba dari DPD I Partai Golkar Sulsel.


----------------------

Hamzah Pangki Ketua DPRD Bulukumba
- Sesuai Surat DPD I Golkar Sulsel ke DPD II


Laporan: Muhammad Arman
Harian Fajar, Makassar
Kamis, 28 April 2011 | 
http://www.fajar.co.id/read-20110427184738-hamzah-pangki-ketua-dprd-bulukumba

BULUKUMBA -- Teka-teki pengisian jabatan Ketua DPRD Bulukumba akhirnya terjawab. Jabatan yang lowong sejak 2009 itu bakal diisi Andi Hamzah Pangki. Keputusan itu menyusul adanya surat yang diterima Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Bulukumba dari DPD I Partai Golkar Sulsel.

Surat itu bernomor Kep-26/DPD-I/PG/IV/2011 tertanggal 25 April 2011 yang menetapkan Andi Hamzah Pangki sebagai pengganti Andi Muttamar Mattotorang sebagai Ketua DP…

Selamatkan Kucing, Dua Orang Tewas

KORBAN. Irwan, satu dari dua korban tewas disaat membersihkan sumur masjid Nurul Jamaah, dengan kedalaman 15 meter, di Dusun Bololohe, Desa Bololohe, Kematan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Rabu, 27 April 2011. Korban tewas lainnya Paha (40), sedangkan Sewang (23) diselamatkan dalam kondisi pingsan karena kehabisan oksigen. (Foto: Kompas.com/K23-11)

-------------------

Selamatkan Kucing, Dua Orang Tewas

K23-11 | Glori K. Wadrianto |
Rabu, 27 April 2011 |
http://regional.kompas.com/read/2011/04/27/17141210/Selamatkan.Kucing.Dua.Orang.Tewas

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Dua orang tewas dan satu lainnya selamat setelah menyelamatkan seekor kucing yang masuk ke dalam sumur Masjid Nurul Jama'ah dengan kedalaman mencapai 15 meter.

Korban tewas karena kekurangan oksigen dan tertimpa mesin penyedot air, Rabu (27/4/2011), di Dusun Bololohe, Desa Bololohe, Kematan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Kedua korban tewas adalah Paha (40) dan Irwan (35), sementara satu…

Bulukumba Terancam Tenggelam?

TUTUP AKSES JALAN. Warga menutup akses jalan penambang pasir liar dengan menggunakan potongan batang kayu, di Kelurahan Kalumeme, Kecamatan Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Rabu (27/04/2011) siang. Warga beralasan, jika tidak ditutup dari sekarang Bulukumba akan tenggelam. (Foto: Kompas.com/K23-11)

KKP Minta Bulukumba Buat Kawasan Minapolitan

PELABUHAN BENTENGE. Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), meminta Pemkab Bulukumba segera menetapkan kawasan Minapolitan Perikanan Tangkap. Bulukumba merupakan satu dari 11 daerah di Indonesia dan merupakan satu-satunya di Sulsel yang ditetapkan sebagai daerah Minapolitan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. (Foto: Asnawin)

-----------------

KKP Minta Bulukumba Buat Kawasan Minapolitan

Harian Ujungpandang Ekspres
Rabu, 27-04-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/index.php?option=read&newsid=65020

BULUKUMBA, UPEKS--Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), meminta Pemkab Bulukumba segera menetapkan kawasan Minapolitan Perikanan Tangkap.

Bulukumba merupakan satu dari 11 daerah di Indonesia dan merupakan satu-satunya daerah di Sulsel, yang ditetapkan sebagai daerah Minapolitan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah, Nurdin Radja, menyampaikan kesiapan Pem…

Bupati Selayar Tangkap Kapal Nelayan Asal Bulukumba

TANGKAP NELAYAN. Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs H Syahrir Wahab MM (kiri), menangkap langsung kapal nelayan asal Kabupaten Bulukumba, KM Jiwa Sabar, yang sandar di Pelabuhan Pattumbukang Desa Lantibongang, Kecamatan Bonto Sikuyu, Senin, 25 April 2011. (Foto: http://anakkukang.files.wordpress.com/2010/09/foto-bupati1.jpg)


---------------------

Bupati Selayar Tangkap Kapal Nelayan Asal Bulukumba

Harian Ujungpandang Ekspres
Rabu, 27-04-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/index.php?option=read&newsid=65019

KEPULAUAN SELAYAR, UPEKS--Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs H Syahrir Wahab MM, menangkap langsung kapal nelayan asal Kabupaten Bulukumba, KM Jiwa Sabar, yang sandar di Pelabuhan Pattumbukang Desa Lantibongang, Kecamatan Bonto Sikuyu.

Bupati Syahrir secara tidak sengaja, mendapatkan kapal penangkap ikan tersebut sandar di dermaga pelabuhan, saat melakukan peninjauan lokasi salah obyek wisata di Pantai Timur yakni di Pantai Komba, Senin (25/4) lalu.

Bupati hanya …

Unjukrasa di Tana Beru, Kecamatan Bontobahari

UNJUKRASA. Warga Kelurahan Tana Beru, Kecamtan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba melakukan aksi tutup jalan, di jalan poros Bulukumba-Bira-Selayar, Selasa, 26 April 2011. Anak SD juga ikut demo. Direkam dari http://makassar.tribunnews.com/2011/04/26/murid-sd-ikut-demo-jalan-rusak-di-bulukumba. (Foto: Tribun/Samba)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/]

Mencari Kayu Bakar Meski Harus "Ngesot"

CARI KAYU BAKAR. Memiliki tubuh yang tidak sempurna bukan penghalang bagi nenek tua bernama Tape (70) yang harus menyeret badannya di tanah atau ngesot saat mencari potongan kayu bakar di tengah kebun. Potongan-potongan kayu bakar itu lalu dijual untuk menyambung hidupnya. (Kompas.com/k23-11)

--------------------------

Mencari Kayu Bakar Meski Harus "Ngesot"

Kompas.com
K23-11 | Pepih Nugraha |
Senin, 25 April 2011 |
http://regional.kompas.com/read/2011/04/25/12535186/Mencari.Kayu.Bakar.meski.Harus.Ngesot.

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Memiliki tubuh yang tidak sempurna bukan penghalang bagi Tape yang harus menyeret badannya di tanah atau ngesot saat mencari potongan kayu bakar di tengah kebun. Potongan-potongan kayu bakar itu lalu dijual untuk menyambung hidupnya.

Wanita lumpuh ini pun menjual jasanya untuk memelihara ternak ayam milik orang lain.  Dari hasil kerja keras tanpa memelas kasih kepada orang lain, nenek berusia 70 tahun ini akhirnya bisa membeli rumah panggung meski …

Pencuri Dijebak di Gantarang, Ternyata Pemuda Bisu

PENCURI. Pemuda bisu di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan yang terjebak warga saat akan mencuri, diamankan ke kantor polisi. Aksi pemuda bisu ini telah diketahui warga beberapa hari lalu ketika dia mondar-mandir di sekitar pemukiman penduduk. Warga telah mengantispasi karena sering kemalingan. (Foto: Kompas.com/k23-11)

------------------------

Pencuri Dijebak, Ternyata Pemuda Bisu

Kompas.com
K23-11 | yuli |
Rabu, 27 April 2011 |
http://regional.kompas.com/read/2011/04/27/06131247/Pencuri.Dijebak.Ternyata.Pemuda.Bisu

BULUKUMBA, KOMPAS.com - Seorang pemuda bisu di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan terjebak kerumunan warga saat akan mencuri rumah warga di Kecamatan Gantarang, Selasa malam (26/04/2011).

"Kami sengaja mematikan lampu agar terlihat benar-benar sepi, dia masuk lewat jendela. Pas badannya sudah pada masuk semua, barulah warga menyalakan lampu," jelas Syahruddin, salah seorang warga.

Menurut Syahruddin, aksi pemuda bisu ini telah diketahui warga beberapa ha…

Murid SD Pun Demo Minta Perbaikan Jalan di Bulukumba

UNJUKRASA. Warga Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 26 April 2011, menahan bus asal Kepulauan Selayar tujuan Makassar saat melakukan aksi penutupan jalan sebagai bentuk protes atas ketidakpedulian pemerintah terhadap rusaknya jalan poros Bulukumba-Bira-Selayar sepanjang kurang lebih 17 kilomoter. (Foto: Kompas/k23-11)

------------------------

Murid SD Pun Demo Minta Perbaikan Jalan
- Jalan Poros Bulukumba-Bira-Selayar Rusak Parah


Kompas.com
K23-11 | Glori K. Wadrianto |
Selasa, 26 April 2011 |
http://regional.kompas.com/read/2011/04/26/16371090/Murid.SD.Pun.Demo.Minta.Perbaikan.Jalan

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Sekitar 17 kilometer jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Selayar dan Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, rusak berat selama kurun waktu dua tahun. Namun, anehnya jalan yang kerap dilalui Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo tersebut hingga kini belum juga diperbaiki.

Bahkan saking parahnya jalan yang terletak di Kecamatan Bont…

Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba

KANTOR CAMAT GANTARANG. Meskipun sudah dimekarkan, Kecamatan Gantarang yang terdiri atas 20 kelurahan dan desa, tetap tercatat paling banyak penduduknya di antara 10 kecamatan di Kabupaten Bulukumba. Jumlah penduduk Kecamatan Gantarang pada tahun 2006 sebesar 68.774 jiwa. (Foto: Asnawin)


--------------------

Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba

Oleh: Asnawin

Kecamatan Gantarang adalah salah dari 10 kecamatan di Kabupaten Bulukumba. Kecamatan Gantarang awalnya menyatu dengan Kecamatan Kindang dengan nama Kecamatan Gangking, tetapi kemudian dimekarkan menjadi dua kecamatan.

Meskipun sudah dimekarkan, Kecamatan Gantarang tetap tercatat paling banyak penduduknya di antara 10 kecamatan di Kabupaten Bulukumba. Jumlah penduduk Kecamatan Gantarang pada tahun 2006 sebesar 68.774 jiwa.

Di Kecamatan Gantarang terdapat 20 kelurahan dan desa. Salah satu desa yang cukup terkenal dan sudah sering dikunjungi wisatawan, wartawan, peneliti, pemerhati masalah-masalah sosial, dan berbagai kalangan l…

Sulsel di Urutan ke-2, Bulukumba Peringkat 129

KINERJA PEMDA. Berdasarkan Kepmendagri Nomor 120-276 Tahun 2011 dan Kepmendagri Nomor 120-277 Tahun 2011 tentang Peringkat Kinerja Pemerintah Daerah 2009, untuk tingkat provinsi, Sulsel berhasil menempati peringkat kedua nasional di bawah Provinsi Sulut, sedangkan untuk tingkat kabupaten, Bulukumba berada di urutan 129. (Grafis: Anbas/Fajar)

--------------------------


Kinerja Buruk, Terancam Penalti
- Sulsel di Urutan ke-2, Bulukumba Peringkat 129


Harian Fajar, Makassar
Selasa, 26 April 2011 
http://www.fajar.co.id/read-20110426011543-kinerja-buruk-terancam-penalti

BOGOR -- Sejumlah kabupaten/kota di Sulsel terancam terkena penalti. Itu konsekuensi dari peringkat kinerja mereka yang dinilai buruk. Ancaman itu disampaikan langsung Wakil Presiden Boediono, Senin, 25 April 2011.

Usai menyerahkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepmendagri) tentang Peringkat Kinerja Pemerintah Daerah 2009, Boediono mengatakan tidak cukup dengan penghargaan. Menurutnya, harus berlaku reward and punishmen…

Gubernur Sulsel Minta Bupati Bulukumba -PT Lonsum Buat Perjanjian

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo meminta Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan, segera membuat perjanjian kerjasama dengan PT Lonsum Indonesia Tbk. Kerjasama itu meliputi pemberdayaan masyarakat setempat, serta memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk direkrut menjadi karyawan. (Foto: M Nasir/Humas Pemprov Sulsel)

Pansus LKPJ DPRD Sulsel akan Berkunjung ke Bulukumba

KUNKER. Pansus Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) APBD 2010 DPRD Sulsel, rencananya melakukan kunjungan kerja ke Riau dan Kalimantan Barat. Ketua Tim Pansus LKPJ, Buhari Kahar Muzakkar, Senin (25/4), menjelaskan, sebelum ke Riau dan Kalbar, tim pansus terlebih dahulu akan mengunjungi Bone dan Bulukumba. (ist)

------------------


Pansus LKPJ DPRD Sulsel ke Kalbar dan Riau
- Buhari: Sebelumnya ke Bone dan Bulukumba Dulu


Harian Ujungpandang Ekspres
Selasa, 26-04-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=64965

PANSUS Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) APBD 2010 DPRD Sulsel, rencananya melakukan kunjungan kerja ke Riau dan Kalimantan Barat. Ketua Tim Pansus LKPJ, Buhari Kahar Muzakkar, Senin (25/4), menjelaskan, sebelum ke Riau dan Kalbar, tim pansus terlebih dahulu akan mengunjungi Bone dan Bulukumba.

Keputusan studi banding ini, lanjut Buhari, sudah menjadi agenda Badan Musyawarah (Bamus) untuk melakukan kunjungan kerja ke luar daerah.

"Di seluruh P…

Raja Bone IX Mangkat di Bulukumba

TANJUNG PALLETTE, salah satu tempat wisata di Kabupaten Bone, dapat dicapai sekitar 20 menit dari Kota Bone. Raja Bone IX, La Pattawe, mangkat di Bulukumba yang merupakan wilayah kekuasaan Kerajaan Gowa, pada tahun 1602. Di sanalah La Pattawe mangkat sehingga digelari '’MatinroE ri Bettung'' atau ''MatinroE ri Bulukumba''. (foto:  google)

Disambut Hangat, Dilepas dengan Derai Air Mata

''Sebelum melaksanakan tugas, saya menemui tokoh masyarakat dan warga yang bermukim di sekitar sekolah. Saya meminta petunjuk kepada mereka dan saya meminta mereka bersedia menerima kehadiran saya untuk membina anak-anak mereka yang bersekolah di SD Inpres 182 Seppang. Alhamdulillah, mereka menerima dengan hangat kehadiran saya.''

Bupati Bulukumba : Pengelolaan Barang Milik Daerah Harus Ditata

BUPATI BULUKUMBA Zainuddin Hasan mengatakan, pengelolaan barang milik daerah harus betul-betul ditata, sehingga pemanfaatannya dapat menunjang pencapaian tujuan pembangunan di era otonomi. Oleh karena itu, para pengelola barang harus memahami hal-hal yang berkaitan dengan Permendagri Nomor 17/2007 tentang Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah.


--------------------


Bupati Bulukumba : Pengelolaan Barang Milik Daerah Harus Ditata
- Pemkab Bulukumba Gelar Bintek Pengelolaan Barang

Harian Ujungpandang Ekspres
Senin, 25-04-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/index.php?option=read&newsid=64888

BULUKUMBA, UPEKS-- Pengelolaan barang milik daerah harus betul-betul ditata, sehingga pemanfaatannya dapat menunjang pencapaian tujuan pembangunan di era otonomi. Oleh karena itu, para pengelola barang harus memahami hal-hal yang berkaitan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 17/2007 tentang Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah.


Demikian ditegaskan Bupati Bulukumba…

Perusakan Biota Laut Ancam Pariwisata Bulukumba

BUTUH MODAL. Usaha rakyat berupa usaha tambak butuh modal yang bisa dijangkau guna mengembangkan usahanya. Lokasi ini terletak di Desa Garanta, Kecamatan Ujungloe. Akhir-akhir ini, kerusakan potensi laut juga banyak dikeluhkan akibat maraknya pengeboman ikan dan tidak terbatasinya warga mengambil terumbu karang di sekitar perairan Bulukumba. (Foto: Arman/Fajar)


----------------------------

Perusakan Biota Laut Ancam Pariwisata Bulukumba
- Disbudpar: 50 Persen Terumbu Karang Sudah Punah


Oleh: Muhammad Arman
Harian Fajar, Makassar
Senin, 25 April 2011
http://www.fajar.co.id/read-20110424191042-perusakan-biota-laut-ancam-pariwisata-bulukumba

BULUKUMBA -- Maraknya pengeboman ikan dan tidak terbatasinya warga mengambil terumbu karang di sekitar perairan Bulukumba diyakini akan merusak sektor pariwisata di Bulukumba. Apalagi, pelancong mancanegara yang gemar menelusuri keindahan terumbu karang di beberapa titik, khususnya di Pulau Liukang mulai berkurang.

Bahkan Dinas Kebudayaan dan Pariwis…

Tjamiruddin Terpilih Aklamasi Pimpin PKB Bulukumba

PKB BULUKUMBA. Muscablub Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bulukumba, di Bulukumba, Rabu, 20 April 2011, memilih secara aklamasi H Tjamiruddin sebagai ketua periode lima tahun ke depan. Tjamiruddin selama dua tahun (2009-2011) menjabat caretaker ketua untuk mengisi kekosongan kursi Ketua DPC Bulukumba. Posisi Ketua Dewan Syuro diserahkan kepada KH Mustari Randa.

-----------------

Muscablub PKB Bulukumba di Demo
- Tjamiruddin Terpilih Aklamasi Pimpin PKB Bulukumba


Antara news
Kamis, 21 April 2011
http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/26932/muscablub-pkb-bulukumba-di-demo

Bulukumba, Sulsel (ANTARA News) - Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscablub) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bulukumba, di Bulukumba, Rabu, 20 April 2011,  mendapat tekanan dari sejumlah massa yang tergabung dalam pro PKB bersih di luar arena musyawarah dengan menggelar demonstrasi. 

Dalam aksi di depan tempat pelaksanaan Muscablub, mereka menolak adanya rekayasa dalam pemilihan serta diminta agar pemilihan dilaku…

13 Tahun Hanya Naik Sepeda Kumbang

SDN 10 ELA-ELA. Aminuddin bertugas selama kurang lebih tiga tahun sebagai guru di SR (Sekolah Rakyat) Kassi Buta, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba. Setelah itu, ia dipindahkan dan tercatat sebagai guru di SR 12 Kalumeme (sekarang SD Negeri 10 Ela-ela), KecamatanUjungbulu, Kabupaten Bulukumba, sejak 1 Januari 1960. (Foto: Asnawin)

Aminuddin Gudang: ''Gaji Pertama Saya Rp 375 per Bulan''

AMINUDDIN GUDANG DAENG TABA. Hidupnya sekarang cukup berbahagia dengan 10 anak dan 21 cucu. Meskipun sang isteri sudah berpulang setahun silam, ia tidak pernah merasa kesepian, karena anak-anak dan cucu-cucunya selalu menemani dan menghiburnya. Ia bahkan selalu tampil ceria di usianya yang 1 Juli 2011 mendatang genap 73 tahun. (Foto: Asnawin)

Dewan Telusuri Tunggakan Jasa Medik di RSUD Bulukumba

RSUD BULUKUMBA. DPRD Bulukumba mulai mengambil langkah progresif dan berencana membentuk Pansus menyikapi kisruh tunggakan jasa medik RSUD Sulthan Daeng Radja maupun 18 Puskesmas di bawah kendali Dinas Kesehatan Bulukumba, karena tercium ada dugaan penyalahgunaan anggaran.(Foto: Asnawin)

--------------------------

Dewan Telusuri Tunggakan Jasa Medik di RSUD Bulukumba
- Utang Rp 4,6 M Mencurigakan

Harian Fajar, Makassar
Sabtu, 23 April 2011
http://www.fajar.co.id/read-20110422200439-dewan-telusuri-tunggakan-jasa-medik

BULUKUMBA -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba mulai mengambil langkah progresif menyikapi kisruh tunggakan jasa medik RSUD Sulthan Daeng Radja maupun 18 Puskesmas di bawah kendali Dinas Kesehatan Bulukumba.

Utang senilai Rp 4,6 miliar yang diklaim dua instansi ini, dinilai perlu ditelusuri kebenarannya, karena tercium ada dugaan penyalahgunaan anggaran. Bahkan saat ini sudah ada 19 legislator yang sudah sepakat membentuk Panitia Khusus (pansus).

Anggota Komi…

Priyo Wurianto Jabat Manajer PLN Bulukumba

PLN BULUKUMBA. GM PLN Sultanbatara, Ahmad Siang (kiri) menyerahkan Surat Keputusan pengangkatan Manajer PLN Cabang Bulukumba kepada Priyo Wurianto, di Ruang Rapim Lantai II Kantor Wilayah PLN Sultanbatara, Senin, 18 April 2011. Priyo Wurianto sebelumnya menjabat DM Komersil PLN Palembang. (Foto: http://www.pln.co.id/sulselrabar/)

Tanjung Bira Bulukumba, Pantainya Ok Punya......

TANJUNG BIRA. Tanjung Bira Bulukumba adalah pantai pasir putih yang masih bersih alami.....pantainya ok punya....lautnya hijau biru bening....anak2 so pasti senang banget...karena mereka menikmati berenang di pantai....ombaknya tenang..... alhamdullilah liburan kali ini menyenangkan dan menambah wawasan bagi anak-anakku... (foto: int)

Gara-Gara Bilang EGP, Bupati Bulukumba Diajak Debat Aktivis

EMANG GUE PIKIRIN. "Saya baru menjabat bupati, namun terus-menerus didemo. Kalau 50 persen rakyat Bulukumba yang demo, itu berbahaya, berarti saya tidak dipercaya lagi. Tapi kalau demonya hanya 10 sampai 12 orang saja, EGP (Emang Gue Pikirin)," kata Bupati dari atas podium hingga berulang tiga kali, saat memberi sambutan pada pembukaan Musrembang RPJMD, di Aula Kantor Bappeda Bulukumba, Jumat, 22 April 2011. (foto: ist)

-----------------------

Gara-Gara Bilang EGP, Bupati Bulukumba Diajak Debat Aktivis

Harian Republika, Jakarta
Jumat, 22 April 2011
http://www.republika.co.id/berita/regional/nusantara/11/04/22/lk16xs-garagara-bilang-egp-bupati-bulukumba-diajak-debat-aktivis

REPUBLIKA.CO.ID,BULUKUMBA - Bupati Bulukumba, Sulawesi Selatan, Zainuddin Hasan, kembali didebat dadakan aktivis terkait maraknya demonstrasi di daerah itu karena Bupati tidak pernah menerima aspirasi pendemo. Debat dadakan terjadi saat Bupati memberi sambutan di Musrembang Rencana Pembangunan Jangka Men…

Oknum Tentara Hajar Satpol PP Bulukumba

Tiga anggota Polisi Militer (PM) TNI Angkatan Darat dari Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, di ruang penyidik Reskrim Mapolres Bulukumba, Jumat, 22 April 2011, meminta keterangan kepada korban kasus pengeroyokan yang dilakukan oleh oknum anggota Raider 700/ Kodam VII Wirabuana, Makassar, Prada Fredi, bersama keluarganya di Bulukumba, Jumat dinihari, 22 April 2011. (Foto: Kompas/k23-11) 

-----------------------

Oknum Tentara Hajar Satpol PP Bulukumba

Kompas.com
K23-11 | yuli | Jumat, 22 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/22/06195258/Serdadu.Ajak.Ayah-Ibu.Hajar.Satpol.PP

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Ahmad Lamu, seorang pegawai honorer Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, babak belur dihajar Prajurit Dua Fredi bersama kedua orangtua dan saudaranya, Jumat dinihari, 22 April 2011.

Prada Fredi diketahui sebagai anggota serdadu Batalyon Raider 700/ Kodam VII Wirabuana di Makassar. Fredi pulang ke kampung halamannya di Bulukumba untuk menghabis…

Belasan Ribu ''Wisatawan'' dari 43 Negara Berkunjung ke Bulukumba

PANTAI SAMBOANG. Warga dari berbagai daerah mengunjungi Pantai Samboang, Kecamatan Bonto Tiro, Bulukumba, Sabtu, 1 Januari 2011. Kabupaten Bulukumba kini lebih dikenal di seantero dunia dengan adanya blog http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/. Blog ini telah dikunjungi lebih dari 75 ribu kali, termasuk belasan ribu pengunjung dari 43 negara. (Foto: tribun timur/Syamsul Bahri)

Bupati Bulukumba: Sampaikan Saran Positif dan Konstruktif

POSITIF DAN KONSTRUKTIF. Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan mengatakan, semua orang boleh mengeritik, serta mengungkapkan gagasan, ide, atau saran kepada pemerintah, tetapi hendaknya kritikan, ide, dan saran tersebut disampaikan secara baik dan bijak. (Foto: Humas Pemkab Bulukumba)

------------------------


Bupati Bulukumba: Sampaikan Saran Positif dan Konstruktif
- RPJMD Bulukumba Penuh Tantangan

Semua orang boleh mengeritik, serta mengungkapkan gagasan, ide, atau saran kepada pemerintah, tetapi hendaknya kritikan, ide, dan saran tersebut disampaikan secara baik dan bijak.

Hal tersebut dikemukakan Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan saat memberikan sambutan pada pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bulukumba 2011-2015, di Aula Bappeda Bulukumba, Kamis, 21 April 2011.

Musrenbang dihadiri Ketua Komisi B DPRD Bulukumba Kahar Muslim dan beberapa anggota dewan lainnya, unsur Muspida dan para Kepala SKPD, sert…

PNS dan Satpol PP Bulukumba Berkelahi

KANTOR SATPOL PP. Seorang pegawai negeri sipil yang masih memakai seragam PNS dari instansi kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bulukumba berkelahi dengan sejumlah anggota Satpol PP Kabupaten Bulukumba, seusai petugas Satpol PP menertibkan sejumlah lapak di sekitar bekas Pasar Sentral (pasar tua) Bulukumba, Rabu (20/4/2011). (Foto: Asnawin)


-------------------

PNS dan Satpol PP Bulukumba Berkelahi

Kompas.com
K23-11 | Glori K. Wadrianto | Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/13324358/Kejar.Piala.Adipura.Dua.Instansi.Baku.Hantam

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Seorang pegawai negeri sipil dari instansi kantor dinas pariwisata baku hantam dengan sejumlah anggota Satpol PP, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Kejadian yang memalukan dengan melibatkan dua instansi yang masih lengkap dengan seragam kepegawaiannya ini, terjadi beberapa seusai petugas Satpol PP menertibkan sejumlah lapak di sekitar pasar tua, Rabu (20/4/2011).

Merasa lapak milik orangtuanya dirusak, R…

Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba

KEBUN KARET. Kecamatan Bulukumpa adalah salah satu dari 10 kecamatan di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kecamatan Bulukumpa berada di daerah ketinggian, sehingga daerah ini terkenal dengan hasil perkebunan dan pertaniannya. Salah satu areal perkebunan yang cukup terkenal dan menjadi objek wisata agro di Kecamatan Bulukumpa, yaitu Perkebunan Karet Balambessi dan di Pa'langngisang. (foto: http://bulukumbatourism.com/)

----------------

Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba

Oleh: Asnawin

Kecamatan Bulukumpa adalah salah satu dari 10 kecamatan di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kecamatan Bulukumpa berada di daerah ketinggian, sehingga daerah ini terkenal dengan hasil perkebunan dan pertaniannya.

Salah satu areal perkebunan yang cukup terkenal dan menjadi objek wisata agro di Kecamatan Bulukumpa, yaitu Perkebunan Karet Balambessi dan Perkebunan Karet Pa'langngisang.

Dengan potensi alam yang dimilikinya, maka Kecamatan Bulu…

Bangun Sekolah dan Kembangkan Pendidikan di Bulukumba

BERSAMA ISTERI. Ikatan emosional yang begitu kuat dengan tanah kelahirannya, membuat Muhammad Basri selalu berjuang dan akhirnya mampu ''menyumbangkan'' sejumlah sekolah dan bantuan untuk pembangunan pendidikan di Kabupaten 'Butta Panrita Lopi'' Bulukumba. Dalam foto, Muhammad Basri bersama isteri, Dra Hj Zamsani. (Foto: dok. pribadi)

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Bupati Bulukumba Pantau Langsung UN SLTA

UJIAN NASIONAL. Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SLTA yang serentak dilaksanakan Senin (18/4) di Kabupaten Bulukumba diikuti oleh sebanyak 4.088 siswa kelas 3 dari SMA, SMK dan Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupaten Bulukumba. Bupati Bulukumba meninjau pelaksanaan ujian tersebut, Senin, 18 April 2011. (Foto: Humas Pemkab Bulukumba)

Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba

PANTAI SAMBOANG. Kecamatan Bontotiro adalah salah satu dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Banyak objek wisata di kecamatan ini, antara lain Makam Dato Tiro, permandian alam Samboang, permandian alam Limbua. Kecamatan Bontotiro terdiri atas 12 kelurahan/desa.

------------------

Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba

Kecamatan Bontotiro adalah salah satu dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Banyak objek wisata di kecamatan ini, antara lain Makam Dato Tiro, permandian alam Samboang, permandian alam Limbua. Kecamatan Bontotiro terdiri atas 12 kelurahan/desa.

Makam Dato Tiro terletak di kecamatan bonto tiro. Maulana Abdul Jawad Khatib Bungsu adalah nama asli dari Dato Tiro. Beliau adalah salah seorang penyiar agama Islam pertama di Sulawesi Selatan.

Pantai Samboang terletak di Desa Eka Tiro Kecamatan Bonto Tiro. Panorama yang indah dan lekukan bibir pantai yang landai, serta terum…

Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba

TANJUNG BIRA. Bonto Bahari adalah salah satu dari 10 kecamatan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Indonesia. Bonto Bahari berarti "tanah laut". Ada dua ciri khas sekaligus tempat wisata yang cukup terkenal di Kecamatan Bonto Bahari, yaitu Pantai Bira dan tempat pembuatan perahu phinisi.


----------------------

Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba

Bonto Bahari adalah salah satu dari 10 kecamatan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Indonesia. Bonto Bahari berarti "tanah laut". Ada dua ciri khas sekaligus tempat wisata yang cukup terkenal di Kecamatan Bonto Bahari, yaitu Pantai Bira dan tempat pembuatan perahu phinisi.

Kecamatan Bonto Bahari terdiri atas delapan desa/kelurahan, yaitu:

- 1. Kelurahan/Desa Ara (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe (Kodepos : …

Bupati Bupati Bulukumba Dari Masa Ke Masa

Secara yuridis formal Kabupaten Bulukumba resmi menjadi daerah tingkat II setelah ditetapkan Lambang Daerah Kabupaten Bulukumba oleh DPRD Kabupaten Bulukumba pada 4 Februari 1960, dan selanjutnya dilakukan pelantikan bupati pertama, yaitu Andi Patarai pada 12 Februari 1960. Sejak saat itu sampai sekarang, Bulukumba telah dipimpin 11 bupati. (Foto: Asnawin)

-------------------------

Bupati Bupati Bulukumba Dari Masa Ke Masa

Peresmian Bulukumba menjadi sebuah nama kabupaten dimulai dari terbitnya Undang–Undang Nomor 29 Tahun 1959, tentang Pembentukan Daerah–daerah Tingkat II di Sulawesi yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bulukumba Nomor 5 Tahun 1978, tentang Lambang Daerah.

Akhirnya setelah dilakukan seminar sehari pada tanggal 28 Maret 1994 dengan narasumber Prof Dr H Ahmad Mattulada (ahli sejarah dan budaya), maka ditetapkanlah hari jadi Kabupaten Bulukumba, yaitu tanggal 4 Februari 1960 melalui Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 1994.

Secara yuridis formal Kabupat…