Langsung ke konten utama

SMP 1 Bulukumba Gelar Pesantren Kilat


Ratusan siswa SMP Negeri 1 Bulukumba mengikuti Pesantren Kilat atau Pesantren Ramadhan di aula sekolah tersebut, Rabu, 11 Agustus 2010. Pesantren kilat berlangsung selama empat hari, 11-14 Agustus 2010. (foto: asnawin) 

----------------------------

SMP 1 Bulukumba Gelar Pesantren Kilat

Ratusan siswa SMP Negeri 1 Bulukumba mengikuti Pesantren Kilat (Amaliyah Ramadhan) dan Buka Puasa Bersama, selama empat hari, 11-14 Agustus 2010. Pesantren Kilat (Peskil) dibuka Kepala Sekolah H Bahman S SPd MSi, Rabu (11/8) pagi di aula SMP Negeri 1 Bulukumba.

Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 1 Bulukumba, Drs Jalaluddin Nur, kepada Asnawin (pengelola blog kabupatenbulukumba.blogspot.com, Rabu, 11 Agustus 2010, menjelaskan, pesantren kilat di sekolah tersebut sudah merupakan kegiatan rutin setiap awal bulan Ramadan.

''Dananya diambil dari dana Pendidikan Gratis dan Dana BOS (Biaya Operasional Sekolah). Jadi tidak ada pungutan kepada para siswa. Kasihan mereka kalau harus membayar lagi, padahal mereka mungkin butuh biaya ke sekolah dan untuk pulangnya,'' katanya.

Peskil dilangsungkan mulai pagi pukul 08.00 Wita sampai pukul 12.00 Wita. Sesudah itu, peserta Peskil salat dhuhur dan pulang. Siswa dari beberapa kelas mendapat giliran secara bergantian undangan buka puasa bersama.

Materi yang diberikan antara lain arkamal iman, tarikh Islam, tahrah, shalawat badar, dan akhlak. Selama Peskil, para siswa mendapat bimbingan dari empat guru agama di sekolah tersebut, yaitu Drs Jalaluddin Nur, Dra Rostiati, Dra Hj Rosminah, dan St Aisyah Mas'ali SAg.

Ahmad Ali, salah seorang siswa kelas tujuh (kelas 1) mengatakan, dirinya penasaran dengan acara Peskil tersebut, sehingga sangat antusias mengikutinya.

''Saya belum tahu apa yang dilakukan dalam Peskil, jadi saya bersemangat ikut Peskil,'' kata alumni SD Islam Terpadu Wihdatul Ummah Makassar. (asnawin)


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…