Langsung ke konten utama

Lima Bakal Cabup Menguat di Bulukumba

Lima Bakal Cabup Menguat di Bulukumba

Tuesday, 15 September 2009
www.seputar-indonesia.com/edisicetak/
Direkam pada Kamis, 17 September 2009

MAKASSAR, (SI). – Lima bakal calon bupati (cabup) Bulukumba hampir dipastikan bersaing di Pilkada Bulukumba 2010 mendatang, setelah mereka dikabarkan telah dealdengan beberapa partai politik (parpol).

Kendati selama ini banyak figur menyatakan kesiapan maju, informasi yang dihimpun Seputar Indonesia dari berbagai sumber menyebutkan, hanya lima bakal calon tersebut yang pasti maju di posisi calon bupati. Sementara lainnya kemungkinan dijadikan pasangan di antara kandidat tersebut.

Kelima bakal kandidat yang menguat tersebut, yakni Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali, Wakil Bupati Bulukumba Padasi, Bupati Pohuwato Gorontalo Zainuddin, Kabag Pemerintahan Pemkot Makassar Gani Sirman, dan Isriadi Zainal yang berlatar belakang pengusaha sukses di Bumi Panrita Lopi tersebut.

Berdasarkan informasi, bakal calon ini sebagian di antaranya telah deal dengan beberapa partai politik. Sukri misalnya, dihubung-hubungkan dengan koalisi Partai PPRN, Partai Buruh, PKPB, dan PPI. Bahkan, peluang Sukri mengendarai PAN dan PBR pun cukup besar. Khusus Zainuddin, saat ini masih terfokus menggalang dukungan Partai Demokrat.

Dia harus bersaing dengan bakal calon lain yang ikut mendaftar di partai bentukan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. Sementara Isriadi Zainal dan Gani Sirman mengincar gabungan partai non-parlemen yang tergabung dalam Koalisi Pembaharuan. Lantas, ke mana arah dukungan Partai Golkar?

Sampai saat ini belum bisa ditebak karena masih menunggu hasil survei DPD I Partai Golkar Sulsel. Jika popularitas kadernya mumpuni, peluang mengusung satu pasangan akan dilakukan. Namun, bila figur lain lebih menonjol, Golkar akan legowo (ikhlas) mengusungnya.

“Intinya, siapa pun yang signifikan hasil survei nanti, peluangnya sangat terbuka. Bagi kami, mau kader atau bukan, itu tidak masalah,” tandas Ketua DPD II Golkar Bulukumba Muttamar Patotorang kepada SI, kemarin.

Muttamar yang juga Ketua DPRD Bulukumba periode 2009-2014 ini menambahkan, sebelum menentukan calon usungan, pihaknya akan menjaring bakal calon lewat pendaftaran yang dijadwalkan dibuka akhir September ini.

“Besok (hari ini) DPD II rapat mengenai pembentukan tim pilkada. Nanti setelah terbentuk, baru bisa dibuka pendaftaran sekitar 24 September hingga beberapa hari ke depan,” katanya.

Disinggung peluangnya maju, dia mengaku masih tentatif. Kendati demikian, dia memberi isyarat mendukung figur lain di posisi calon bupati yang mengarah ke Padasi.

Bila itu jadi, kemungkinan dia diplot sebagai wakil. Sementara itu, Koalisi Pembaharuan Bulukumba dalam waktu dekat akan melakukan survei ke tiga bakal calon yang sudah resmi mendaftar, yakni Isriadi Zainal, Gani Sirman, dan mantan Kepala Kesbang Kabupaten Barru Zainal Arifin. (arif saleh)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11) -------------------------- Kisah Ikan Duyung di Bulukumba Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup Harian Kompas (Kompas.com) K23-11 | yuli | Rabu, 20 April 2011 http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya. Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hing

Pahlawan Nasional dan Andi Sultan Daeng Radja

Andi Sultan Daeng Radja bersama tujuh orang lainnya telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI (Susilo Bambang Yudhoyono) Nomor 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006. Andi Sultan Daeng Radja secara diam-diam mengikuti Kongres Pemuda Indonesia, pada 28 Oktober 1928. Bersama Dr Ratulangi dan Andi Pangerang Pettarani, dirinya diutus sebagai wakil Sulawesi mengikuti rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Jakarta.

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin) ----------------------------- Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia. Kabupaten : Bulukumba 1. Kecamatan Bonto Bahari - 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571) - 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571) - 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571) - 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571) - 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571) - 6. Kelurahan/Desa Sapolohe -