Langsung ke konten utama

Objek Wisata Sulawesi Selatan

Objek Wisata Sulawesi Selatan

A. TAMAN REKREASI DAN PANTAI

1. Pantai Pasir Putih Tanjung Bira (Bulukumba)

Tanjung Bira terkenal dengan pantai pasir putih yang cantik dan menyenangkan. Airnya jernih baik untuk tempat berenang. Lokasi ini berjarak sekitar 41 Km arah timur dari Kota Bulukumba. Ditempat ini dapat disaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam di tempat yang sama.

2. Pulau Samalona (Makassar)

Samalona adalah tempat yang menyenangkan dan terkenal sebagai tempat untuk berenang dan menyelam. Samalona adalah salah satu dari pulau-pulau koral dilepas pantai Makassar. Batu karang yang mengelilinginya berupa taman laut dibawah air mempunyai susunan koral dalam segala tipe dan warna-warni yang indah dari kehidupan biota laut dan ikan tropis yang menghuni karang disekitar pulau tersebut. Pulau ini dapat ditempuh dengan menggunakan perahu/speedboat.

3. Pulau Kayangan (Makassar)

Pulau kayangan merupakan salah satu pulau karang yang paling dekat dengan Pelabuhan Makassar. Pulau ini telah dikembangkan menjadi daerah darmawisata yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai dan berlibur bagi masyarakat di Makassar. Untuk menuju ke pulau ini, pengunjung dapat menggunakan jasa perahu penyeberangan yang melayani keberangkatan pulang-pergi ke pulau ini selama +

4. Pulau Kapoposang (Pangkep)

Dewasa ini objek wisata penyelaman yang hebat telah dapat dijumpai di Sulawesi Selatan. Diantara objek penyelaman tersebut adalah Pulau Kapoposang yang berjarak + 2

B. OBJEK HUTAN DAN WISATA

5. Hutan Wisata Malino (Gowa)

Kota Malino adalah kota yang berada di dataran tinggi dengan udara yang sejuk dan panorama alam yang menakjubkan. Kota ini terletak + 76 Km dari Kota Sungguminasa dengan jarak tempuh 2 jam. Hutan ini terdiri dari deretan hutan pinus yang besar dan rindang. Sebagai daerah yang dengan udara yang sejuk, daerah ini menghasilkan buah dan sayur-sayuran.

C. WISATA LAUT

6. Taman Laut Taka Bone Rate (Selayar)

Kekayaan alam bawah laut berupa ekosistem terumbu karang yang terdapat dalam Kawasan Taman Nasional Taka Bone Rate sangat mempesona. Dalam kawasan tersebut terdapat 21 buah pulau-pulau kecil membentuk rangkaian atol terputus, dikenal sebagai karang atol terbesar di Kawasan Asia Tenggara. Daerah ini dapat dijangkau dengan menggunakan mobil dari Makassar ke Bulukumba selama + 3 jam yang dilanjutkan dengan perahu Ferry menuju ke Pulau Selayar selama + 2 jam

D. WISATA BUDAYA DAN SEJARAH

7. Benteng Somba Opu (Gowa)

Benteng (fort) Somba Opu, dibangun pada abad ke-XVI oleh Raja Gowa ke-IX. Disini kita juga dapat melihat rumah-rumah adat Sulawesi Selatan. Lokasi ini masih berada di sekitar wilayan Makassar.

8. Kompleks Istana dan Musium Ballalompoa (Gowa)

Kompleks Istana/Musium Ballalompoa. Musium ini merupakan salah satu rekonstruksi bentuk istana tua kerajaan Gowa, dalam susunan kayu yang telah dibangun tahun 1936, dan telah direstorasi pada tahun 1978-1980. Musium ini berisi benda-benda bersejarah dari kerajaan Gowa seperti manuskrip, instrumen musik, pakaian adat, senjata dan berbagai alat-alat upacara kerajaan. Lokasi ini masih berada di sekitar wilayan Makassar.

9. Makam Raja-Raja Gowa (Gowa)

Makam Sultan Hasanuddin. Sultan Hasanuddin (1631-1670) adalah Raja Gowa ke-15 yang telah mengabdikan seluruh hidupnya untuk berjuang melawan Belanda. Diluar lingkaran makam terdapat sebuah batu “Tumanurung” yang digunakan sebagai tempat pelantikan/penobatan Raja-Raja Gowa yang berasal dari keturunan Tumanurung yang artinya Raja yang diutus dari langit. Lokasi ini masih berada di sekitar wilayan Makassar.

10. Makam Pangeran Diponegoro (Makassar)

Makam Pangeran Diponegoro. Pangeran Diponegoro adalah anak dari Sultan Hamengku Buwono ke-III Yogyakarta, salah seorang dari dari Kerajaan Jawa terakhir yang memimpin perjuangan melawan Belanda pada tahun 1825-1830. Ia kemudian ditangkap dan diasingkan ke Manado. Kemudoan ia dipindahkan ke Makassar dan ditahan di Benteng Fort Rotterdam. Ia meninggal pada tahun 1855. Lokasi ini masih berada di sekitar wilayan Makassar.

11. Goa Leang- Leang (Maros)

Leang-leang, merupakan gua prasejarah. Disini, orang dapat melihat lukisan prasejarah yang berbentuk tangan manusia dan babi rusa yang dilukis pada dinding yang terbuat dari batu kapur. Disini orang juga dapat melihat artefak kebudayaan yang ditinggalkan oleh suku To’Ala, suku yang pertama kali mendiami daerah ini sekitar 5000 tahun yang lalu. Lokasi ini berjarak ++ 1 jam dari Makassar. 50 km atau dapat ditempuh selama

12. Taman Purbakala Sumpang Bita (Pangkep)

Taman purbakala Sumpang Bita merupakan rentetan bukit batu kapur dari Leang-Leang yang juga memiliki banyak goa. Disini dapat kita temukan lukisan prasejarah yang sangat menarik berusia 5000 tahun silam. Lebih dari 100 tingkat anak tangga yang disemen telah dibangun untuk goa-goa itu. Taman ini berjarak sekitar + 80 km atau dapat ditempuh selama + 2 jam dari Makassar.

13. Gong Nekara (Selayar)

Gong Nekara, merupakan peninggalan bersejarah dari kerajaan di Asia Tenggara pada abad ke-II. Dalam Gong tersebut terdapat ukiran berupa gajah, burung-burung, pohon sirih sebagai simbol kerajaan tersebut. Disana juga ditemukan meriam-meriam tua yang merupakan milik pengusaha Gowa China. Daerah ini dapat dijangkau dengan menggunakan mobil dari Makassar ke Bulukumba selama + 3 jam dari Makassar yang dilanjutkan dengan perahu Ferry menuju ke Pulau Selayar selama + 2 jam.

14. Suku Kajang (Bulukumba)

Suku Kajang, yang berada dibawah kepemimpinan Ammatoa, merupakan salah satu objek wisata budaya yang menarik di Sulawesi Selatan. Pemukiman suku ini berada di Kabupaten Bulukumba yang dapat ditempuh selama + 4 jam dari Makassar ditambah + 2 jam perjalanan dari ibukota kabupaten Bulukumba. Masyarakat Kajang sampai saat ini masih memegang teguh adat istiadat mereka seperti memakai pakaian yang berwarna hitam setiap hari. Pada umumnya, mereka menolak semua pemberian kecuali pakaian yang berwarna hitam.

15. Pembuatan Perahu Phinisi(Bulukumba)

Bulukumba berada 153 km sebelah selatan Makassar atau dapat ditempuh selama + 4 jam dari Makassar dimana daerah Tana Beru berjarak sekitar 17 km dari ibukota kabupaten atau dapat ditempuh selama + 30 menit. Tana Beru merupakan tempat pembuatan perahu tradisional. Dari galangan dibangun banyak perahu layar orang Sulawesi dalam ukuran besar dan kecil, termasuk Pinisi Nusantara yang telah melayari Samudra Pasifik dan Ammana Gappa yang telah berlayar sampai ke Madagaskar.

E. WISATA ALAM

16. Air Terjun Bantimurung (Maros)

Air terjun yang spektakuler ini terletak dilembah bukit kapur yang curam dengan vegetatif tropis yang subur menjadikan daerah ini menjadi pemukiman yang ideal bagi berbagai jenis kupu-kupu dan burung-burung yang terkenal langka. Daerah ini berjarak + 50 km dan dapat dijangkau dengan menggunakan mobil selama + 2 jam dari Makassar

17. GunungButtu Kabobong (Enrekang)

Gunung ini berada di Kabupaten Enrekang yang terletak + 236 km dari Kota Makassar atau dapat ditempuh selama + 5 jam. Kabobong dalam bahasa setempat artinya gunung erotik, karena bentuk yang dibuat oleh lereng dan lembah dari bukitnya. Rumah tempat istirahat sejenak dibangun disebelahnya menyajikan minuman dan panorama yang indah dari wilayah sekitar.

18. Permandian Alam Lejja (Soppeng)

Permandian air panas ini terletak sekitar 40 km dari Ibukota Kabupaten Soppeng atau 240 km dari Kota Makassar dengan lama perjalanan +5 jam. Keunikan dari permandian adalah airnya tidak berbau sulfur seperti halnya permandian air panas lainnya. Selain itu permandian ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang cukup tinggi dan rindang sehingga udaranya sejuk dan cocok untuk digunakan sebagai tempat peristirahatan.

Sumber : http://www.jardiknas.info/
Dikutip dari http://wisatadanbudaya.blogspot.com/, pada hari Selasa, 17 November 2009

(Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda, di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/)

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…