Langsung ke konten utama

PHPU Kabupaten Bulukumba


Tampak pada layar televisi Kuasa Hukum Pemohon sedang menjelaskan permohonan Perkara Sengketa Pemilukada Kab. Bulukumba kepada Hakim Arsyad Sanusi saat sidang pemeriksaan perkara, Kamis (16/9) di Ruang Sidang Panel MK.

Berita ini dikutip pada hari Sabtu, 18 September 2010, dari website resmi Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (www.mahkamahkonstitusi.go.id),
http://www.mahkamahkonstitusi.go.id/index.php?page=website.BeritaInternalLengkap&id=4521
Kamis, 16-09-2010


PHPU Kabupaten Bulukumba:
Menyoal Pasangan Calon Tak Penuhi Dukungan Minimum Parpol


Jakarta, MK Online - Sidang pemeriksaan pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilukada (PHPU) Kabupaten Bulukumba – Perkara No. 161/PHPU. D-VIII/2010 – diwarnai keberatan Pemohon yang antara lain mengungkap salah satu Pasangan Calon tidak memenuhi dukungan minimum partai politik untuk ikut serta pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bulukumba. Selain itu, Pemohon mensinyalir penggunaan ijasah palsu dari salah satu Pasangan Calon.

Pemohon adalah A.M. Sukri A. Sappewali dan H. Abdul Rasyid Sarehong, S.Sos. sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati No. Urut 2 Kabupaten Bulukumba 2010 Putaran Kedua. Dalam pokok permohonannya, Pemohon mengungkap hal-hal yang menjadi keberatannnya. Di antaranya, menurut Pemohon, Pasangan Calon No. Urut 1 H. Zainuddin Hasan dan H. Syamsuddin, S.H., M.H. tidak memenuhi syarat formal untuk ikut serta dalam Pemilukada Bulukumba 2010.

“Pasangan Calon No. Urut 1 tak memenuhi dukungan minimum partai sebanyak 15% dari akumulasi perolehan suara sah pemilu anggota DPRD Kabupaten Bulukumba, sebagai syarat untuk ikut serta Pemilukada Bulukumba 2010,” jelas Pemohon.

Dikatakan Pemohon, pada pemilu anggota DPRD Kabupaten Bulukumba, partai politik yang mengusung Pasangan Calon No. Urut 1 adalah PKB (2,69%), PKNU (2,17%), PMB (1,8%), Gerindra (2,48%), Merdeka (1,18%), PKS (2,29%), PKP (2,63%). Dengan demikian, total dukungan untuk Pasangan Calon No. Urut 1 adalah 15,24%.

“Namun karena dukungan dari Partai Merdeka tidak sah, karena ada pemalsuan tanda tangan Sekretaris Partai Merdeka, maka harus dikurangi 1,18% (suara Partai Merdeka). Oleh sebab itu, total dukungan untuk Pasangan Calon No. Urut 1 hanya 14,06%,” ucap Pemohon.

Selain mempersoalkan dukungan minimum parpol, Pemohon menilai pihak Termohon (KPU Kabupaten Bulukumba) tidak melakukan verifikasi data terhadap ijazah Pasangan Calon No. Urut 1 (H. Zainuddin Hasan). Pemohon mensinyalir H. Zainuddin Hasan menggunakan ijazah palsu saat mendaftarkan diri sebagai Calon Kepala Daerah Kabupaten Bulukumba.

Pelanggaran lainnya, menurut Pemohon, pihak Termohon melakukan perubahan pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang pada Pemilukada Putaran Kedua berbeda dengan Putaran Pertama. Dalam proses pelaksanaan pendistribusian undangan Pemilih, banyak pendukung dan simpatisan Pemohon yang tidak diberikan undangan untuk datang memberikan suaranya di TPS masing-masing.

“Kejadian itu dilakukan secara sistematis dan terencana, karena hampir seluruh wilayah Kabupaten Bulukumba banyak ditemukan adanya simpatisan dan pendukung Pemohon tidak diberi undangan untuk memberikan hak suaranya,” tambah Pemohon.

Keberatan lainnya dari Pemohon, terdapat pelanggaran maupun kecurangan politik uang, pembagian uang dan barang berupa kain serta sembako oleh Pasangan Calon No. Urut 1 kepada Calon Pemilih yang berpengaruh terhadap konfigurasi perolehan suara. Bantuan ini dibagikan hampir merata dan terang-terangan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bulukumba. (Nano Tresna A./mh)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…