Langsung ke konten utama

Siapa Bilang di Sulsel Tak Ada Wisata Religius?



Keterangan gambar: Perempuan komunitas suku Kajang seusai mengikuti upacara ritual anganro di rumah Ammatoa mengantarkan sesajen ke rumah-rumah penduduk lainnya sesama penghuni kawasan adat Tana Toa, Kecamatan Kajang, Bulukumba, Sulawesi Selatan, 30 November 2005. (KOMPAS/NASRULLAH NARA)

Siapa Bilang di Sulsel Tak Ada Wisata Religius?

Oleh Nasrullah Nara

Harian Kompas
Rabu, 24 Februari 2010
http://travel.kompas.com/read/2010/02/24/15035385/Siapa.Bilang.di.Sulsel.Tak.Ada.Wisata.Religius.

MAKASSAR, KOMPAS.com - Wisata religius yang tersebar hampir di semua kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan masuk dalam agenda pariwisata daerah itu pada 2010. "Kita jadikan wisata bernuansa religius sebagai salah satu daya tarik wisatawan mancanegara maupun domestik pada 2010, di samping wisata budaya, alam dan bahari," kata Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Syuaib Malombassi di Makassar, Rabu (24/2/2010).

Sulsel, menurut Syuaib, punya potensi wisata bernuansa religius, khususnya obyek wisata tempat pertama kalinya agama Islam masuk di Sulsel yang hingga saat ini punya nilai sejarah cukup tinggi.

Tiga daerah tempat pertama masuknya agam Islam di Sulsel yakni Datok Fatimang di Kabupaten Luwu Utara, Datok Ribandang di Kota Makassar dan Datok Tiro di Bulukumba. Ketiga daerah tempat penyebaran pertama agama Islam ditandai dengan makam para ulama dengan memberi nama makam mereka di masing-masing daerah.

Wagub Sulsel Agus Arifin Nu’mang mengatakan, potensi wisata di Sulsel tidak kalah dengan provinsi lainnya yang sektor pariwisatanya telah maju. "Kita memiliki banyak pilihan objek wisata, namun karena belum dikelola dengan baik, maka belum dilirik wisatawan," katanya.

Selain Datok Ribandang, Datok Fatimang dan Datok Tiro, Makam Syech Yusuf, salah seorang ulama penyebar agama Islam juga ada di Makassar yang banyak dikunjungi peziarah dari berbagai daerah, provinsi maupun turis asing.

Program wisata religius, menurut Agus, akan menjadi salah satu prioritas pada tahun kunjungan wisata Sulsel 2010-2012, disamping objek wisata lainnya.

Untuk menyukseskan tahun kunjungan wisata tersebut perlu persiapan secara matang untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik.

Sejumlah event wisata juga akan memeriahkan tahun kujungan Sulsel antara lain Festival Budaya Buntu Kabobong (Enrekang), Maudu Lompoa (Takalar), Festival Ajjarang (Jeneponto), Festival Danau Matano (Luwu Timur).


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…