Langsung ke konten utama

Guru Dominasi Rekrutmen CPNS


Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) mulai dibuka pekan depan. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) se Sulsel menerima rincian formasi CPNS 2010 dari Pemprov Sulsel, Jumat, 12 November hari ini. Penerimaan formasi di Kantor Gubernur Sulsel bersamaan dengan rapat koordinasi mekanisme pelaksanaan seleksi CPNS. 

--------------------

Guru Dominasi Rekrutmen CPNS
- Hari Ini Pengumuman Formasi


Harian Fajar, Makassar
Jumat, 12 November 2010
http://metronews.fajar.co.id/read/109666/61/guru-dominasi-rekrutmen-cpns

MAKASSAR -- Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) mulai dibuka pekan depan. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) se Sulsel menerima rincian formasi CPNS 2010 dari Pemprov Sulsel, Jumat, 12 November hari ini.

Penerimaan formasi di Kantor Gubernur Sulsel bersamaan dengan rapat koordinasi mekanisme pelaksanaan seleksi CPNS. Rencananya, bila pendaftaran mulai dibuka pekan depan, maka seleksi atau ujian CPNS dijadwalkan pada pekan kedua Desember.

Total CPNS se Sulsel yang akan direkrut tahun ini sekira 2000 orang di 24 kabupaten/kota, termasuk Pemprov Sulsel. Kuota CPNS Pemprov yang mendapat persetujuan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) sebanyak 277 orang.

Kementerian PAN dan RB menyerahkan rincian formasi CPNS sejak Selasa, 9 November. Formasi tidak diserahkan langsung ke pemerintah kabupaten, tetapi melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel.

Kepala BKD Sulsel, Andi Murny Amien Situru mengatakan, pemprov tidak berhak mengintervensi formasi CPNS kabupaten, meski menerima langsung dari Kemenpan. Amplop berisi rincian formasi CPNS hanya boleh dibuka bupati atau kepala BKD masing-masing.

Dia mengaku tidak tahu jumlah formasi yang Menpan berikan ke setiap kabupaten.

"Biar masing-masing bupati saja yang membukanya. Ini untuk menghindari persepsi negatif ada penambahan maupun pengurangan kuota atau formasi di pemprov," kata Andi Murny, Kamis, 11 November 2010.

Pembukaan pendaftaran seleksi CPNS se Sulsel dijadwalkannya pekan depan sehingga calon pendaftar memiliki waktu yang cukup menyiapkan berkas. Persyaratan pendaftar juga akan disusun lebih hati-hati, agar tidak menimbulkan multitafsir dari calon pendaftar.

Khusus penerimaan CPNS Pemprov Sulsel, BKD mengumumkan formasi dan kualifikasi pendidikan melalui media Harian FAJAR.

"Kami belum dapat mengumumkannya sebelum ada Surat Keputusan Gubernur Sulsel," katanya.

Penyusunan tahapan seleksi, mekanisme pelaksanaan ujian, hingga pembahasan perguruan tinggi negeri yang akan ditunjuk sebagai pembuat naskah soal ujian akan dibahas pada rapat koordinasi BKD se Sulsel, hari ini. Pelaksanaan ujian seleksi CPNS pemprov dan kabupaten dilakukan serentak.

Selain mekanisme pendaftaran yang masih melalui jasa pengiriman PT Pos Indonesia, berkas yang dibutuhkan sebagai syarat pendaftaran juga masih sama dengan tahun lalu. BKD Sulsel hanya mensyaratkan foto copy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi, surat permohonan pendaftaran yang ditujukan kepada Gubernur Sulsel, serta pas foto.

Berkas pelengkap seperti kartu pencari kerja atau juga lazim disebut kartu kuning, surat keterangan bukan istri kedua, keterangan dokter, dan keterangan berkelakuan baik hanya dibutuhkan bila pendaftar telah dinyatakan lulus ujian seleksi CPNS.

Andi Murny memastikan pengumuman pendaftaran CPNS sebelum akhir Desember. Terhitung masa tugas atau TMT CPNS perekrutan 2010 berlaku mulai 1 Januari 2011 sehingga pengumuman dan penyerahan berkas sebelum akhir 2010.

Jatah Makassar 210

Sementara itu, Kota Makassar untuk seleksi CPNS mendapatkan jatah 210 orang. Angka tersebut didapatkan setelah mendapatkan tambahan kuota 38 orang, dari sebelumnya hanya 172 orang. Makassar sebenarnya mengusulkan tambahan kuota 200 orang namun yang dipenuhi hanya 38.

Dari 210 kuota Makassar, 104 di antaranya untuk formasi guru. Sebelum ada tambahan kuota 27, jatah guru hanya 77 orang. Untuk formasi tenaga kesehatan, Makassar tahun ini mendapatkan jatah 63 orang dari sebelum adanya penambahan yang hanya 52. Jadi ada tambahan kuota tenaga kesehatan 11 orang.

Selebihnya, jatah CPNS Makassar adalah 43 orang untuk tenaga teknis. Pada tambahan kuota, tenaga teknis tidak mendapatkan jatah lagi.

Kepala BKD Makassar, Sittiara, malam tadi membeberkan hal itu. Menurut dia, hari ini akan dilakukan penerimaan persetujuan formasi dari BKD Sulsel yang sebelumnya telah mewakili kabupaten kota di Kemenpan.

"Kita juga akan rapat untuk menentukan penerimaan CPNS dalam hal ini segala sesuatunya termasuk soal mitra kerjasama dengan siapa dan pengaturan jadwalnya," kata Sittiara.

Bulukumba dan Sinjai

Dari Bulukumba dilaporkan, formasi guru juga mendominasi penerimaan CPNS tahun ini. Dari 232 kuota yang diberikan Badan Kepegawaian Nasional (BKN), 103 di antaranya merupakan formasi guru. Selebihnya, tenaga kesehatan dan tenaga teknis, masing-masing dijatah 70 dan 59 orang.

Kondisi tidak jauh berbeda terjadi di Sinjai. Di daerah tetangga Bulukumba itu, kuotanya malah mengalami penyusutan signifikan. Jika tahun lalu mendapat jatah 456, maka tahun ini hanya kebagian 224 orang saja.

Dari jumlah tersebut, formasi tenaga guru juga berada pada urutan teratas dengan kuota 101 orang. Berikutnya, tenaga kesehatan 67 orang, dan 56 lainnya tenaga teknis.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Bulukumba, Hartatiah menyatakan bahwa formasi guru masih menjadi yang terbesar karena tingkat kebutuhan guru masih besar. Sayangnya, dia belum memberikan rincian secara detail kebutuhan tenaga guru per jurusan yang akan diterima tahun ini. Alasannya, hal ini baru akan dirapatkan di Kantor Gubernur Sulsel, hari ini.

"Rincian formasi per jurusan termasuk syarat dan waktu pendaftarannya baru akan diketahui setelah pertemuan besok (hari ini, red). Yang bisa saya sampaikan baru kuota dan total masing-masing formasi," kata Hartatiah yang saat dikonfirmasi sedang dalam perjalanan menuju Makassar, sore kemarin.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala BKDD Sinjai Taufik menjelaskan, saat ini daerahnya masih kekurangan 500 hingga 600 guru. "Makanya tahun ini kami masih memberikan prioritas terbesar untuk formasi guru," ucap Taufik. (rif-amr-arm)


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11) -------------------------- Kisah Ikan Duyung di Bulukumba Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup Harian Kompas (Kompas.com) K23-11 | yuli | Rabu, 20 April 2011 http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya. Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hing

Pahlawan Nasional dan Andi Sultan Daeng Radja

Andi Sultan Daeng Radja bersama tujuh orang lainnya telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI (Susilo Bambang Yudhoyono) Nomor 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006. Andi Sultan Daeng Radja secara diam-diam mengikuti Kongres Pemuda Indonesia, pada 28 Oktober 1928. Bersama Dr Ratulangi dan Andi Pangerang Pettarani, dirinya diutus sebagai wakil Sulawesi mengikuti rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Jakarta.

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin) ----------------------------- Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia. Kabupaten : Bulukumba 1. Kecamatan Bonto Bahari - 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571) - 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571) - 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571) - 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571) - 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571) - 6. Kelurahan/Desa Sapolohe -