Langsung ke konten utama

Lima Lokasi Tambang Galian C di Bulukumba Dinilai Ilegal


Sedikitnya lima lokasi tambang galian C di Bulukumba dinilai ilegal. Lokasi tersebut masing-masing di Desa Paenre Lompoe Kecamatan Gantarang, Desa Seppang, Desa Padangloang, Desa Salemba Kecamatan Ujungloe, dan Kelurahan Kalumeme Kecamatan Ujung Bulu. Para legislator menyoroti hal tersebut. 



------------------------------------------
Lima Lokasi Tambang Galian C di Bulukumba Dinilai Ilegal

Harian Fajar, Makassar
Rabu, 22 Desember 2010
http://lokalnews.fajar.co.id/read/112391/123/lima-lokasi-tambang-galian-c-dinilai-ilegal

BULUKUMBA -- Sedikitnya lima lokasi tambang galian C di Bulukumba dinilai ilegal. Lokasi tersebut masing-masing di Desa Paenre Lompoe Kecamatan Gantarang, Desa Seppang, Desa Padangloang, Desa Salemba Kecamatan Ujungloe, dan Kelurahan Kalumeme Kecamatan Ujung Bulu. Para legislator menyoroti hal tersebut.

Betapa tidak, lima lokasi ini dinilai bermasalah dalam hal perizinan. Juga, aktivitas penambangan ini berdampak buruk terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya. Tidak tanggung-tanggung, legilastor meminta agar aktivitas penambangan pada lima lokasi ini dihentikan total.

Anggota Komisi B DPRD Bulukumba Mulyadi Mursalim mengatakan aktivitas penambangan di lokasi tersebut sudah menyalahi aturan. Bahkan aktivitas penambangan dilakukan semaunya tanpa mempertimbangkan dampaknya. Meskipun ada beberapa lokasi tambang yang dihentikan Pemkab Bulukumba, namun belakangan muncul lagi.

"Sebenarnya saya dengar kalau ada yang sudah ditutup. Tapi ada juga yang kembali beroperasi. Padahal harusnya ditutup total, jangan lagi ada dispensasi karena lokasi tersebut ilegal," kata Mulyadi, Selasa, 21 Desember.

Respons berbeda ditunjukkan aktivis pergerakan di Bulukumba, Irfan Salassa. Menurut dia, tidak menutup kemungkinan konstalasi penutupan areal tambang atau isu adanya lokasi tambang yang ilegal ini hanya permainan oknum tertentu. Irfan menduga, penghentian suplai bahan baku dari lokasi tambang ini hanya untuk mengakali agar pemkab tidak terdesak untuk membayar tagihan pihak ketiga.

"Ada saya lihat konspirasi di situ, makanya saya dengar muncul penghentian sementara," kata Irfan.

Kepala Bagian Hukum Pemkab Bulukumba Ali Saleng yang dikonfirmasi terkait dasar hukum lima lokasi tambang tersebut mengatakan belum melakukan analisis secara mendalam. Kendati begitu, jika nantinya terbukti ada aktivitas penambangan ilegal, maka dirinya siap meminta instansi terkait menghentikan secara total aktivitas tersebut.

"Saya pikir Pemkab akan sepakat kalau dihentikan total jika memang tidak ada dasar hukumnya," katanya. (arm)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…