Langsung ke konten utama

Ombak 4 Meter, Nelayan Bulukumba Dilarang Melaut


Tinggi ombak 3-4 meter di perairan Bulukumba dan Selayar membuat pihak Syahbandar Bulukumba melarang pemilik kapal melakukan penyeberangan kapal feri tujuan Bira Bulukumba ke  Pamatata Selayar, NTT, Sulawesi Tenggara, dan tujuan lainnya.


----------------------------------

Ombak 4 Meter, Nelayan Bulukumba Dilarang Melaut

Radio Cempaka Asri, Bulukumba
Jumat, 14 Januari 2011
http://www.rca-fm.com/2011/01/ombak-4-meter-nelayan-dilarang-melaut.html

Bulukumba, RCAnews - Tinggi ombak 3-4 meter di perairan Bulukumba dan Selayar membuat pihak Syahbandar Bulukumba melarang pemilik kapal melakukan  penyeberangan kapal feri tujuan Bira Bulukumba ke  Pamatata Selayar, NTT, Sulawesi Tenggara, dan tujuan lainnya.

Gelombang air laut di wilayah perairan Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Selayar mencapai empat meter sejak dua hari terakhir. Larangan ini juga berlaku bagi kapal nelayan pencari ikan dan pengangkut barang.

"Sepanjang Januari 2011 baru kali ini ombak setinggi itu. Kami baru memperbolehkan para nelayan berlayar jika ombak telah normal dan angin kencang sudah reda," kata Rustam, Kepala Syahbandar Bulukumba, Jumat, 14 Januari 2011.

Sebelumnya Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar merilis informasi, ombak dengan ketinggian 3-5 meter selama sepekan ke depan akan terjadi di Sulawesi Selatan bagian selatan khususnya perairan Selayar dan selat Makassar bagian selatan.

BMG memprediksi ombak besar berkisar tiga meter selama sepekan juga terjadi di sepanjang selat Makassar, sampai Teluk Bone bagian selatan. Sementara untuk angin kencang, BMG memprediksi puncaknya terjadi selama Januari, namun itu tidak terlalu lama. Potensi angin kencang terjadi sore dan malam hari. (rca/ma)


12 Kapal Patroli Disiagakan

Situs web Tempo interaktif, pada Kamis, 13 Januari 2011 (http://www.tempointeraktif.com/hg/makassar/2011/01/13/brk,20110113-305928,id.html) memberitakan bahwa Direktorat Kepolisian Perairan Polda Sulawesi Selatan dan Barat menyiagakan 12 unit kapal patroli. Tujuannya, untuk mengantisipasi kecelakaan laut akibat cuaca ektrem dan gelombang tinggi.

"Sepekan ke depan petugas patroli rutin jaga di pos masing-masing," kata Direktur Polair, Komisaris Besar Agus Sutikno, Kamis siang, 13 Januari 2011.

Agus mengatakan, penempatan 12 unit kapal tersebut tersebar ke beberapa tempat. Tiga kapal di perairan Makassar, perairan Bulukumba, Pareparen, Mamuju, Bone, Sinjai, Barang Lompo, Pangkep Pulau Kalmas, dan pulau Makarangana masing-masing satu unit kapal patroli.

Kapal itu dilengkapi dengan alat komunikasi yang memadai. Juga memuat sejumlah pelampung dan alat pertolongan pertama kepada korban tenggelam.

Peringatan dini juga disampaikan jajaran Direktorat Polair kepada nelayan di 12 titik tersebut. Untuk sementara, nelayan diminta tidak beraktivitas melaut hingga cuaca kembali normal.

"Yang kerap menjadi perhatian adalah pulau-pulau bagian terluar yang biasanya sulit dijangkau. Kami menempatkan personel untuk membantu melaporkan perkembangan situasi di tempat itu," ujar Agus.

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…