Langsung ke konten utama

Raja Bone IX Mangkat di Bulukumba



TANJUNG PALLETTE, salah satu tempat wisata di Kabupaten Bone, dapat dicapai sekitar 20 menit dari Kota Bone. Raja Bone IX, La Pattawe, mangkat di Bulukumba yang merupakan wilayah kekuasaan Kerajaan Gowa, pada tahun 1602. Di sanalah La Pattawe mangkat sehingga digelari '’MatinroE ri Bettung'' atau ''MatinroE ri Bulukumba''. (foto:  google)



--------------------

Riwayat Raja Bone (9): La Pattawe

Jatuh Sakit dan Mangkat di Bulukumba



Oleh: M Farid W Makkulau
Kompasiana.com
OPINI | 20 April 2011 |       
http://sejarah.kompasiana.com/2011/04/20/riwayat-raja-bone-9-la-pattawe/       

La Pattawe naik takhta sebagai Raja Bone IX menggantikan sepupunya, La Inca Raja Bone VIII. La Pattawe adalah anak La Panaongi To Pawawoi Arung Palenna, saudara kandung La Tenri Sukki MappajungE dari isterinya We Tenri Esa’ Arung Kaju.

Arumpone ini merupakan keturunan Arung Palakka MakkaleppiE. Pengangkatannya sebagai Arumpone disampaikan oleh Arung Majang. Dikumpulkanlah seluruh orang Bone dan berkata; “Inilah cucuku La Pattawe yang kita sepakati menggantikan sepupunya, La Inca sebagai Arung Mangkaue ri Bone.”

Dalam Lontaraq Akkarungeng ri Bone disebutkan bahwa La Pattawe Daeng Soreang kawin dengan We Balole I Dapalippu Arung Mampu MassalassaE ri Kaju anak dari MatinroE ri Itterung dari isterinya We Tenri Gau Arung Mampu, yang selanjutnya melahirkan We Tenri Patuppu MatinroE ri Sidenreng.

We Tenri Patuppu melahirkan We Tenri Pateya I Dajai yang kawin dengan La Pangerang Arung Maroanging. Selanjutnya La Pattawe kawin dengan We Samakella Datu Ulaweng saudara We Tenri Pakiu Arung Timurung, dan lahirlah We Parappu Datu Ulaweng. We Parappu Datu Ulaweng inilah yang kawin dengan La Papesa Datu Sailong anak dari La Tenri Adeng Datu Sailong, saudara laki-laki We Tenri Pakiu Arung Timurung.

Kerajaan Bone di bawah kekuasaan La Pattawe (berkuasa pada 1595 – 1602), tidak terlalu banyak disebut pemerintahannya, juga tidak diberitakan adanya serangan militer Gowa ke Bone. Hanya dikatakan bahwa setelah tujuh tahun menjadi Mangkau’ di Bone, ia pergi ke Bulukumba dan di situlah beliau sakit.

Andi Massarapi (stensilan, tt) dalam ”Susunan Raja–raja Bone” juga hanya menyebutkan bahwa setelah tujuh tahun menjadi Raja, Arumpone ini pergi ke Bettung (Bulukumba) dan di sanalah beliau wafat, sehingga digelari ’MatinroE ri Bettung'' atau ''MatinroE ri Bulukumba.''

Fakta ini menunjukkan bahwa hubungan Gowa dan Bone di masa kekuasaan La Pattawe cukup baik, karena Bettung (Bulukumba) merupakan wilayah kekuasaan Kerajaan Gowa, sehingga patut diduga kepergian La Pattawe ke Bulukumba adalah dengan persetujuan Raja Gowa. (***)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/]

Komentar

Anonim mengatakan…
dr crita paman sy, raja d gowa yg memerintah d bulukumba bernama Karaeng Peso dmana memerintah dgn semena menas,kmudian rakyat bulukumba meminta bantuan k raja bone,dan datanglah utusan raja dr bone brnama dan diberi gelar I Manynyullei daeng Pasau Karaeng Ma'Bannyara'..dsinilah cikal bakal lahirnya raja2 d bulukumba..salah satu kturunanx (cicit atau candunya) kawin dengan putri La Temmasonge' ...jadi I Manyullei masanya msh jauh di atas La Temmasonge' yg jg arung pone

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…