Langsung ke konten utama

52 Siswa SMA Tidak Lulus di Bulukumba


UN SMA. Secara keseluruhan tingkat kelulusan UN SMA dan sederajat Tahun 2011 di Bulukumba mencapai 98%. Dari total 4.009 siswa yang mengikuti UN, ada sekitar 52 siswa yang tidak lulus. Prestasi terbaik dicatatkan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) di Bulukumba yang tingkat kelulusannya mencapai 100%, sedangkan siswa SMA mencapai 98,33%. (Foto: Asnawin)



-------------------

Tak Lulus UN, Siswa SMA PGRI Bulukumba Mengamuk

- 52 Siswa SMA Tidak Lulus


Harian Seputar Indonesia
Tuesday, 17 May 2011
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/399550/

BULUKUMBA– Sekitar 12 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) PGRI Bulukumba dinyatakan tidak lulus ujian nasional (UN) 2011 yang diumumkan kemarin. Mengetahui tidak lulus UN, mereka berteriak histeris, bahkan ada yang mengamuk di halaman sekolah.

Wawan, seorang siswa SMA PGRI Bulukumba yang tidak lulus, mengamuk begitu mengetahui dirinya tidak lulus UN. Sejumlah rekannya berusaha mengejar dan menenangkan, tapi dia tetap mengamuk. Beruntung dia tidak merusak fasilitas sekolah. Kepala Sekolah (Kasek) SMA PGRI Andi Batari mengatakan, dari 87 siswa yang mengikuti UN, ada 12 siswa yang tidak lulus.

Rata-rata siswa yang tidak lulus malas belajar.

“Pihak sekolah sudah berusaha memberikan mata pelajaran tambahan, tapi mereka malas sehingga tidak lulus UN,” ungkapnya kemarin.

Siswa yang tidak lulusan UN harus menunggu ujian tahun depan dan mengulang dari awal.

Sementara itu, ratusan siswa di Bulukumba merayakan kelulusan UN dengan melakukan konvoi di jalan raya, sekitar pukul 11.30 Wita, kemarin. Aksi tersebut dilakukan setelah melihat pengumuman kelulusan UN di berbagai sekolah. Aksi para pelajar ini diawali aksi coret-coret,lalu berkonvoi di jalan dengan berkendara sepeda motor keliling Kota Bulukumba.

Sebagian dari mereka melanggar peraturan lalu lintas dengan tidak menggunakan helm, bahkan me-ngendarai secara ugal-ugalan sehingga mengganggu pengguna jalan lainnya.

“Kami lakukan ini hanya bentuk perayaan dan sekali, setelah tiga tahun bersekolah,” tutur seorang siswa saat konvoi.

Kelulusan 98 Persen

Secara keseluruhan tingkat kelulusan UN SMA dan sederajat di Bulukumba mencapai 98%.

Dari total 4.009 siswa yang mengikuti UN ada sekitar 52 siswa yang tidak lulus. Prestasi terbaik dicatatkan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) di Bulukumba yang tingkat kelulusannya mencapai 100%, sedangkan siswa SMA mencapai 98,33%.

“Tingkat kelulusan tahun ini jauh lebih baik daripada tahun lalu, persentase kelulusan mencapai 98%. Seandainya tidak digabung dengan MAN, dapat dipastikan kelulusan siswa di daerah ini mencapai 99,99%,” ujar Kadis Pendidikan dan Olahraga (Dispora) Bulukumba Andi Akbar Amir, kemarin.

Pada 2011 ini tingkat kelulusan meningkat karena peranan kepala sekolah dan guru yang semakin besar dalam meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu, banyak dilaksanakan try out dan les sebelum pelaksanaan UAS maupun UAN.

“Siswa juga lebih bersemangat mengembangkan diri sehingga mencapai angkat kelulusan maksimal,” tutur dia.

Sebelumnya diberikan hasil rekap Dispora, angka kelulusan UN 2010 untuk tingkat SMA dan sederajat hanya satu SMA mencapai 100%, yakni SMA Herlang, Kecamatan Herlang, Kabupaten Bulukumba.

Menyusul SMA Bontotiro 98%, SMA 1 Bulukumba 96%. Rendahnya tingkat kelulusan di Bulukumba 2010 lalu disebabkan tingginya tingkat kesulitan soal mata ujian. Selain itu, indeks prestasi meningkat dari 5% menjadi 5,5%. Hal ini membuat para siswa kewalahan sehingga angka kelulusan anjlok. baharuddin

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…