Langsung ke konten utama

Mantan Napi Masih Pimpin Rapat di DPRD Bulukumba


MANTAN NAPI. Hearing Komisi D DPRD Bulukumba dipimpin mantan narapidana (napi), Djuharta (depan baju coklat sedang bicara), Selasa, 24 Mei 2011. Djuharta tampil sebagai pimpinan sidang dan mengklaim diri sudah kembali menduduki jabatan Ketua Komisi D setelah dipenjara September, tahun lalu. Alasannya, sampai saat ini dirinya belum diberhentikan termasuk belum ada proses pemberhentian dari partainya. (Foto: Arman/Fajar)

--------------

Mantan Napi Masih Pimpin Rapat di DPRD Bulukumba
- Saat Hearing Komisi D dengan Kemenag Bulukumba


Oleh : Muhammad Arman
Harian Fajar, Makassar
Rabu, 25 Mei 2011 |
http://www.fajar.co.id/read-20110524194024-mantan-napi-masih-pimpin-rapat

BULUKUMBA -- Pemandangan berbeda sekaligus aneh kembali terlihat di gedung DPRD Bulukumba, Selasa, 24 Mei. Mantan terpidana korupsi, Djuharta terlihat hadir saat komisi D melakukan hearing dengan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bulukumba.

Bahkan Djuharta tampil sebagai pimpinan sidang dan mengklaim diri sudah kembali menduduki jabatan Ketua Komisi D setelah dipenjara September, tahun lalu. Alasannya, sampai saat ini dirinya belum diberhentikan termasuk belum ada proses pemberhentian dari partainya.

Mengetahui keterlibatan Djuharta dalam rapat tersebut, Koordinator Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Bulukumba, Makmur Masda langsung mengecam tindakan ini.

Menurutnya, apa yang dilakukan Djuharta adalah pelanggaran etika sekaligus tata tertib DPRD yang tidak membenarkan seorang mantan terpidana beraktivitas lagi. Makmur malah menyebut Djuharta seharusnya sudah diproses partainya atas kasus yang menyeret namanya.

"Itu aneh dan sangat tidak beralasan kalau dia pimpin rapat. Bagaimana caranya mau memimpin rapat kalau statusnya belum jelas," katanya.

Djuharta sudah divonis bersalah dan sudah menjalani pidana. Sesuai UU Nomor 27 tahun 2009 dan PP Nomor 16 Tahun 2010 sudah tidak ada jalan lagi bagi dia untuk hadir melakukan kerja-kerja seperti anggota DPRD lainnya.

"Saya heran kalau dia bertindak seperti itu," kecam Makmur, Selasa, 24 Mei 2011.

Makmur menegaskan, dirinya akan menyampaikan masalah ini pada partai yang menjadi kendaraan politik Djuharta yakni PKPI.

"Dia harus diproses karena itu adalah perintah undang-undang," tambahnya.

Djuharta yang ditemui usai memimpin sidang tidak banyak berkomentar. Dia hanya sempat menyatakan bahwa dirinya sudah mulai bertugas seperti biasanya. Termasuk dia mengklaim bahwa dirinya saat ini sudah mulai bekerja berdasarkan statusnya sebagai anggota DPRD Bulukumba.

"Iya saya sudah bertugas kembali, tidak usah diperdebatkanlah," katanya singkat.

Sebelumnya, Sekretaris DPRD Bulukumba, Andi Kurniady sudah menegaskan bahwa sebaiknya Djuharta tidak melakukan tindakan lebih dulu seperti anggota DPRD lainnya. Dia meminta Djuharta bersabar dulu sambil menunggu kepastian statusnya. Apalagi saat ini, kasus dirinya yang tidak diinginkan partainya untuk diganti melalui proses PAW sedang dikomunikasi baik kepada pemprov maupun pada Mahkamah Konstitusi.

Sementara itu, beberapa anggota Badan Kehormatan (BK) yang dihubungi Fajar tidak ada yang berhasil dikontak. Dua anggota BK masing-masing H Masdar dan H Askar HL nomornya aktif namun tidak diangkat. Hanya saja, jika merujuk pada pernyataan Ketua BK, H Bachri dia menyatakan bahwa dirinya tidak bisa berbuat banyak karena kasus Djuharta adalah hal yang berbeda. Alasannya, dia tidak diproses partainya selama ini.

"Makanya harus ada pihak yang keberatan baru bisa diproses," kata Bachri. (arm)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/]

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…