Langsung ke konten utama

Poros Bulukumba-Bira Segera Dianggarkan


HARI BAKTI. Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang memukul gong saat membuka secara resmi Pencanangan Hari Bakti Gotong Royong di Lapangan Pemuda Bulukumba. Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang berjanji segera memberikan perhatian atas kerusakan Jalan Poros Bulukumba-Bira. (Foto: Arman/Fajar)

------------------

Poros Bulukumba-Bira Segera Dianggarkan
- Wagub Sulsel Resmikan Hari Bakti Gotong Royong se-Sulsel


Harian Fajar, Makassar
Kamis, 05 Mei 2011 |
http://www.fajar.co.id/read-20110504192327-poros-bulukumbabira-segera-dianggarkan

BULUKUMBA -- Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang berjanji segera memberikan perhatian atas kerusakan Jalan Poros Bulukumba-Bira. Bahkan dia menjadwalkan akan segera melakukan pembicaraan dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Makassar untuk mencari jalan keluar perbaikan jalan tersebut.

Apalagi, kata dia, tidak hanya warga Bulukumba yang dirugikan dengan adanya kerusakan jalan ini, tetapi secara keseluruhan mengganggu transportasi daerah. Pasalnya, selain mengganggu akses menuju Bira, jalan tersebut adalah penghubung antara Bulukumba dan Selayar.

Hanya saja, menurut Agus, masyarakat Bulukumba harus menyadari bahwa poros Bulukumba-Bira termasuk kategori jalan nasional. Oleh karena itu, tidak menjadi kewenangan Pemprov Sulsel, melainkan kewajiban pemerintah pusat.

"Iya saya akui memang itu sangat mendesak diperbaiki. Saya juga sudah dengar kalau warga sudah melakukan reaksi atas kerusakan jalan tersebut. Kita akan berupaya mencarikan jalan keluarnya," kata Agus usai meresmikan pencanangan Hari Bakti Gotong Royong se-Sulsel di Lapangan Pemuda Bulukumba, Rabu, 4 Mei 2011.

Ditanya soal kapan penganggaran dilakukan, Agus mengatakan, akan melakukan pembicaraan dengan pihak terkait. Khususnya pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional yang memiliki tanggungjawab atas kerusakan jalan yang masuk kategori jalan nasional. Termasuk dia juga akan mempertanyakan soal adanya informasi terkait dana perbaikan jalan poros ini pada 2010 tapi ditarik lantaran disatukan dengan paket Jalan Poros Bulukumpa yang terjadi penolakan pembebasalan lahan.

"Tunggu saya cek dulu itu dananya. Betul tidak ada seperti itu. Yang jelas akan diusahakan segera ada anggarannya yang turun untuk perbaikan jalan ini. Termasuk kemungkinan pergeseran anggaran untuk dialokasikan untuk perbaikan ini. Kalau bisa ada pergeseran anggaran kenapa tidak, cuma butuh dianalisis dulu pengalokasian anggaran tersebut," tambahnya.

Anggota DPRD dari daerah pemilihan Bontobahari, Bahman mengatakan, dirinya sudah mendapat kabar bahwa perbaikan jalan tersebut sudah dianggarkan. Hanya saja, kesalahan pemprov lantaran menggabungkan anggaran dua daerah yang berbeda. Padahal, kata dia, seandainya tidak digabung poros Bulukumba-Bira sudah dikerjakan karena tidak ada kendala maupun perlawanan warga terkait jalan ini.

"Berbeda dengan Poros Bulukumpa yang ternyata ada masalah soal pembebasan lahan. Di sinilah titik persoalannya. Yang dirugikan adalah masyarakat Bontobahari yang sehari-hari melewati jalan ini," ujar Bahman. (arm)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…