Langsung ke konten utama

Pembangunan Mal Mega Zanur Langgar RUTR

MELANGGAR. Mal Mega Zanur yang diduga dibangun pada kawasan hijau di pertigaan jalan poros dari arah Sinjai menuju Bulukumba kota dan Pasar Sentral Bulukumba, sehingga melanggar Perda Tata Ruang. Kebijakan pembangunan mal ini dinilai semata-mata melihat potensi usaha, sehingga Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan tidak lagi melihat aturan sepanjang menguntungkan secara pribadi. (Foto: Arman/Fajar)  

 
Pembangunan Mal Mega Zanur Langgar RUTR 

Reporter : Muhammad Arman 
Harian Fajar, Senin, 15 Agustus 2011 
http://www.fajar.co.id/read-20110814195438-pembangunan-mal-mega-zanur-langgar-rutr 

BULUKUMBA, FAJAR -- Sorotan terhadap pembangunan Mal Mega Zanur, milik Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan seakan tidak ada habisnya. Belum selesai soal analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) muncul lain persoalan lainnya. 

Sorotan kali ini masih datang dari kalangan legislator dalam menjalankan fungsi pengawasannya. Mal ini dinilai salah tempat alias melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 1996 tentang Rencana Umum Tata Ruang (RUTR). 

Pasalnya, lokasi pembangunan mal tersebut saat ini berada pada kawan hijau, sehingga tidak dibolehkan ada bangunan, apalagi sejenis mal. Ketua Fraksi Bulukumba Bersatu, Andi Baso Mauragawali yang membeberkan pelanggaran ini. 

Menurut dia, pembangunan tersebut sudah melanggar rencana tata ruang kota yang sudah ditetapkan sebelumnya. Meskipun, kata dia, saat ini ada rencana untuk melakukan revisi perda RUTR tersebut, namun setidaknya perda tersebut masih berlaku dan tidak ada jaminan kawasan tersebut akan diubah menjadi kawasan industri. 

"Ini berarti memang tidak ada kajian mendalam terkait pembangunan mal ini. Pemerintah tidak berdaya, karena menjadi keinginan bupati," kritiknya. 

"Saya pegang perdanya dan bisa saya tunjukkan kalau ada yang mau mempertanyakan ini. Jelas disitu ada pelanggaran karena kawasan hijau dibanguni mal. Artinya, akan terjadi perubahan fungsi kawasan yang ditetapkan sebelumnya," beber legislator yang akrab disapa Opu ini, Minggu, 14 Agustus 2011. 

Menurut Opu, kebijakan pembangunan mal ini semata melihat potensi usaha sehingga Zainuddin Hasan tidak lagi melihat aturan sepanjang menguntungkan secara pribadi. 

"Ini 'kan aneh dan tidak seharusnya dilakukan seorang bupati. Kasihan sekali kita ini kalau semaunya saja dan melabrak aturan," sindirnya. 

Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Achmad Syukri yang dikonfirmasi memilih membela atasannya. Menurut Syukri tidak ada sama sekali pelanggaran tata ruang dalam pembangunan mal ini. Soal adanya perda, Syukri mengatakan, perda tersebut yang sudah tidak sesuai dengan kondisi saat itu. 

Keberadaan mal ini, kata dia, sudah sesuai dengan analisis ruang dan proyeksi pengembangan kota Bulukumba ke depan. 

"Makanya mau direvisi itu perda. Masa mau mengikuti perda yang sudah ketinggalan zaman," katanya. 

Selain itu, Syukri juga mengatakan bahwa apa yang diperdebatkan terkaitkeberadaan mal ini sebenarnya sudah tidak tepat. Karena Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bangunan ini sudah terbit. Dengan begitu, berarti dari segi tata ruang lokasi tersebut jelas tidak melanggar penggunaan ruang sesuai peruntukannya. (*)  
[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/]

Komentar

Sang Penjelajah mengatakan…
dengan di bangunnya mall di bulukumba, berarti pemerintah sudah membawah bulukumba menjadi sentra bisnis dan ekonomi, hal itu mnerupakan hal terbaik dalam pembangunan diberbagai aspek di Bulukumba, sehingga mendorong bulukumba menjadi sentral berbagai bidang di kawasan selatan sulawesi selatan.

Pos populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…