Langsung ke konten utama

Petani Kakao Bulukumba Sangat Terbantu


TERBANTU. Salah seorang petani kakao di Bulukumba, Megarahman, mengaku sangat terbantu dengan adanya program Gerakan Nasional Kakao, karena para petani mendapatkan bantuan dana, bibit, dan peralatan yang dibutuhkan untuk mengembangkan tanaman kakao.

----------------

Petani Kakao Bulukumba Sangat Terbantu

Tanaman kakao dalam dua tahun terakhir di Kabupaten Bulukumba mengalami penurunan produksi akibat cuaca yang tidak menentu, tetapi dengan adanya program Gerakan Nasional (Gernas) Kakao, para petani setempat merasa sangat terbantu.

Salah seorang petani kakao di Bulukumba, Megarahman, kepada penulis mengaku dirinya dan para petani kakao sangat terbantu dengan adanya program Gernas Kakao, karena para petani mendapatkan bantuan dana, bibit, dan peralatan yang dibutuhkan untuk mengembangkan tanaman kakao.

"Selain itu, beberapa petani juga sempat dibawa ke Luwu Utara melakukan studi banding dan rencananya kami akan dibawa lagi studi banding ke Jember di Pulau Jawa, untuk melihat program Gernas Kakao di sana," kata Megarahman yang sejak beberapa tahun lalu dipercayakan menjadi Ketua Kelompok Tani Mali' Siparappe yang beranggotakan 25 petani.

Kelompok Tani yang dipimpinnya telah beberapa kali mendapat undangan mengikuti pelatihan, mendapatkan bimbingan dan penyuluhan, serta mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.

"Kami juga mendapat bantuan pinjaman dana bergerak dengan bunga yang sangat kecil," papar anak pertama dari empat bersaudara itu.

 
Menyinggung pembangunan pabrik pengolahan kakao di Desa Benteng Palioi, Kecamatan Kindang, Megarahman mengatakan petani kakao pasti akan terbantu, karena nilai jual kakao bisa menjadi lebih tinggi setelah diolah di pabrik tersebut.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Bulukumba membangun pabrik Pengolahan Hasil Kakao yang terdiri atas gudang, peralatan, dan mesin permentasi sebanyak dua unit di Desa Benteng Palioi, Kecamatan Kindang.
Proyek tersebut adalah bagian dari program Gerakan Nasional (Gernas) Kakao yang sumber anggarannya berasal dari pusat dan anggaran daerah.

Cara kerja mesin pengolahan tersebut adalah melakukan permentasi terhadap biji kakao sehingga hasilnya lebih berkualitas, dan tentunya itu akan menambah nilai jual harga kakao sampai dengan tiga ribu rupiah perkilonya. Mengenai pemasarannya, pihak Dinas Kehuatan dan Perkebunan Bulukumba akan memfasilitasi petani kakao Bulukumba dengan kelompok tani kakao yang ada di Kabupaten Luwu yang sudah bekerjasama dengan industri pengolahan kakao yang ada di pusat yakni Bumi Tangerang.

“Jadi untuk sementara kita mengikutkan hasil panen petani kita di Kabupaten Luwu untuk mendapatkan pasar” jelas Misbawati saat mendampingi Wakil Bupati Bulukumba, Syamsuddin, meninjau pembangunan pabrik Pengolahan Hasil Kakao tersebut, Senin, 7 November 2011. (asnawin)


[Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda di Blog Kabupaten Bulukumba - http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…