Langsung ke konten utama

Kebijakan Dua Jalur Untungkan Mal Mega Zanur





BONGKAR. Warga Jalan Ratulangi dan sekitarnya memprotes kebijakan dua jalur dengan cara membongkar beton pemisah untuk median jalan, Rabu, 21 Desember 2011. Mereka protes karena kebijakan dua jalur itu justri kerap menimbulkan kemacetan arus lalu lintas dan juga merugikan pedagang di sekitar Jalan Ratulangi. (Foto: Arman/Fajar)

------------------------
 

Tolak Jalur Dua, Warga Bongkar Median Jalan
- Dinilai Hanya Untungkan Mal Zainuddin


Kamis, 22 Desember 2011
http://www.fajar.co.id/read-20111221192952-tolak-jalur-dua-warga-bongkar-median-jalan-

BULUKUMBA, FAJAR -- Sikap Pemkab Bulukumba yang tidak mengindahkan desakan warga agar tidak membuka dua jalur pada ruas Jalan Sam Ratulangi berbuntut pembongkaran paksa median jalan. Puluhan warga membongkar satu demi satu beton yang dipasang di tengah jalan sebagai bentuk protes atas kebijakan tersebut. Alasannya, jika ruas jalan dipaksakan, akan menimbulkan kemacetan, sehingga pemilik toko yang berada di sepanjang jalan ini akan kehilangan pembeli.

Warga menyebutkan setidaknya lima alasan utama penolakan kebijakan dua jalur ini. Pertama, pembangunan jalur dua tidak diikuti dengan pelebaran ruas jalan. Kedua, jika dibangun dua jalur, maka secara langsung akan berdampak pada usaha masyarakat di sekitar jalan ini karena kendaraan umum, kendaraan pribadi, dan truk membutuhkan ruang yang cukup untuk bongkar muat barang.

Ketiga, pembangunan dua jalur dinilai hanya akan mempersempit bahu jalan. Keempat, lebar jalan dan trotoar kurang memungkinkan kendaraan roda empat untuk berputar haluan. Kelima, akan membatasi konsumen dalam melakukan transaksi.

Koordinator warga, Andi Masrur Mansyur mengatakan, dari dulu warga sudah menyuarakan agar pembangunan dua jalur ini dihentikan. Hanya saja, kata dia, karena pemerintah terkesan tutup mata dan tetap membangunnya sehingga warga mengambil sikap tegas dengan melakukan pembongkaran. Bahkan menurutnya, tindakan yang dilakukan saat ini tidak bersifat sementara melainkan akan tetap dilakukan dan tidak akan dibiarkan lagi pihak pelaksana untuk melanjutkan pembangunan tersebut.

"Bukannya kita mau apa. Tapi yang kita pikirkan adalah bahwa ruas jalan ini sudah sempit. Nah, masa dibangun lagi dua jalur. Ini kan artinya hanya akan menambah sempit saja ruas jalan," kata cucu Andi Sultan daeng Radja ini, Rabu, 21 Desember 2011.

Dia mengatakan, jika dianalisis, maka pembangunan jalan ini hanya untuk kepentingan bangunan mal Zainuddin yang saat ini sudah dalam tahap perampungan. Menurut dia, jika nanti ini dilaksanakan, maka sebagian besar konsumen akan melaju dan menjadikan mal Mega Zanur sebagai tujuan karena hanya lokasi tersebut yang sangat memungkinkan untuk berbelanja dengan nyaman.

"Kita tahu kalau itu kepentingan sana saja. Bukannya kita mau menghalangi. Cuma jangan sampai merugikan orang lain. Kalau ruas jalannya lebar tidak masalah," tambahnya.

Kepala Dinas Perhubungan Bulukumba, Rosali A Liong mengatakan, keputusan membangun dua jalur pada ruas jalan tersebut sudah sesuai. Bahkan dia mengatakan, jika warga melakukan pembongkaran, maka pemkab akan memasangnya kembali karena anggarannya sudah ada dan sudah ditetapkan sesuai dengan mekanisme yang ada.

Dia juga memastikan bahwa pada ruas jalan tersebut sudah layak untuk dibangun dua jalur dengan mempertimbangkan lebar jalan. Apalagi, kata dia, memang sudah menjadi program untuk menjadikan ruas jalan ini dua jalur. (arm/har)

[Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda di Blog Kabupaten Bulukumba - http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…