Langsung ke konten utama

Dinkes Bulukumba Gandeng USAID


Tahun 2012 ini, Dinas Kesehatan Bulukumba membangun kemitraan dengan United State Agency International Development (USAID) untuk membantu meningkatkan kelangsungan hidup ibu dan bayi baru lahir. Tahun 2012 ini, sudah terdapat dua kasus kematian ibu dan anak yang baru lahir. (int)



Dinkes Bulukumba Gandeng USAID
- Tekan Angka Mortalitas Ibu


Harian Fajar, Makassar
Senin, 15 Oktober 2012
http://www.fajar.co.id/read-20121014185017-diskes-bulukumba-gandeng-usaid

BULUKUMBA, FAJAR -- Pemerintah Kabupaten Bulukumba bertekad menekan angka kematian (mortalitas) ibu dan anak di daerahnya. Tahun 2012 ini, Dinas Kesehatan Bulukumba membangun kemitraan dengan United State Agency International Development (USAID) untuk membantu meningkatkan kelangsungan hidup ibu dan bayi baru lahir.

Data dari Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Bulukumba, tahun ini sudah terdapat dua kasus kematian ibu dan anak yang baru lahir. Jumlah ini sebenarnya sudah menurun dari tahun sebelumnya yang mencapai sembilan kasus kematian ibu dan anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba, drg Dian Wellyati Kabier mengatakan, rencana untuk menggandeng USAID sudah mulai dilakukan pekan ini. Menurutnya, dengan bekerja sama USAID, diharapkan angka kematian ibu dan anak di Bulukumba menjadi nol kasus.

Dia mengatakan, USAID menjalin kerja sama dengan dinas kesehatan dalam bentuk program Keselamatan Ibu dan Anak (KIA). Kerja sama ini dilakukan dalam bentuk multi stake holder.

Selain instansi pemerintah, kata dia, program ini juga akan melibatkan tokoh masyrakat dan sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) lainnya. Kerja sama ini dilakukan dengan pendekatan pendidikan bagi ibu-ibu yang sementara mengandung.

"Kita harapkan dengan kerja sama ini angka kematian ibu dan bayi menjadi nol kasus tahun depan," jelas dia.

Kerja sama dengan USAID ini, kata dia, dilakukan dalam tiga program. Di antaranya adalah air susu ibu (ASI) eksklusif, menyusui dini, dan persalinan aman.

Dia menambahkan, selama ini Bulukumba telah melakukan sejumlah program untuk menekan angka kematian ibu dan anak. Salah satunya adalah kegiatan kelas ibu hamil. Saat ini sudah terdapat 36 kelas ibu hamil yang tersebar di sejumlah kecamatan yang ada di Bulukumba.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Diskes Bulukumba, Wahyuni mengatakan, kelas ibu hamil memberikan pengetahuan kepada ibu-ibu yang hamil. Dengan begitu, tingkat kesadaran ibu hamil akan ancaman kematian bisa semakin meningkat.

Awalnya, kelas ibu hamil dilakukan oleh masyarakat dengan swadaya murni. Kelas ini dibuat atas kerja sama antara bidan desa dengan masyarakat sekitar.

"Setidaknya, ibu hamil bisa paham mengenai proses persalinan," jelasnya. (eka/min)

[Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda di Blog Kabupaten Bulukumba - http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…