Langsung ke konten utama

Penumpang Berdesakan di Kapal

Bulukumba, Selasa 29 September 2009
Diposkan oleh CEMPAKA ASRI FM On 03:37

Penumpang Berdesakan di Kapal

BULUKUMBA- RCA NEWS. Arus balik pascalibur idulfitri dari Pelabuhan Pamatata, Selayar tujuan Pelabuhan Bira, Bulukumba mencapai puncaknya, Minggu 27 September. Pada puncak arus balik itu, jumlah penumpang yang menggunakan jasa PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Selayar, diperkirakan mencapai ribuan orang.

Kebanyakan pemudik menggunakan naik sepeda motor, puluhan mobil, dan bus. Bahkan padatnya jumlah penumpang transportasi laut itu mengakibatkan sebagian di antaranya tidak tertampung di
ruang penumpang. Mereka terpaksa memilih duduk di tangga kapal. Selain itu, beberapa penumpang juga terpaksa bisa berdiri di atas kapal.

Juga ada penumpang terpaksa mengambil tempat di dek, tempat yang selama ini tidak pernah ditempati
penumpang dalam perlayaran. Penumpang yang tidak mendapat tempat berteduh dari sinar matahari itu harus rela berpanas-panasan.

Selain KMP Bontoharu, PT ASDP juga mengoperasikan KMP Belinda untuk melayani ratusan penumpang lain yang masih menunggu. Setidaknya, ASDP menyiapkan dua kapal cadangan dalam melayani arus balik tersebut. Satu kapal lainnya, KMP Sangke Palangga dicadangkan.

Meski demikian Ketua Forum Peduli Selayar (FPS), Arsil Ihsan menyesalkan langkah PT ASDP yang kurang memperhatikan keselamatan pelayaran. Harusnya kata dia, begitu kapasitas tempat duduk sudah penuh, ASDP tidak menerima penumpang lagi. Apalagi penumpang banyak yang harus merasakan terik matahari selama pelayaran.

"Kami sesalkan membeludaknya penumpang kapal hingga melebih kapasitas tempat duduk. Ini menunjukkan kalau PT ASDP kurang memperhatikan keselamatan pelayaran. Harusnya itu tidak terjadi andaikan ASDP sudah menyiapkan kapal cadangan. Dua kapal cadangan itu mestinya dioperasikan kalau kondisi penumpang memang membeludak," ujar Arsil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…