Langsung ke konten utama

Dukungan Ganda di Lutim dan Bulukumba

| Fajar Online | Fajar News | Kabar Pilkada |
JUMAT, 26 FEBRUARI 2010 | 00:19 WITA | 2814 Hits
(www.fajar.co.id)

Dukungan Ganda di Lutim dan Bulukumba
- Sebelas Calon Mendaftar di Lutra


MAKASSAR -- Fenomena dukungan ganda partai politik untuk pasangan calon bupati dan calon wakil bupati terjadi di Luwu Timur dan Bulukumba. Di Lutim, Partai Demokrat mengusung pasangan Nur Husain-Abdul Madjid Tahir dan paket Saldy Mansyur-Asrul Mappasabbi. Saldy melampirkan rekomendasi DPP, sedangkan Nur Husain memasukkan rekomendasi DPC Demokrat Lutim dan DPD Demokrat Sulsel.

Saldy yang ditemui setelah mendaftar, menuturkan bahwa pihaknya siap menerima konsekuensi hasil verifikasi KPU nantinya. Wakil Ketua I DPC Partai Demokrat Lutim, Isa Anshori, yang datang mewakili Demokrat mendampingi Saldy-Asrul, membenarkan rekomendasi yang dibawa langsung dari DPP.

Nur Husain sendiri yang dikonfirmasi menuturkan wajar saja jika ada paket lain yang mengklaim. Namun Nur Husain menyatakan dukungan yang sebenarnya dua partai ini tertuju kepada dirinya.
Ketua KPU Lutim, Muhammad Ayyub, mengatakan akan mengklarifikasi dualisme rekomendasi tersebut ke DPD Demokrat Sulsel dan DPP Partai Demokrat.

Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel, Syamsul Mappareppa, menegaskan, Partai Demokrat mengusung Nur Husain di Luwu Timur. Jika ada kandidat lain yang mengklaim dukungan Demokrat, maka itu ilegal.
Syamsul mengakui adanya informasi tentang SK dukungan terhadap Saldy Mansyur. Namun, dia mengatakan keputusan terakhir yang menjadi pegangan Partai Demokrat adalah Nur Husain.

Syamsul menjelaskan bahwa SK DPP yang dikantongi Saldy Mansyur tertanggal 31 Januari 2010. Namun, pada 17 Februari, DPP memutuskan bahwa di Luwu Timur, Demokrat mengusung pasangan Nur Husain-Abdul Madjid Tahir.

Pilkada Lutim akan diikuti lima pasangan calon. Selain Nur Husain dan Saldy, juga ada pasangan Hatta Marakarma-Thoriq Husler, pasangan Umar Ranggong-Ilham Labbase serta pasangan Nur Parantean-Aspar Safar.

Di Bulukumba, dua parpol yang memasukkan dukungan ganda. Kedua parpol itu adalah Partai Kedaulatan dan Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN). Kedaulatan memasukkan rekomendasi untuk pasangan Andi Puli Sulthan-Sumrah dan pasangan Sukri Sappewali-Rasyid Sarehong. Sedangkan PPRN memasukkan rekomendasi untuk Sukri dan pasangan Zainuddin-Syamsuddin.

Pasangan Puli Sulthan-Sumrah resmi mendaftar sebagai calon bupati di KPU Bulukumba, Kamis 25 Februari. Pasangan ini datang ke KPU didampingi ratusan simpatisan dan pengurus partai pengusung. Selain Kedaulatan, Puli juga diusung sebelas parpol lain seperti PBR, RepublikaN, PNI Marhaenisme, PPI, PPNUI, PIS, dan PNBKI.

Bakal calon lainnya yang mendaftar kemarin adalah Syafruddin Amjar-Yusni Mappanyulle. Pasangan ini maju dengan dukungan enam kursi di parlemen, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan PPP.

Pendaftaran calon bupati Bulukumba telah berakhir kemarin. Ada enam paket calon yang bakal meramaikan pesta demokrasi ini dan telah mendaftar di KPU, yakni Zainuddin-Syamsuddin, H Muhammad Arif-Abdul Hafid Makking Arif, Abdul Kahar Muslim-Askar, AM Sukri Sappewali-Rasyid Sarehong, Andi Syafruddin Amjar-Yusni Mappanyulle, serta Andi Puli Sulthan-Andi Sumrah.

Cabup Lutra

Luwu Utara mencatat rekor sebagai daerah yang paling banyak peserta pilkadanya. Hingga penutupan pendaftaran kemarin, jumlah pasangan yang memasukkan berkas di KPU mencapai sebelas pasangan.

Pasangan terakhir yang mendaftar terkahir kemarin di KPU Lutra yakni, pasangan Arsyad kasmar-Gempur Waseso yang diusung Partai Golkar, PDP, dan Partai Pakar Pangan. Arsyad-Gempur merupakan calon ke 11 yang mendaftarkan diri ke KPU.

Sebelumnya, sepuluh calon juga telah menyerahkan berkas pendaftarannya ke KPU. Lima pasangan yang maju melalui jalur independen, yakni Sam Sumastono-Isjaya Kaladen, Masrah Marang-Ahmad Mas’ud, Tanri Padang-Suhardi M Anwar, Maisaroh-Basiruddin, dan Rapiuddin Syah-Marhaena.

Sementara enam paket lainnya yang maju melalui jalur partai, yakni pasangan Arsyad Kasmar-Gempur Waseso yang diusung Partai Golkar, Arifin Junaidi-Indah Putri Indriani, yang mengumpulkan 11 partai nonparlemen, paket Mahmud Rompegading-Syaifullah Burhan yang diusung oleh PKS dan PPP.

Juga ada pasangan Ilham Noertoadji-Hamzah Jalante yang diusung PDK dan Hanura, pasangan Sakaruddin-Ahmad Ridha yang diusung Partai Republikan, PAN, dan PKPB serta paket Thahar Rum-Ansar Akib diusung oleh Partai Demokrat, Partai Patriot, dan PKB.

Enam di Pangkep

Kelompok Kerja Pencalonan KPU Pangkep menetapkan enam pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Pangkep 2010-2015 telah memenuhi syarat untuk didaftar sebagai kandidat Pilkada Pangkep 2010.

Keenam pasangan ini masing-masing Andi Baso Amirullah-Andi Kemal Burhanuddin, HM Taufik Fachruddin-Hj Nurul Jaman Syafruddin serta H Syamsuddin A Hamid-HA Rahman Assegaf. Tiga pasangan lainnya, yakni, Kamrussamad-Rizaldi Parumpa, H Mansyur-Hasan Basri serta Drg Fadhilla Mallarangang-Abdul Muis, resmi terdaftar di KPU Pangkep, Kamis 25 Februari.

Berbeda dengan tiga pasangan sebelumnya, suasana pendaftaran kemarin tidak diwarnai pengerahan massa pendukung secara besar-besaran. Baik Kamrussamad-Rizaldi Parumpa, H Mansyur-Hasan Basri, serta Drg Fadhilla Mallarangang-Abdul Muis yang mendapat giliran mendaftar paling terakhir hanya diantar oleh ratusan pendukungnya. (man-sap-syr-aha-amr)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…