Langsung ke konten utama

Jadikan Bulukumba Kota Tercantik di Sulsel


BUNDARAN PHINISI. Saat ini, Bulukumba telah berangkat menuju kota yang cantik, kota yang berbenah. Pendapatan per kapita penduduknya, juga terus mengalami perkembangan yang signifikan. (Foto: Asnawin)




--------------------



HM Tabri: Jadikan Bulukumba Kota Tercantik di Sulsel



Kabupaten Bulukumba, 4 Februari lalu, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT)-nya yang ke-49. Kamis 5 Februari ini, seremoni perayaan HUT itu, dilaksanakan dengan meriah. Hendaknya, di tengah kemeriahan seremoni itu, seluruh pihak perlu merenung, utamanya para pemimpin daerah yang berjuluk Bumi Panrita Lopi itu, tentang apa yang telah dilaksanakan dan apa yang masih perlu dibenahi demi masa depan Bulukumba yang jauh lebih baik dan terpandang. Karena bagaimanapun, Bulukumba masih perlu polesan-polesan, baik dalam hal pengembangan ekonomi, pemberdayaan potensi lokal, peningkatan infrastruktur serta pemberdayaan pengusaha lokal.

Lalu seperti apa kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba di bawah nahkoda Bupati AM Sukri Sappewali dan H Padasi selaku Wakil Bupati (Wabup), dan sejauh mana keberhasilan yang diraih? Berikut petikan wawancara Ketua Kadin Bulukumba, HM Tabri, dengan wartawan Harian Ujungpandang Ekspres;

Laporan: Surianda Panambai

Tanya : Sebagai pengusaha, bagaimana Anda melihat perkembangan Bulukumba saat ini?

Jawab : Sebelumnya saya selaku putra daerah dan pelaku usaha, mengucapkan selamat HUT Bulukumba. Berbicara mengenai perkembangan saya ingin melihatnya dari kacamata saya sebagai pengusaha. Saat ini, Bulukumba telah berangkat menuju kota yang cantik, kota yang berbenah. Pendapatan per kapita penduduknya, juga terus mengalami perkembangan yang signifikan, terlihat dari geliat kota yang semakin hari semakin ramai, karena tingkat kehidupan atau pergerakan ekonomi suatu daerah, dilihat dari bagaimana kesibukan para warganya setiap hari, yang menekuni banyak usaha. Hal itu tidak saja terlihat di pusat atau jantung kota, namun seluruh kota kecamatan mulai bergeliat, menuju kehidupan yang lebih layak di bawah kepemimpinan AM Sukri Sappewali dan H Padasi.

Tanya : Bisa digambarkan salah satu keberhasilan pemerintah?

Jawab : Saat ini, seluruh kecamatan mendapatkan anggaran pembangunan, proyek infrastruktur terus berjalan dengan baik, dan satu yang patut diacungi jempol, yakni pemberdayaan pengusaha lokal yang diperlihatkan pemerintah cukup tinggi. Dan kita harapkan, hal itu tetap dijaga kalau perlu ditingkatkan. Pemberdayaan pengusaha lokal sangat bisa membantu pengembangan daerah, karena tukang-tukang yang digunakan adalah putra-putra daerah Bulukumba sendiri, sehingga uang hasil pekerjaan, dibelanjakan di Bulukumba. Pengusaha maupun pekerja, juga akan bisa membangun rumah, membeli mobil, dan semuanya bisa dinikmati di Bulukumba.

Tanya : Seberapa besar kerugian bila hal itu tidak dilakukan?

Jawab : Sangat besar, bahkan bisa menggagalkan pertumbuhan ekonomi. Lihat saja, bila pengusaha luar yang masuk di Bulukumba mengerjakan suatu proyek misalnya, maka otomatis uang atau upah yang didapatkan tentu akan dibelanjakan di daerah dimana dia tinggal, kasarnya, uang dari Bulukumba dibelanjakan di daerah lain, otomatis daerah lain yang akan menikmatinya. Saya selaku putra daerah dan pelaku usaha, tentu sangat berharap pemerintah bisa lebih meningkatkan pemberdayaan pengusaha lokal, karena bagaimanapun teman-teman pengusaha di Bulukumba juga memiliki skill yang bisa diandalkan.

Tanya : Kinerja SKPD sendiri Anda lihat seperti apa?

Jawab : Ini yang penting digarisbawahi pemerintah saya kira. Tidak bisa dipungkiri, kinerja SKPD di Bulukumba saat ini masih perlu dibenahi, dimana masih berbelit-belitnya birokrasi yang diterapkan, sehingga para pengusaha bahkan masyarakat merasa terbebani. Apalagi saat ini, warga atau pengusaha kadang kebingungan untuk mengurus sesuatu ke beberapa SKPD, utamanya soal perizinan, karena salah satu kabupaten yang saat ini kantor bupati-nya tidak ada adalah Bulukumba, karena masih dalam proses pembangunan. Salah satu harapan juga adalah bagaimana kantor itu diselesaikan secepat mungkin kalau perlu tahun ini, agar pelayanan kepada masyarakat kembali maksimal seperti semula.

Tanya : Harapan Anda ke depan?

Jawab : Banyak masyarakat mengatakan, kalau pembagian alokasi anggaran ke kecamatan saat ini masih sangat bervariasi atau dalam arti kata tidak merata, sehingga banyak kecamatan lain merasa iri. Masyarakat juga banyak beranggapan kalau kecamatan yang mendapat anggaran pembangunan yang banyak, adalah kecamatan yang memiliki wakil yang duduk di dewan, atau kecamatan dimana pejabat Pemkab tersebut lahir, hal itu tentu harus dihapus pemerintah dan harus dijawab bukan dengan kata-kata, tetapi implikasi di lapangan. Yang harus dicatat, masyarakat saat ini telah pintar menilai, mana yang baik dan mana yang buruk.

Tanya : Bila tidak salah, Anda juga Caleg Tingkat I, apa visi dan misi Anda ke depan?

Jawab : Benar. Saya terdaftar sebagai Caleg Provinsi dari Partai Golkar nomor urut 8, dapil III, meliputi Bantaeng, Sinjai, Bulukumba, dan Selayar. Saya tidak ingin banyak berjanji, namun saya akan berupaya semampuku bila Insya Allah terpilih nanti, untuk memberikan yang terbaik buat rakyat yang saya wakili, dan itu merupakan hal yang mutlak demi tercapainya kesejahteraan masyarakat. (Surianda Panambai)

Keterangan:
- berita ini dikutip pada 5 Februari 2010, dari Harian Ujungpandang Ekspres (http://www.ujungpandangekspres.com/)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…