Langsung ke konten utama

Zaidin di Bulukumba, Arip di Lutra

Zaidin di Bulukumba, Arip di Lutra
-Unggul Sementara di Putaran Kedua Pemilukada 2010


Harian Ujungpandang Ekspres
Selasa, 24-08-2010
http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=52356

MAKASSAR, Upeks—Pelaksanaan pencoblosan putaran kedua Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) dan Kabupaten Bulukumba tuntas sudah. Di Bulukumba pasangan Zainuddin Hasan-Syamsuddin (Zaidin) berhasil mengungguli incumbent. Sedangkan di Lutra, suara incumbent H Arifin Junaidi-Hj Indah Putri Indriani (Arip) berhasil melampaui rivalnya Thahar Rum-H Ansar Akib (Trans).

Berdasarkan hasil perhitungan sementara, Pasangan Calon Bupati (Cabup) Bulukumba, Zainuddin Hasan-Syamsuddin (Zaidin), hampir pasti memenangkan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilukada) Bulukumba putaran kedua, yang digelar Senin (23/8) kemarin.

Pasangan Cabup yang diusung beberapa partai kecil itu unggul di delapan kecamatan. Delapan kecamatan yang menjadi lumbung suara kemenangan Zaidin adalah Ujungbulu, Ujungloe, Bontobahari, Bontotiro, Herlang, Kajang, Bulukumpa, serta kecamatan Rilauale.

Sementara itu, Cabup AM Sukri Sappewali yang berpasangan dengan Abd Rasyid Sarehong (Aspirasi) yang menjadi pesaing Zaidin hanya unggul di dua kecamatan. Kedua kecamatan itu adalah kecamatan Gantarang dan Kindang.

"Hasil sementara, kita (Zaidin) yang menang," kata Syafiuddin, Tim Pemenangan Zaidin.
Kecamatan Bulukumpa dan Rilauale merupakan basis kemenangan Cabup Syafruddin Amjar-Yusnin Mappanyulle di putaran pertama lalu.

Sementara itu, di putaran kedua ini, cabup Andi Syafruddin Amjar mendukung pasangan Cabup Zaidin. Syafiuddin menjelaskan, hasil putaran kedua di Kecamatan Bulukumba, Zaidin unggul 15.040, sementara, Aspirasi meraup 12.559 suara.

Di Kecamatan Rilau, Zaidin juga unggul dengan meraup 9.743 suara, sementara pesaingnya Aspirasi hanya meraup 6.798 suara. Perolehan suara Zaidin di delapan kecamatan, menunjukkan masyarakat Bulukumba ingin perubahan.

Data yang sama juga dirilis oleh konsultan politik Zaidin, Global Instituite of Science. Menurut Ayuddin Hbp, kemenangan Zaidin itu berkat berhasil merebut hati masyarakat Bulukumba yang memang ingin melakukan perubahan.

Sementara itu, data yang dirilis Partai Demokrat Bulukumba juga menunjukkan hasil yang memenangkan pasangan Cabup Zaidin. "Hasil perhitungan sementara, Zaidin unggul 54%, Aspirasi 46%," terang politisi Partai Demokrat Bulukumba, Mulyadi Mursali, yang dihubungi Upeks via selulernya.

Mulyadi Mursali yang juga anggota DPRD Bulukumba periode 2009-2014 mengatakan, data yang dihimpun partai Demokrat itu merupakan data dari lapangan. Data yang dihitung adalah hasil dari TPS. Melihat hasil Pemilukada putaran kedua itu, hampir pasti pasangan Aspirasi yang diusung partai Golkar, kalah.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Aspirasi, Hamzah Pangki, yang dihubungi mengaku, baru dua kecamatan dihitung yakni Gantarang dan Kindang. "Kami menang di Kecamatan Gantarang dan Kindang," terang Hamzah Pangki, melalui telepon selulernya.

Apakah pasangan Cabup Aspirasi bisa memenangkan Pemilukada Bulukumba putaran kedua? Hamzah Pangki yang juga anggota DPRD Bulukumba tidak memberikan jawaban detail.
Hamzah Pangki yang juga sekertaris DPD Partai Golkar Bulukumba mengaku masih menunggu laporan dari TPS.

Sementara itu, Pemilukada Bulukumba putaran kedua 23 Agustus 2010 kemarin, berlangsung aman. Secara umum, pemungutan suara yang berlangsung di 780 TPS, berlangsung secara serentak. Satuan pengamanan dari kepolisian terlihat berjaga-jaga. Satuan Brigade Mobil (Brimob) dengan bersenjata lengkap melakukan patroli dari TPS ke TPS.

Saling Klaim di Lutra

Sementara itu, terjadi saling klaim kemenangan di Kabupaten Lutra. Menurut data Insert Insert Institute menyebutkan, pemilukada putaran kedua di Kabupaten Lutra dimenangkan oleh pasangan Thahar Rum-H Ansar Akib (Trans) dengan perolehan suara sebesar 50,55%, sedangkan incumbent H Arifin Junaidi-Hj Indah Putri Indriani (Arip) hanya memperoleh 48,45%.

Data yang dirilis oleh Insert itu jauh berbeda dengan yang dipublikasikan oleh Adhyaksa Supporting House, dimana Arip memperoleh suara sebanyak 51,65% dan Trans hanya 48,35%.


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…