Langsung ke konten utama

Bulukumba: Gubernur Taati Putusan PTUN

Bulukumba: Gubernur Taati Putusan PTUN

Harian Tribun Timur
Rabu, 22 September 2010
http://www.tribun-timur.com/read/artikel/129000/Gubernur-Taati-Putusan-PTUN-Memenangkan-Muttamar

GUBERNUR Sulsel Syahrul Yasin Limpo menegaskan pihaknya siap menjalankan dan mematuhi putusan pengadilan tata usaha negara (PTUN). Sebelumnya, PTUN menangguhkan Surat Keputusan (SK) Gubernur mengenai pemberhentian Ketua DPRD Bulukumba Muttamar Mattotorang yang menjadi tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II Bulukumba.

Meski menjalani masa asimilasi penahanan, mantan Ketua DPD Golkar Bulukumba ini sudah melenggang berkantor sebagai pimpinan DPRD.

Syahrul mengaku apa yang menjadi putusan peradilan harus dilaksanakan. Namun, keputusan PTUN tersebut masih bersifat putusan sela bukan putusan tetap (inkra).

"Susahnya begini, gubernur itu mendengarkan dan menerima usulan beberapa unsur karena keputusan finalnya dikeluarkan gubernur, maka gubernur yang di PTUN-kan. Mestinya proses awalnya kan di sana. Saya pada prinsipnya akan menjalankan putusan peradilan sambil mendengarkan aspirasi ke bawah," kata Syahrul di kantor gubernur, Selasa (21/9).

Menanggapi berkantornya kembali Mattotorang sebagai ketua DPRD, Syahrul enggan berkomentar jauh termasuk langkah lanjut pemprov menyikapi keputusan sela tersebut. Ia menyerahkan hal tersebut ke pimpinan dan anggota DPRD.

"Itu masih dalam ranah yuridiksi. Masih perdebatan hukum. Saya harus hati-hati bagaimana memenuhi keputusan sela itu. Melakukan musyawarah tetapi tidak lantas menghidupkan segalanya. Saya akan lihat kembali, tidak ada salahnya yang salah kita perbaiki," jelasnya.

Menurutnya, sesuai ketentuan perundang-undangan (UU) seharusnya pihaknya sekaligus mengeluarkan dua SK yakni pemberhentian Mattotorang sebagai Ketua DPRD dan selaku Anggota DPRD. Inilah yang menjadi celah, penangguhan SK tersebut. Sesuai ketentuan, mekanisme pemberhentian ketua dan anggota berbeda. Pemberhentian ketua harus dilakukan melalui rapat paripurna, sedangkan anggota cukup berdasarkan rekomendasi partai.

"Seharusnya ada dua SK, tapi yang ini disatukan sehingga aturannya ada yang terlewati. Tetapi kita coba pelajari dulu termasuk tata tertib dan mekanisme di sana (Bulukumba).(axa)


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…