Langsung ke konten utama

Pedagang Pasar di Bulukumba Diliputi Keresahan

Pedagang Pasar di Bulukumba Keresahan



Keterangan gambar: DIRUSAK. Pasar Dampang Kecamatan Gantarang menjadi sasaran pengrusakan pihak yang tidak bertanggung jawab. Gambar direkam, Rabu, 29 September. (Foto ARMAN/FAJAR)



Para pedagang pasar di Kabupaten Bulukumba kini semakin diliputi keresahan setelah terobrak-abriknya sejumlah lapak di Pasar Dampang, Kecamatan Gantarang, Rabu dinihari, 29 September 2010.

Beberapa hari sebelumnya, para pedagang di Pasar Sentral Bulukumba sudah mengosongkan kios dan atau lods mereka, setelah ada imbauan dari pihak kepolisian. Polisi mengimbau para pedagang agar mengamankan barang-barang jualan mereka selama beberapa hari, karena dikhawatirkan terjadi pembakaran pasar oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, terkait keputusan Mahkamah Konstitusi mengenai hasil pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Bulukumba, Selasa, 28 September 2010.

Sebelum hari 'H' Pemilukada putaran kedua Agustus bulan lalu, juga sempat beredar isu pembakaran Pasar Sentral jika incumbent Sukri Sappewali yang berpasangan dengan Rasyid Sarehong kalah dari pasangan Zainuddin Hasan-Syamsuddin.

''Sudah lama kami selalu diliputi keresahan, karena selalu beredar isu pembakaran pasar,'' kata salah seorang pedagang Pasar Sentral yang mengaku sudah mengosongkan lodsnya sejak beberapa hari lalu.

Mengenai terbakarnya sejumlah lapak di Pasar Dampang, Kecamatan Gantarang, Rabu dinihari, 29 September 2010, Patedduri, salah seorang pedagang yang tinggal di kompleks pasar tersebut mengatakan mereka tidak tahu-menahu apa alasan oknum warga sehingga melakukan pengrusakan.

Situs Harian Tribun Timur Makassar, www.tribuntimur.com, Kamis, 30 September 2010, memberitakan, tempat jualan yang jadi sasaran umumnya di lokasi penjual ikan, daging, dan sayur mayur. Akibatnya, para pedagang tidak bisa menggelar dagangannya pada Rabu siang.

Karena masih was-was, sebagian besar pedagang di pasar itu, bahkan tidak beraktivitas, kemarin. Seperti penjual barang campuran, pakaian, dan bahan makanan yang menempati lods.

Ruko di sisi kanan, kiri, dan depan pasar juga memilih tutup. Kecuali Bank BRI tetap beraktivitas seperti biasa.

Salah seorang warga, Irwan, berharap pihak kepolisian melakukan penjagaan khusus dan mengungkap pelaku pengrusakan.

"Warga cemas, karena ada isu pembakaran pasar. Apalagi setelah ada pengrusakan lapak. Polisi harus menangkap pelaku dan pemerintah setempat tidak boleh tinggal diam," kata Irwan.

Warga menduga, pelaku bukan orang luar Desa Dampang. Mereka menduga, terkait pilkada.

"Warga tidak boleh berbuat anarkis, karena pasar tidak ada kaitannya dengan pilkada," kata Irwan.

Wati, pedagang lapak, menyatakan dirinya baru tahu lapak dagangannya dirusak pada pagi hari. Meskipun menetap dekat pasar, dia tidak mendengar aksi pengrusakan. Malam kejadian, ada pesta tidak jauh dari lokasi pasar.

"Saya perkirakan terjadi subuh. Makanya, saya dan warga tidak tahu siapa yang melakukannya," kata Wati, seperti diberitakan harian Fajar Makassar, Kamis, 30 September 2010.

Tim Aspirasi Minta Diproses Hukum

Sementara itu, juru bicara tim pasangan calon AM Sukri Sappewali-Abd Rasyid Sarehong (Aspirasi), Ahmad Gazali, membantah rumor yang beredar bahwa pengrusakan itu dilakukan pendukung Aspirasi. Ia bahkan meminta pelaku diproses secara hukum.

"Polisi harus mengungkap pelakunya dan memberi sanksi sesuai hukum yang berlaku. Pak Sukri tidak pernah memerintahkan melakukan perusakan, apalagi sarana umum," kata Ahmad Gazali.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bulukumba, AKBP Arif Rahman mengklarifikasi, kejadian tersebut tidak ada hubungannya dengan hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan sengketa Pemilukada. Kejadian tersebut, kata Arif Rahman murni tindakan kriminal. Kesimpulan sementara polisi, pelaku pengrusakan kemungkinan dipicu pengaruh alkohol.

"Jangan dibawa-bawa ke masalah pemilukada. Ini hanya tindakan kriminal biasa yang mungkin dilakukan orang mabuk," kata Arif Rahman. Arif Rahman menegaskan pihaknya tetap akan menyelidiki kasus ini. (asnawin)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…