Langsung ke konten utama

Penduduk Bulukumba Didominasi Perempuan

Penduduk Bulukumba Didominasi Perempuan

Harian Seputar Indonesia Sulawesi Selatan
Wednesday, 22 September 2010
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=352322.

BULUKUMBA (SINDO) – Badan Pusat Statistik (BPS) Bulukumba menyatakan, jumlah penduduk Bulukumba 2010 mencapai 394.757 orang. Dari jumlah tersebut didominasi perempuan yang mencapai 208.108 orang, sementara penduduk yang berjenis kelamin laki-laki hanya 186.649 orang.

Dengan jumlah tersebut, persentase rasio jenis kelamin penduduk perempuan mencapai 90%, sementara laki-laki hanya 10% lebih atau setiap 100 perempuan terdapat 10 laki-laki.

Rasio jenis kelamin terbesar terdapat di Kecamatan Kindang 95% dan yang terkecil di Kecamatan Bonto Tiro yang hanya 78%.Menyusul Ujung Bulu 93%, Gantarang 92%, Kajang, 91%, Ujung Loe 90%, Herlang 83%, dan Bonto Bahari 82%.

Kepala BPS Bulukumba Yunus mengatakan, tingginya jumlah penduduk perempuan ini dipengaruhi banyaknya penduduk laki-laki yang bekerja di luar daerah. Misalnya menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) atau melanjutkan pendidikan ke daerah lain, terutama di Makassar.

“Dua faktor tersebut mengakibatkan jumlah penduduk didominasi perempuan. Ini diketahui setelah petugas melakukan sensus penduduk,” katanya saat ditemui di kantor dia kemarin.

Secara keseluruhan jumlah penduduk di Bulukumba berada di Kecamatan Gantarang mencapai 18%, Bulukumpa 12,82%, Ujung Bulu 12,17%, serta kecamatan lainnya hanya di
bawah 12%.Bonto Tiro dan Herlang merupakan kecamatan yang mendapat rating terendah jumlah penduduk dari delapan kecamatan lainnya.

“Warga yang ke luar daerah ini tidak lagi tercatat sebagai warga Bulukumba. Lewat enam bulan, warga tersebut tidak lagi tercatat di Catatan Sipil (Capil) sebagai warga di daerah ini. Ini menjadi tolak ukur sehingga penduduk cenderung terjadi angka penurunan,” katanya.

Dia mengatakan, terjadi jumlah penurunan laju pertumbuhan penduduk di berbagai kecamatan di wilayah Bulukumba.Penurunan ini bukan karena terjadinya kematian,tetapi banyak penduduk yang ke luar wilayah tersebut. (baharuddin)


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Ika Handayani mengatakan…
posting dong jumlah penduduk khusus kecamatan gantarang tahun 2005-2010..

terima kasih..
Asnawin Aminuddin mengatakan…
iye, mdh2an ada datanya.... trims...
prolima_communication mengatakan…
informasi jumlah penduduk, jumlah desa/kelurahan dan kode pos khusus Kecamatan Gantarang, baca dlm berita berjudul "Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba" di blog ini. Silakan klik : http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/2011/04/kecamatan-gatarang-kabupaten-bulukumba.html

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11) -------------------------- Kisah Ikan Duyung di Bulukumba Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup Harian Kompas (Kompas.com) K23-11 | yuli | Rabu, 20 April 2011 http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya. Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hing

Pahlawan Nasional dan Andi Sultan Daeng Radja

Andi Sultan Daeng Radja bersama tujuh orang lainnya telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI (Susilo Bambang Yudhoyono) Nomor 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006. Andi Sultan Daeng Radja secara diam-diam mengikuti Kongres Pemuda Indonesia, pada 28 Oktober 1928. Bersama Dr Ratulangi dan Andi Pangerang Pettarani, dirinya diutus sebagai wakil Sulawesi mengikuti rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Jakarta.

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin) ----------------------------- Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia. Kabupaten : Bulukumba 1. Kecamatan Bonto Bahari - 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571) - 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571) - 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571) - 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571) - 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571) - 6. Kelurahan/Desa Sapolohe -