Langsung ke konten utama

Babi Hutan Merajalela di Bulukumba

Babi Hutan Merajalela di Bulukumba

Babi hutan makin merajalela di Bulukumba. Binatang liar tersebut memakan buah-buahan dan tanam-tanaman, merusak padi dan tanaman lainnya, serta memakan binatang piaraan seperti ayam dan itik. Ratusan petani di beberapa kecamatan tak bisa berbuat banyak menghadapi babi hutan tersebut.

Jufri, salah seorang petani di Desa Swatani, Kecamatan Rilau Ale, mengatakan, para petani dibantu masyarakat setempat dan dipimpin kepala desa, sudah pernah melakukan perburuan babi hutan, tetapi hasilnya hampir nihil, karena babi hutan sulit ditemukan tempat persembunyiannya.

''Babi hutan itu sepertinya sudah tahu keberadaan kita, sehingga mereka sudah menghindar dan bersembunyi sebelum para petani menemukan mereka,'' katanya kepada pengelola blog kabupatenbulukumba.blogspot.com, di Makassar, Sabtu, 17 Oktober 2010.

Dia berharap instansi terkait segera turun-tangan membantu petani. Ia mengaku sudah menyarankan kepada sesamanya petani agar meracuni babi huta secara bersama-sama di kebun masing-masing, dengan cara memberi umpan makanan yang disukai babi hutan yang telah diberi racun babi.

''Saya kira cara itu lebih efektif daripada melakukan perburuan, karena babi-babi itu selain sulit ditemukan, juga belum tentu bisa dibunuh saat ditemukan, karena babi hutan melawan, jadi bisa membahayakan jiwa petani,'' tutur Jufri.

Kalau diburu pun, berarti babi hutan itu masih tetap ada dan kemungkinan hanya berpindah tempat, sehingga tetap mengganggu dan meresahkan petani.

Tahun 2009 lalu juga diberitakan bahwa para petani di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, resah karena kebun mereka dirusak oleh sekawanan babi hutan.

Babi hutan itu membuat petani mengurungkan niatnya untuk menanam ubi dan jagung yang biasa ditanam saat musim kemarau. Warga enggan menanam singkong dan jagung karena lebih banyak dirusak babi hutan. Jika dipaksakan, petani akan mengalami kerugian.

Areal pertanian yang menjadi tempat tinggal babi hutan di Kecamatan Bontobahari, antara lain Kelurahan Sapolohe, Benjala, Tanahlemo, dan Kelurahan Tanahberu. (asnawin)


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…