Langsung ke konten utama

Gadis Maluku Tulis Novel Tentang Orang Bugis



NOVEL BULUKUMBA. Sebuah novel yang mengisahkan tentang orang Bugis asal Kabupaten Bulukumba yang memilih menjadi pesepakbola profesional dari pada menjadi nelayan di kampungnya segera diluncurkan. Judulnya masih dirahasiakan. Penulisnya Jacqueline Fiore Tuwanakotta.

----------------------------

Gadis Maluku Tulis Novel Tentang Orang Bugis Bulukumba

Harian Tribun Timur, Makassar
Kamis, 7 Oktober 2010
http://www.tribun-timur.com/read/artikel/131359/Gadis-Maluku-Tulis-Novel

SEBUAH novel yang mengisahkan tentang orang Bugis asal Kabupaten Bulukumba yang memilih menjadi pesepakbola profesional dari pada menjadi nelayan di kampungnya segera diluncurkan. Judulnya masih dirahasiakan.

Peluncuran novel perdananya itu akan digelar di Universitas Hasanuddin, kampus Tamalanrea, Makassar, 12 November mendatang.

Yang menarik, penulis novel dengan tebal sekitar 200 halaman itu adalah seorang wanita berdarah Ambon. Namanya, Jacqueline Fiore Tuwanakotta. Sehari-hari ia bekerja sebagai pramugari di Garuda Indonesia Airlines (GIA) sejak 1996 lalu hingga sekarang.

Lajang kelahiran Bangka, 12 November 1975 ini rupanya tertarik menulis novel tentang pemuda Bugis tersebut rupanya didorong oleh ketertarikannya dengan kisah-kisah keunikan tentang pelaut Bugis dan perahu Pinisi.

"Cerita bahwa orang Bugis adalah pelaut ulung itu saya dengar sejak kecil dari orangtua saya sendiri. Tapi novel ini saya tulis sejak satu setengah tahun lalu. Saya menulisnya di sela-sela rutinitas kerja," ujar Jacqueline saat bertandang di kantor Tribun, Jl Cenderawasih, Makassar, Rabu (6/10) malam.

Untuk melengkapi data dan penggambaran pada novelnya itu, wanita pengagum Pramoedya Ananta Toer dan Tan Malaka ini menyempatkan bermukim di Bulukumba selama 10 hari, Agustus lalu.

"Di sana saya sempat berkunjung di kawasan pembuatan perahu pinisi, Desa Lemo, dan Desa Ammatoa di Kecamatan Kajang. Di sana saya banyak mendapat pelajaran dan pengetahuan tentang budaya mereka," tambah wanita yang telah berkunjung ke berbagai kota besar di dunia ini. (jumadi mappanganro)



[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…