Langsung ke konten utama

Pantai Bira (revisited), 2009


Keterangan gambar: Pasir putih Pantai Bira. (foto: dok. pribadi Ervita)



Pantai Bira (revisited), 2009

Oleh: Ervita





Mengunjungi kembali Pantai Bira yang cantik, tidak bosan-bosan rasanya kembali lagi ke pantai ini. Kali ini pantai sudah lebih bersih dari pada 4 tahun yang lalu. Jelas, pemerintah daerah Kabupaten Bulukumba sudah sadar akan potensi wisata daerahnya dan berhasil memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada untuk meningkatkan pendapatan daerah.



Keterangan gambar: Pintu menuju tangga untuk turun ke bibir pantai Tanjung Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. (foto: Ervita)


Walaupun masih dalam suasana libur lebaran, suasana pantai tidak terlalu ramai. Check in di Bira Beach Hotel, hotel terdekat dengan pantai dengan kamar berbentuk cottage, lengkap dengan AC dan air bersih. Tidak ada air panas, tetapi karena cuaca terik air menjadi hangat.

Pantai yang dangkal dan air yang jernih dan pasir yang putih halus membuat betah berenang berlama-lama. Untuk berkeliling pantai tersedia sewa perahu, baik perahu biasa atau boat tarifnya sama Rp. 30 ribu saja untuk 15 menit. Jadi, keduanya harus dicoba. Sewa ban tersedia dengan ongkos 10 ribu sepuasnya.



Keterangan gambar: Ervita saat berada di atas perahu bersama beberapa penumpang lain, di Tanjung Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. (foto: dok. pribadi Ervita)


Untuk makan cukup di restoran hotel saja, dengan menu masakan standar tetapi rasa cukup enak. Apapun yang dimakan dengan kondisi lapar dan lelah setelah seharian bermain di pantai dengan ditemani deburan air laut dan hembusan angin pantai, pasti terasa lebih enak.

Kondisi pantai yang tenang, karena ombak tertahan oleh dua pulau di depan pantai, yaitu pulau Liukang dan pulau Kambing membuat jalan-jalan di pantai sampai malam tidak menakutkan.

Esok paginya acara main air di pantai dilanjutkan, karena kondisi air yang surut kami menyewa perahu boat dan snorkling agak ke tengah laut. Untuk ke pulau Liukang yang paling dekat tarifnya 250 ribu pulang pergi sampai puas, tetapi karena hanya ingin snorkling selama sekitar 30 menit harga ditawar menjadi 100 ribu, sekaligus dengan pelampung dan alat snorkling. Dan oh my God, hanya di kedalaman tidak sampai 1,5 meter bisa melihat pemandangan laut yang cantik. Maklum deh baru pertama kali ini berani snorkling...hehe..
So, Pantai Bira, I'll be back!!



Keterangan gambar: Penjual es krim di pantai Tanjung Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. (foto: Ervita)


Info Umum tentang Pantai Bira : http://liburan.info/content/view/977/43/lang,indonesian/
Tanjung Bira terletak sekitar 40 km dari ibukota Bulukumba, atau 200 km dari Kota Makassar. Perjalanan dari Kota Makassar ke Kota Bulukumba dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum berupa mobil Kijang, Panther, atau Innova dengan tarif sebesar Rp. 35.000,-. Selanjutnya, dari Kota Bulukumba ke Tanjung Bira dapat ditempuh dengan menggunakan mobil pete'-pete' (mikrolet) dengan tarif berkisar antara Rp. 8.000,- sampai – Rp. 10.000,-. Total waktu perjalanan dari Kota Makassar ke Tanjung Bira sekitar 3,5 – 4 jam.



Keterangan gambar: Ervita saat berada di pantai Tanjung Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. (foto: dok. pribadi Ervita)


Keterangan:
- Feature ini dibuat oleh Ervita dalam blog http://ervita.multiply.com/photos/album/189#, pada 7 Oktober 2009.
- Saya tertarik memuat ulang di blog ini karena tulisannya cukup bagus dan didukung dengan sejumlah foto.
- Saya sudah meminta izin kepada Ervita melalui komentar di blognya.


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

ambasador tour mengatakan…
wah mantapppppp .... untuk jasa transportasinya contact Rental Mobil Makassar 085342633633 atau email --- sulawesirentcar@gmail.com, terima kasih

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…