Langsung ke konten utama

Pantai Bira (revisited), 2009


Keterangan gambar: Pasir putih Pantai Bira. (foto: dok. pribadi Ervita)



Pantai Bira (revisited), 2009

Oleh: Ervita





Mengunjungi kembali Pantai Bira yang cantik, tidak bosan-bosan rasanya kembali lagi ke pantai ini. Kali ini pantai sudah lebih bersih dari pada 4 tahun yang lalu. Jelas, pemerintah daerah Kabupaten Bulukumba sudah sadar akan potensi wisata daerahnya dan berhasil memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada untuk meningkatkan pendapatan daerah.



Keterangan gambar: Pintu menuju tangga untuk turun ke bibir pantai Tanjung Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. (foto: Ervita)


Walaupun masih dalam suasana libur lebaran, suasana pantai tidak terlalu ramai. Check in di Bira Beach Hotel, hotel terdekat dengan pantai dengan kamar berbentuk cottage, lengkap dengan AC dan air bersih. Tidak ada air panas, tetapi karena cuaca terik air menjadi hangat.

Pantai yang dangkal dan air yang jernih dan pasir yang putih halus membuat betah berenang berlama-lama. Untuk berkeliling pantai tersedia sewa perahu, baik perahu biasa atau boat tarifnya sama Rp. 30 ribu saja untuk 15 menit. Jadi, keduanya harus dicoba. Sewa ban tersedia dengan ongkos 10 ribu sepuasnya.



Keterangan gambar: Ervita saat berada di atas perahu bersama beberapa penumpang lain, di Tanjung Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. (foto: dok. pribadi Ervita)


Untuk makan cukup di restoran hotel saja, dengan menu masakan standar tetapi rasa cukup enak. Apapun yang dimakan dengan kondisi lapar dan lelah setelah seharian bermain di pantai dengan ditemani deburan air laut dan hembusan angin pantai, pasti terasa lebih enak.

Kondisi pantai yang tenang, karena ombak tertahan oleh dua pulau di depan pantai, yaitu pulau Liukang dan pulau Kambing membuat jalan-jalan di pantai sampai malam tidak menakutkan.

Esok paginya acara main air di pantai dilanjutkan, karena kondisi air yang surut kami menyewa perahu boat dan snorkling agak ke tengah laut. Untuk ke pulau Liukang yang paling dekat tarifnya 250 ribu pulang pergi sampai puas, tetapi karena hanya ingin snorkling selama sekitar 30 menit harga ditawar menjadi 100 ribu, sekaligus dengan pelampung dan alat snorkling. Dan oh my God, hanya di kedalaman tidak sampai 1,5 meter bisa melihat pemandangan laut yang cantik. Maklum deh baru pertama kali ini berani snorkling...hehe..
So, Pantai Bira, I'll be back!!



Keterangan gambar: Penjual es krim di pantai Tanjung Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. (foto: Ervita)


Info Umum tentang Pantai Bira : http://liburan.info/content/view/977/43/lang,indonesian/
Tanjung Bira terletak sekitar 40 km dari ibukota Bulukumba, atau 200 km dari Kota Makassar. Perjalanan dari Kota Makassar ke Kota Bulukumba dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum berupa mobil Kijang, Panther, atau Innova dengan tarif sebesar Rp. 35.000,-. Selanjutnya, dari Kota Bulukumba ke Tanjung Bira dapat ditempuh dengan menggunakan mobil pete'-pete' (mikrolet) dengan tarif berkisar antara Rp. 8.000,- sampai – Rp. 10.000,-. Total waktu perjalanan dari Kota Makassar ke Tanjung Bira sekitar 3,5 – 4 jam.



Keterangan gambar: Ervita saat berada di pantai Tanjung Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. (foto: dok. pribadi Ervita)


Keterangan:
- Feature ini dibuat oleh Ervita dalam blog http://ervita.multiply.com/photos/album/189#, pada 7 Oktober 2009.
- Saya tertarik memuat ulang di blog ini karena tulisannya cukup bagus dan didukung dengan sejumlah foto.
- Saya sudah meminta izin kepada Ervita melalui komentar di blognya.


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

ambasador tour mengatakan…
wah mantapppppp .... untuk jasa transportasinya contact Rental Mobil Makassar 085342633633 atau email --- sulawesirentcar@gmail.com, terima kasih

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11) -------------------------- Kisah Ikan Duyung di Bulukumba Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup Harian Kompas (Kompas.com) K23-11 | yuli | Rabu, 20 April 2011 http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya. Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hing

Pahlawan Nasional dan Andi Sultan Daeng Radja

Andi Sultan Daeng Radja bersama tujuh orang lainnya telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI (Susilo Bambang Yudhoyono) Nomor 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006. Andi Sultan Daeng Radja secara diam-diam mengikuti Kongres Pemuda Indonesia, pada 28 Oktober 1928. Bersama Dr Ratulangi dan Andi Pangerang Pettarani, dirinya diutus sebagai wakil Sulawesi mengikuti rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Jakarta.

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin) ----------------------------- Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia. Kabupaten : Bulukumba 1. Kecamatan Bonto Bahari - 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571) - 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571) - 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571) - 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571) - 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571) - 6. Kelurahan/Desa Sapolohe -