Langsung ke konten utama

Pemprov Segera Benahi Pelabuhan Bira Bulukumba

Pemprov Segera Benahi Pelabuhan Bira Bulukumba

Majalah Makassar Terkini
Sabtu, 30 Oktober 2010
http://www.makassarterkini.com/index.php?option=com_content

MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel akan memperbaiki Pelabuhan Penyeberangan Bira di Kabupaten Bulukumba yang kondisinya tidak laik operasi. Pasalnya, kolam pelabuhan kini mengalami pendangkalan.

Anggota Komisi D DPRD Sulsel Ince Langke mengatakan, Pelabuhan Bira diarahkan menjadi gerbang Sulsel di wilayah selatan yang menghubungkannya dengan sejumlah provinsi di Indonesia timur.

Pemprov telah mengajukan permohonan bantuan APBN Rp 20 miliar untuk pembenahan pelabuhan. Dana tersebut akan digunakan untuk pengerukan dan memperdalam kolam pelabuhan yang kini sulit disandari feri ketika terjadi surut air laut.

Selain itu, Pemprov mengajukan anggaran perencanaan perbaikan yang tertuang dalam usulan di APBD Perubahan 2010 sebesar Rp 200 juta.

“Pendanaan perbaikan pelabuhan ini ada dua sumber, khusus APBN difokuskan pada perbaikan pelabuhan di wilayah lautan dengan memperbaiki tanggul pengaman, mengeruk kolam dermaga supaya kapal mudah berlabuh,” ungkapnya kemarin.

Wilayah daratan menjadi tanggung jawab Pemprov mengelola tanah seluas enam hektare (ha) dengan membangun areal parkir, tempat peristirahatan, serta tempat peribadatan.

Ince Langke mengungkapkan, perbaikan dermaga ini mendesak dilakukan. Kondisi pelabuhan saat ini sangat menghambat proses pelayaran kapal dan akses penumpang, baik dari Kepulauan Selayar maupun Provinsi Sulawesi Tenggara, NTT,dan NTB. Untuk merapat ke dermaga, terkadang kapal feri harus menunggu hingga air pasang dan kondisi kedalaman kolam memenuhi syarat untuk disandari kapal.

“Di sana kapal tiba pukul 14.00 Wita nanti pada pukul 21.00 Wita baru penumpang bisa turun.Itu karena kondisi air yang surut dan semakin tingginya pendangkalan di areal dermaga,” paparnya.

Kendati kerap terkendala masalah pendaratan, aktivitas masyarakat yang menggunakan dermaga itu per hari mencapai 500 orang dengan pelayan kapal feri dua kali sehari. Perbaikan diharapkan bisa dilakukan awal 2011. (SI-suwarny dammar)


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…