Langsung ke konten utama

Tanjung Bira Bulukumba Butuh Rp 42 Miliar



Pelabuhan penyeberangan Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, mendapatkan pos anggaran Rp 42 miliar dari APBN 2011. Anggaran tersebut akan digunakan untuk pengerukan kolam dan tanggul penahan ombak di pelabuhan yang menghubungkan pulau Sulawesi dengan pulau Selayar. (int)




Tanjung Bira Bulukumba Butuh Rp 42 Miliar

Laporan: Antara
Sabtu, 30 Oktober 2010

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Pelabuhan penyeberangan Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, mendapatkan pos anggaran Rp 42 miliar dari APBN 2011.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Sulawesi Selatan, Masykur A Sulthan, di Makassar, Sabtu, mengatakan, anggaran tersebut akan digunakan untuk pengerukan kolam dan tanggul penahan ombak di pelabuhan yang menghubungkan pulau Sulawesi dengan pulau Selayar.

Kondisi pelabuhan yang juga melayani arus barang ke Kawasan Timur Indonesia tersebut mengalami pendangkalan, sehingga pada saat air laut surut kapal tidak bisa masuk kedalam kolam dermaga.

Masykur menyebut, Pelabuhan Bira mengalami pendangkalan sekitar 2-3 meter, sehingga saat air surut kedalaman kolam cuma sekitar 2 meter.

Ia menyebut, pada 1996 lalu kedalaman kolam setelah dikeruk oleh Jepang (JICA) mencapai 4,5 meter namun terus mengalami pendangkalan akibat faktor alam.

Pendangkalan terjadi karena ombak air laut yang mendorong lumpur masuk dalam kolam, serta air hujan yang membawa tanah dan sampah masuk ke dalam kolam.

Untuk menahan ombak yang membawa lumpur akan dibangun tanggul di luar dermaga yang panjangnya sekitar 1 kilometer.

Mantan Kepala Badan Penanganan Amdal Daerah Sulsel ini menyebut, untuk pembangunan area terminal pelabuhan, juga akan dianggarkan di APBD Sulsel 2011.

Sedangkan untuk penambahan panjang dermaga, ia mengemukakan, baru akan dirancang setelah pengerukan dan tanggul selesai.

Sementara, anggota Komisi D DPRD Sulsel asal Selayar, Ince Langke, mengatakan, pengerukan pelabuhan bira sangat mendesak dilakukan karena kapal hanya bisa masuk saat air laut pasang.

Saat ini, ada tiga kapal feri yang setiap hari hilir-mudik di Pelabuhan Bira yakni, kapal Bontoharu, Belida, dan Pangke Padang, rata-rata mampu mengangkut 400 penumpang dan 20 kendaraan roda empat.(*)


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…