Langsung ke konten utama

Tanjung Bira Bulukumba Butuh Rp 42 Miliar



Pelabuhan penyeberangan Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, mendapatkan pos anggaran Rp 42 miliar dari APBN 2011. Anggaran tersebut akan digunakan untuk pengerukan kolam dan tanggul penahan ombak di pelabuhan yang menghubungkan pulau Sulawesi dengan pulau Selayar. (int)




Tanjung Bira Bulukumba Butuh Rp 42 Miliar

Laporan: Antara
Sabtu, 30 Oktober 2010

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Pelabuhan penyeberangan Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, mendapatkan pos anggaran Rp 42 miliar dari APBN 2011.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Sulawesi Selatan, Masykur A Sulthan, di Makassar, Sabtu, mengatakan, anggaran tersebut akan digunakan untuk pengerukan kolam dan tanggul penahan ombak di pelabuhan yang menghubungkan pulau Sulawesi dengan pulau Selayar.

Kondisi pelabuhan yang juga melayani arus barang ke Kawasan Timur Indonesia tersebut mengalami pendangkalan, sehingga pada saat air laut surut kapal tidak bisa masuk kedalam kolam dermaga.

Masykur menyebut, Pelabuhan Bira mengalami pendangkalan sekitar 2-3 meter, sehingga saat air surut kedalaman kolam cuma sekitar 2 meter.

Ia menyebut, pada 1996 lalu kedalaman kolam setelah dikeruk oleh Jepang (JICA) mencapai 4,5 meter namun terus mengalami pendangkalan akibat faktor alam.

Pendangkalan terjadi karena ombak air laut yang mendorong lumpur masuk dalam kolam, serta air hujan yang membawa tanah dan sampah masuk ke dalam kolam.

Untuk menahan ombak yang membawa lumpur akan dibangun tanggul di luar dermaga yang panjangnya sekitar 1 kilometer.

Mantan Kepala Badan Penanganan Amdal Daerah Sulsel ini menyebut, untuk pembangunan area terminal pelabuhan, juga akan dianggarkan di APBD Sulsel 2011.

Sedangkan untuk penambahan panjang dermaga, ia mengemukakan, baru akan dirancang setelah pengerukan dan tanggul selesai.

Sementara, anggota Komisi D DPRD Sulsel asal Selayar, Ince Langke, mengatakan, pengerukan pelabuhan bira sangat mendesak dilakukan karena kapal hanya bisa masuk saat air laut pasang.

Saat ini, ada tiga kapal feri yang setiap hari hilir-mudik di Pelabuhan Bira yakni, kapal Bontoharu, Belida, dan Pangke Padang, rata-rata mampu mengangkut 400 penumpang dan 20 kendaraan roda empat.(*)


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11) -------------------------- Kisah Ikan Duyung di Bulukumba Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup Harian Kompas (Kompas.com) K23-11 | yuli | Rabu, 20 April 2011 http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya. Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hing

Pahlawan Nasional dan Andi Sultan Daeng Radja

Andi Sultan Daeng Radja bersama tujuh orang lainnya telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI (Susilo Bambang Yudhoyono) Nomor 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006. Andi Sultan Daeng Radja secara diam-diam mengikuti Kongres Pemuda Indonesia, pada 28 Oktober 1928. Bersama Dr Ratulangi dan Andi Pangerang Pettarani, dirinya diutus sebagai wakil Sulawesi mengikuti rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Jakarta.

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin) ----------------------------- Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia. Kabupaten : Bulukumba 1. Kecamatan Bonto Bahari - 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571) - 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571) - 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571) - 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571) - 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571) - 6. Kelurahan/Desa Sapolohe -