Langsung ke konten utama

Rasakan Nuansa Bulukumba di Festival Phinisi 2010



Pemkab Bulukumba, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, bersama even organizer (EO) Makassar Promosindo diwakili Direktur Ahmadi, Kamis, 14 Oktober 2010, telah melakukan rapat pemantapan untuk pelaksanaan Festival Phinisi, pada 22 - 25 Oktober 2010.




Citizen Reporter:
Rasakan Nuansa Bulukumba di Festival Phinisi 2010



Laporan: Ardiansya Ardi, Staf Humas Pemkab Bulukumba

Harian Tribun Timur, Makassar
Kamis, 14 Oktober 2010
http://www.tribun-timur.com/read/artikel/132593/Citizen_Reporter_Rasakan_Nuansa_Bulukumba_di_Festival_Bulukumba_2010

BULUKUMBA, TRIBUN-TIMUR.COM - Pemkab Bulukumba, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, bersama even organizer (EO) Makassar Promosindo diwakili Direktur Ahmadi, Kamis, 14 Oktober 2010, telah melakukan rapat pemantapan untuk pelaksanaan Festival Phinisi.

Bertugas sebagai ketua panitia dan wakil ketua ditunjuk Sekkab Bulukumba A Untung Pangki, Asisten I Ekonomi Pembangunan A Mahrus Andis, Asisten Administrasi Pemerintahan II A Irwan Idjo, dan Asisten administrasi umum III, serta sekretaris panitia Andi Bahagia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bulukumba, Andi Bahagia Amin mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dan publikasi kepada masyarakat.

"Tugas panitia antara lain bertanggung jawab pada bidang administrasi, koordinasi dan konsultasi dengan pihak lain pada seluruh rangkaian kegiatan festival ini,'' katanya.

Acara ini didukung oleh berbagai bidang di antaranya bidang akomodasi, dana, acara, penjemputan kesenian lomba-lomba, pameran potensi dan kuliner, serta humas dan kebersihan.

Pihak even organiser di depan panitia dan peserta rapat menjelaskan, adapun jadwal kegiatan Festival Phinisi yakni bertempat Kawasan Wisata Pantai Bira, Kawasan Ammatoa Kajang, Desa Nelayan Pantai Kalumeme, serta Kawasan Pembuatan Perahu Pinisi Tanah Beru, pada 22 - 25 Oktober 2010.

Acara ini akan dihadiri Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI diwakili Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri RI, serta Gubernur Sulsel beserta rombongan. Mereka akan disambut dengan pengalungan bunga, dan tabuhan gendang. Ada juga penampilan tarian tradisional Bulukumba (Salonreng dan Pabbitte Passapu), serta tari nelayan, Pembacaan Puisi dengan Visualisasi tentang potensi pariwisata Kabupaten Bulukumba, dan laporan Bupati Bulukumba.

Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri juga akan tampil membawakan kata sambutan. Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo akan membuka secara resmi penyelenggaraan Festival Phinisi 2010, ditandai dengan penandatanganan piagam pembukaan dan pemukulan tiga gendang, masing-masing Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, Gubernur Sulsel, dan Bupati Bulukumba.

Sebanyak 150 pengrajin perahu phinisi akan memperlihatkan kepiawaiannya dalam membuat miniatur perahu phinisi dari keping-kepingan kayu dan lempengan badan perahu sampai terbentuknya miniatur perahu phinisi yang utuh.

Sedangkan untuk Bulukumba Expo, akan dilaksanakan di lapangan tenis kawasan Pantai Bira, diikuti oleh instansi pemerintah dan swasta se-Sulawesi Selatan, khususnya Kabupaten Bulukumba dan sekitarnya.

Bulukumba Expo menampilkan berbagai perkembangan dan kemajuan pembangunan dari berbagai sektor antara lain: pariwisata, perdagangan, industri, pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan dan kelautan, perhubungan dan jasa, serta berbagai produk kuliner, kerajinan tangan dan industri kreatif. (*)


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…