Langsung ke konten utama

Tunggakan Listrik Rp 1,7 Miliar

Tunggakan Listrik Rp 1,7 Miliar

Harian Fajar, Makassar
Kamis, 28 Oktober 2010
http://lokalnews.fajar.co.id/read/108462/123/tunggakan-listrik-rp17-miliar

BULUKUMBA -- Tunggakan listrik di PLN Cabang Bulukumba ternyata tidak sedikit. Dari empat kabupaten yang mendapatkan suplai, yakni Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, dan Sinjai tunggakan pembayaran mencapai Rp 1,7 miliar.

Jumlah tersebut tersebar pada pelanggan yang mencapai 149 ribu sambungan. Khusus di Bulukumba yang dilayani PLN Ranting Panrita Lopi, dari 57 ribu sambungan, tunggakan mencapai Rp 400 juta.

Dari jumlah tersebut, tunggakan pelanggan umum sekira Rp 240 juta. Sementara tunggakan untuk instansi pemerintah, baik eksekutif maupun legislatif sekira Rp 160 juta.

Manajer PLN Cabang Bulukumba, Wawan Gunawan menyayangkan tingginya jumlah tunggakan ini. Padahal, kata dia, PLN terus menggencarkan penagihan terhadap pelanggan yang sudah menunggak hingga tiga bulan. Bahkan tidak jarang beberapa pelanggan harus mendapat sanksi pemutusan lantaran tidak mengindahkan surat peringatan penagihan yang dikeluarkan PLN. Termasuk instansi pemerintah yang juga banyak memiliki tunggakan, Wawan mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan surat peringatan untuk segera dilunasi.

"Memang cukup besar tunggakan listrik saat ini. Kami kerepotan dengan tingginya jumlah tunggakan seperti ini,” katanya.

Kalau istansi pemerintah, lanjut dia, PLN tidak akan memberikan toleransi untuk pelunasan. Bahkan, pihaknya sudah melakukan pendekatan agar segera tersedia anggaran untuk pelunasan ini.

“Yah sekarang kita tinggal tunggu saja, karena terus terang instansi pemerintah seperti kantor daerah dan kantor DPRD sudah menunggak sekira dua atau tiga bulan terakhir ini," ujar Wawan usai menghadiri acara gerakan sejuta sambungan dalam rangkaian Hari Listrik Nasional, Rabu, 27 Oktober.

Wawan mengatakan, salah satu upaya menekan tingginya tunggakan saat ini, yakni terus mensosialisasikan sambungan listrik pra bayar. Bahkan khusus Bulukumba, sejak diluncurkan beberapa bulan lalu, pelanggannya sudah ada seribu sambungan.

Dari jumlah itu, sekira 800 sambungan listrik pra bayar di antaranya termasuk dalam gerakan sejuta sambungan. Selain PLN Cabang Bulukumba juga menambah sebanyak 1.030 sambungan baru atau sambungan listrik yang dimanfaatkan masyarakat selama ini.

"Harapannya ini akan menjadi tren baru sehingga tidak ada lagi pelanggan yang menunggak listrik,” katanya.

Sebab, kata dia, program tersebut tidak hanya menghindari tunggakan, tetapi juga memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk mengatur sendiri pemakaiannya. Selain itu, tidak akan ada lagi pemutusan karena tidak adanya risiko tunggakan.

“Ini tetap kami sosialisasikan kepada sekira 92.338 rumah tangga yang membutuhkan listrik. Meskipun 62 persen di antaranya sudah memiliki sambungan," tambahnya.

Sementara itu, soal tunggakan listrik, Kepala Bagian Keuangan Pemkab Bulukumba, Andi Nurdiana tidak membantahnya. Hanya saja, dia tidak mau dipersalahkan. Pasalnya, tunggakan tersebut, kata dia, lantaran terjadi pemotongan anggaran akibat pelaksanaan pemilukada beberapa waktu lalu. Akibatnya, anggaran berkurang dari sebelumnya cukup untuk satu tahun ternyata tidak bisa lagi membiayai semua kebutuhan daerah hingga akhir tahun. Hal itu menyebabkan sekretariat daerah terpaksa menunggak karena tidak ada pilihan lain.

"Tapi kami sudah pikirkan. Itu jelas utang dan harus kami lunasi. Makanya, rencana beban listrik ini akan kami masukkan sebagai salah satu item pembiayaan pada anggaran perubahan yang akan segera dibahas DPRD dalam waktu dekat ini,” katanya. (arm)


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…