Langsung ke konten utama

Warga Tanami Halaman SD dengan Cengkeh

Penanaman pohon pada fasilitas umum kembali terjadi di Kabupaten Bulukumba. Warga yang mengklaim ahli waris pemilik tanah menanam pohon cengkeh di halaman Sekolah Dasar Inpres (SDI) di Desa Bonto Haru, Kecamatan Rilau Ale, Bulukumba, Senin, 4 Oktober 2010.



Warga Tanami Halaman SD dengan Cengkeh

Harian Tribun Timur
Selasa, 5 Oktober 2010
http://www.tribun-timur.com/read/artikel/131005/Warga_Tanami_Halaman_SD_dengan_Cengkeh

Bulukumba, Tribun - Penanaman pohon pada fasilitas umum kembali terjadi di Kabupaten Bulukumba. Warga yang mengklaim ahli waris pemilik tanah menanam pohon cengkeh di halaman Sekolah Dasar Inpres (SDI) di Desa Bonto Haru, Kecamatan Rilau Ale, Bulukumba, Senin, 4 Oktober 2010.

Penanaman itu dilakukan pihak Hasanuddin. Ia mengklaim tanah yang dibanguni gedung sekolah tersebut masih milik orang tua sebelumnya. tanaha itu disebutkan telah dihibahkan sejak tahun 1988.

Sebagai persyaratannya, sebagian anak dan keluarga Hasanuddin akan diangkat menjadi tenaga pengajar PNS di tempat itu. Namun hingga saat ini, pengangkatan sebagai tenaga guru dan bujang sekolah tdak pernah ditepati pemerintah setempat.

"Kami menanami pohon cengkeh bagian halaman ini karena tanah ini tanah saya dan kesepakatan yang dilakukan oleh pihak pemerintah pada tahun 1988 tidak pernah terpenuhi hingga saat ini," kata anggota Komisi A DPRD Bulukumba Tamsir menirukan perkataan pihak pemilik tanah, kemarin.

Aksi penanaman di halama sekolah itu telah berlangsung sejak tanggal 24 Agustus lalu. Saat ini, pihak Hasanuddin tengah menggali lobang di bagian pintu masuk di sekolah tersebut.

Namun, aksi warga itu tidak menghalangi pelajar di sekolah itu menimba ilmu. Murid dan guru yang tidak bisa masuk di pintu depan, terpaksa masuk lewat pekarangan samping sekolah.

Pihak Hasanuddin mengaku akan terus melakukan penanaman pohon cengkeh di lokasi tersebut sampai pihak pemerintah setempat melunasi tanah yang diklaim miliknya itu.

"Hasanuddin tidak akan menghentikan aksinya sampai pemerintah bersedia melunasi tanah itu," kata Syamsul, Mantan Kepala Dusun, Bonto Haru, kamarin siang.

Aksi Serupa

Sebelumnya aksi yang sama juga pernah terjadi di Dusun Ganta, Desa Bonto Biraeng, Kecamatan Kajang. Warga dari pihak Asia melakukan penutupan tiga lokasi gedung sekolah yang masih satu kompleks tersebut yakni SMPN 4 Garanta, SDN 108, dan SDN 251.

Aksi penyegelan juga terjadi di SD dan SMPN 43 di Desa Mattirowalie, Kecamatan Kindang. Saat itu sekolah tersebut disegel warga bernama Megawati. Dari sejumlah kasus tersebut hingga tahun ini belum ada yang diselesaikan pembayarannya oleh pemerintah.

Ketua Komisi A DPRD Bulukumba Syahrir Sahib meminta Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba terpilih untuk segera menyelesaikan masalah tersebut.

"Bupati Bulukumba yang terpilih harus menyelesaikan sengketa itu, baik berupa sekolah maupun lapangan olahraga dan Pemkab berkewajiban membayarkan tanah yg diklaim warga jika telah mempunyai bukti kepemilikan yang sah secara hukum. Sebaliknya pula Pemkab tidak boleh membiarkan masalah itu diklaim jika tidak mempunyai bukti yang jelas," kata Syahrir Sahib.

Pemkab Lihat Secara Hukum

KEPALA Bagian Hukum Pemkab Bulukumba Ali Saleng mengatakan dari sejumlah persoalan klaim tanah yang dilakukan oleh pihak warga di daerah itu akan ditandaklanjutinya secara hukum.

"Jelas dari semua permasalahan ini, akan diktindak lanjuti secara hukum dengan dilihat dari bukti kepemilikan warga yang mengklaim tanah lokasi dibanguni sekolah," kata mantan Kabag Humas Bulukumba itu.(smb)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…