Langsung ke konten utama

12.000 Hektare Sawah Hampir Pasti Kering di Bulukumba


SAWAH. Sekitar 12.000 hektare di Kabupaten Bulukumba hampir pasti mengalami kekeringan dan gagal panen tahun 2011 mendatang. Wilayah itu berada di dua kecataman di Butta Panrita Lopi Bulukumba yakni di Kecamatan Gantarang, dan Kecamatan Ujung Bulu. Illustrasi foto direkam dari http://ustadzklimat.blogspot.com/2009/06/hubungan-antara-iklim-dan-tanaman.html.





--------------------------------------------------------


12.000 Hektare Sawah Hampir Pasti Kering di Bulukumba

Laporan: Syamsul Bahri
Harian Tribun Timur (http://www.tribun-timur.com/read/artikel/138940/12.000_Hektare_Sawah_Hampir_Pasti_Kering_di_Bulukumba)
Senin, 29 November 2010

BULUKUMBA, TRIBUN-TIMUR.COM -- Sekitar 12.000 hektare di Kabupaten Bulukumba hampir pasti mengalami kekeringan dan gagal penen tahun 2011 mendatang. Wilayah itu berada di dua kecataman di Butta Panrita Lopi Bulukumba yakni di Kecamatan Gantarang, dan Kecamatan Ujung Bulu.

Dua daerah tersebut memiliki areal persawahan yang terluas di daerah itu yakni khusus wilayah Gantarang kurang lebih 8000 hektare dan di Ujung Bulu lebih 3000 hektare lebih. Kesemuanya itu petani terancam gagal bersawah dan gagal panen padi.

Hal tersebut diakibatkan karena air Sungai Bialo dibendung oleh pihak Pemkab Bantaeng dan selanjutnya dialirkan ke wilayah Tompobulu dan Layoa, Pajukukang untuk mengaliri areal persawahan warga di daerah tersebut dan sisanya dijadikan sebagai sumber air minum.

"Warga tani disini sudah hampir pasti akan gagal panen karena daerah aliran sungai Bialo milik Bulukumba telah terpotong oleh pihak pengairan Bantaeng," kata A Ariyadi, Camat Gantarang, yang ditemui Tribun di lokasi pemotongan air sungai di Dusun Batu Mesong, Desa Patteneteang, Kecamatan Tompobulu, Bantaeng.

Diungkapkan oleh Ariayadi bahwa warga yang terancam mengalami kekeringan itu yang terdapat di 17 desa dan kelurahan di Gantarang telah mengetahuinya dan telah beberapa kali akan melakukan aksi pengerusakan saluran air yang tengah dikerjakan oleh pihak Sungai Jeneberang Sulsel untuk kebutuhan air bagi warga Bantaeng.

Namun rencana aksi tersebut masih bisa dibendung oleh camat Gantarang itu, dan mengajaknya warga untuk bisa mencari solusi lainnya.

"Warga telah berkali-kali mencoba melakukan aksi anarkis karena mereka telah mengetahui jika air Sungai Bialo dialikan ke Bantaeng itu maka akan terjadi kekeringan di Gantarang dan sebagian Ujung Bulu," kata mantan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Mare, Kabupaten Bone ini.

Diungkapnya bahwa lambat laun jika proyek pekerjaan pengalihan alira sungai ke Bantaeng itu maka dikhawatirkan gejolak warga tani tidak dapat terhindarkan.

"Itu telah pasti dan gejolak warga karena ini masalah perut," ingatnya Ariayadi.

Di tempat yang sama A Hamzah Pangky anggota DPRD Bulukumba asal daerah pemilihan Gantarang juga menegaskan jika masalah itu tetap dikerjakan tanpa ada solusi bagi kedua daerah maka dikhawtirkan pula gejolak warga.

"Saat Pemkab Bantaeng berencana membuat aliran pengairan ke Tompobulu, Pajukukang tidak dibicarakan ke pihak Pemkab Bulukumba," katanya.

Dijelaskan bahwa meski aliran sungai Bialo itu menjadi batas antara Na'na, Kahayya, Kecamatan Kindang Bulukumba dan Dusun Batu Mesong, Desa Patteneteang, Tompobulu, Bantaeng, tetapi perlu ada kordinasi ke pihak Pemkab Bulukumba agar tidak merugikan warga di daerah itu, apalagi Sungai Bialo itu masuk ke dalam Daerah Aliran Sungai Bialo. (*)


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…