Langsung ke konten utama

500 Paramedis di Bulukumba Ancam Mogok Kerja


PROTES. Puluhan paramedis mewakili 500 paramedis lainnya di Bulukumba siap menuntut tunggakan gaji selama enam bulan terakhir, Selasa, 2 November 2010.


---------------------------------------------
500 Paramedis di Bulukumba Ancam Mogok Kerja
- Gara-gara Enam Bulan Gaji Belum Dibayar


Harian Fajar, Makassar
Selasa, 2 November 2010
http://lokalnews.fajar.co.id/read/108943/123/500-paramedis-

BULUKUMBA -- Sebanyak 500 tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sulthan Dg Raja Bulukumba mengancam mogok kerja. Ancaman disebabkan manajemen rumah sakit belum membayar gaji mereka yang sudah tertunda enam bulan.

Pasalnya, pembayaran jasa layanan mereka diberikan kepada pasien Jamkesda Terakhir mereka dibayar pada April. Tidak hanya itu, tim medis juga belum menerima sisa pembayaran jasa sebesar 40 persen atau sekira Rp1,8 miliar pada 2009.

Ketua Komite Medik RSUD Sulthan Daeng Raja, dr Bambang Hariyanto mengatakan, pihaknya akan membawa masalah tersebut ke DPRD Bulukumba. Dia berencana mendatangi kantor DPRD untuk mengkomunikasikan masalah ini sekaligus mencari jalan keluar atas penundaan pembayaran gaji tim medis ini, pada Kamis, 4 November.

Jika tuntutan mereka tidak terpenuhi, kata Bambang, semua tim medik akan rapat untuk mengambil langkah selanjutnya. Termasuk membicarakan kemungkinan dilakukannya mogok kerja. "Kami sudah capek dijanji terus. Katanya, layani saja dulu nanti jasanya dibayar tetapi toh sampai sekarang buktinya tidak juga dibayar,” ungkapnya.

Padahal, kata dia, dari 500 tim medis hampir setengahnya adalah tenaga sukarela. Mereka hanya bergantung pendapatan jasa layanan saja. Karena itu, sangat memiriskan kalau sampai berbulan-bulan belum ada pembayaran. “Bagaimana kami mau bekerja di sini jika hak-hak kami tidak terpenuhi, sementara kami kan harus bekerja setiap hari melayani pasien," ketus dr Bambang, Selasa, 2 November.

Ia lalu meminta manajemen rumah sakit segera berkoordinasi dengan Pemkab Bulukumba untuk segera merealisasikan pembayaran gaji ini. Bahkan dia meminta agar ada kejelasan pembayaran gaji mereka bulan ini. Jika tidak, mereka akan mogok.

Menyikapi hal tersebut, Direktur RSUD Sulthan Daeng Raja, dr Diamarni Gandhis meminta paramedis bersabar dan menahan diri. Alasannya, saat ini, ia sedang berjuang untuk mendapatkan dana dalam waktu singkat untuk segera memenuhi hak mereka.

Dia mengaku saat ini tidak bisa berbuat apa-apa karena anggaran sudah habis terpakai. Sementara belum ada dana yang dicairkan DPRD. Termasuk masih adanya utang RSUD yang diajukan untuk dibayar pemkab yang belum terealisasi. "Kami ini sedang berjuang untuk itu. Kami tidak tinggal diam dan kami memahami mereka, makanya kami perjuangkan,” katanya.

Ia berharap, pada perubahan APBD nanti beban tersebut sudah dimasukkan sebagai salah satu item untuk pembelanjaan sebelum masuk APBD Pokok.

Kepala Tata Usaha RSUD Sulthan Daeng Raja Saharuddin mengatakan, tuntutan paramedis tersebut wajar dilakukan sebagai bentuk protes. Bahkan dia menilai tindakan paramedis ini akan menjadi bukti pertimbangan DPRD dan pemkab untuk memikirkan segera solusi tentang tunggakan jasa pelayanan mereka.

"Tidak apa-apa dia beraksi karena memang haknya, malah bagus agar pemkab atau DPRD bisa melihat langsung kondisi di rumah sakit," ucapnya. (arm)


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…