Langsung ke konten utama

Bupati Bulukumba Kembangkan Syariat Islam


PERDA KEAGAMAAN. Perda yang belum berjalan optimal adalah perda tentang minuman beralkohol. Sampai sekarang, minuman memabukkan itu masih bisa dijumpai di Bulukumba. Sedangkan aturan mengenai berpakaian muslim dan muslimah sudah mulai berjalan di lingkungan kantor dan sekolah. (foto: asnawin)


-----------------------------------

Bupati Bulukumba Kembangkan Syariat Islam

Koran Tempo (http://epaper.korantempo.com/KT/KT/2010/11/29/ArticleHtmls/29_11_2010_253_020.shtml)
   
BULUKUMBA -Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan kemarin berjanji akan mengoptimalkan pelaksanaan peraturan daerah (Perda) keagamaan untuk menegakkan syariat Islam di wilayahnya. Komitmen itu disampaikan di hadapan sekitar 600 anggota Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Bulukumba dalam silaturahmi di Rumah Jabatan Bupati.

Untuk mewujudkan itu, Zainuddin akan mengaktifkan kembali pengajian rutin yang pernah dilakukan di pendopo Rumah Jabatan Bupati dan memberikan bantuan kepada kegiatan keagamaan.

"Saya akan mengupayakan penyelesaian pembangunan Islamic Center yang terbengkalai hingga saat ini," kata dia.

Anggaran pembangunan masjid itu sekitar Rp 30 miliar.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kabupaten Bulukumba Daud Kahal menilai, Zainuddin Hasan sudah merealisasi penegakan syariat Islam di daerah itu.

"Seperti gajinya Rp 400 juta lebih selama lima tahun telah diserahkan ke daerah untuk disumbangkan ke masjid dan kegiatan keagamaan," ujarnya.

Hingga saat ini, terdapat empat peraturan daerah keagamaan di Bulukumba, yakni Perda Nomor 3 Tahun 2003 tentang Pengawasan Minuman Beralkohol, Perda Nomor 2 Tahun 2003 tentang Zakat Profesi, Infak, dan Sedekah, Perda Nomor 5 Tahun 2003 tentang Berpakaian Muslim dan Muslimah, serta Perda Nomor 6 Tahun 2003, tentang Pandai Baca Al-Quran.

Daud Kahal menilai, perda yang belum berjalan optimal adalah perda tentang minuman beralkohol. Sampai sekarang, minuman memabukkan itu masih bisa dijumpai di Bulukumba. Sedangkan aturan mengenai berpakaian muslim dan muslimah sudah mulai berjalan di lingkungan kantor dan sekolah.

Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Bulukumba H Patoppoi mengatakan dengan dukungan Zainuddin, penegakan syariat Islam di Bulukumba akan mudah diwujudkan.
JASMAN 

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…