Langsung ke konten utama

78 Orang Positif HIV/AIDS di Bulukumba


Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Bulukumba melansir data penderita HIV/AIDS sejak 2005 hingga Oktober 2010. Jumlahnya sudah mencapai 78 orang yang positif terinfeksi virus mematikan ini. Dari jumlah tersebut, jumlah penderita yang berhasil terdeteksi tahun ini sebanyak sembilan orang, sedangkan jumlah penderita yang meninggal dunia sebanyak 14 orang.


-------------------------------------
78 Orang Positif HIV/AIDS di Bulukumba

Rabu, 01 Desember 2010

BULUKUMBA -- Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Bulukumba melansir data penderita HIV/AIDS sejak 2005 hingga Oktober 2010. Jumlahnya sudah mencapai 78 orang yang positif terinfeksi virus mematikan ini.

Dari jumlah tersebut, jumlah penderita yang berhasil terdeteksi tahun ini sebanyak sembilan orang. Sedangkan jumlah penderita yang meninggal dunia akibat terinfeksi HIV sebanyak 14 orang dari total 78 orang.

Sekretaris KPA Bulukumba Zaqyul Fahmi mengatakan, dominan penderita HIV/AIDS adalah kalangan pemuda dengan usia produktif antara19 hingga 38 tahun. Dikatakan Zaqyul, dari semua jumlah penderita lebih banyak dari jenis kelamin laki-laki dan penyebabnya rata-rata terinveksi melalui jarum suntik.

Hal ini menurutnya merupakan ancaman karena dengan pergaulan saat ini pemuda sangat rentan terinveksi virus ini jika tidak bisa menjaga diri. 


"Ini menjadi kekhawatiran kita bersama khususnya KPA yang memang berfungsi untuk berusaha menekan angka penderita,” ujarnya Rabu, 1 Desember.

Selain itu, lanjut dia, sangat dibutuhkan peran dan tanggung jawab orang tua. Terutama untuk memperhatikan pergaulan anaknya agar tidak mudah terpengaruh dengan lingkungan. Sebab jika tidak segera tertangani maka ini akan menjadi masalah besar dalam regenerasi bangsa.
 

“Apalagi yang terserang adalah anak muda," ujarnya.

Soal langkah apa yang akan dilakukan, dia menuturkan bahwa saat ini pihaknya sudah memprogramkan berbagai kegiatan sosialisasi dan pemahaman bahaya HIV/AIDS. Termasuk upaya menghindari virus berbahaya ini dengan cara mengenali dampak-dampak yang ditimbulkannya.

Salah satu bentuk dari kegiatan tersebut dilakukan dengan melaksanakan sosialisasi pencegahan melalui seminar dan penyuluhan di sekolah-sekolah. 


"Kita harapkan tahun depan jumlah penderita bisa ditekan dan kalau bisa sudah tidak ada lagi," katanya.

Wakil Bupati Bulukumba Syamsuddin meminta agar KPA benar-benar menggiatkan sosialisasi soal penanggulangan virus ini. Dia meminta agar sosialisasi lebih banyak dilakukan di kalangan remaja, khususnya pelajar karena mereka ini adalah kelompok yang sangat rentan terkena imbasnya. 


"Ini perlu kerja keras. Mau tidak mau KPA bersama instansi terkait mesti lebih giat,” kata Wabup. (arm)


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

asmelba mengatakan…
Kondisi sekarang per 30 Desember 2010 pengidapHIV-AIDS di Bulukumba telah ditemukan lagi 2 orang penderira baru keduanya berjenis kelamin perempuan,dengan demikian diakhir tahun 2010 di Bulukumba telah terdeteksi 80 org positif yang rinciannya 41 org berstatus AIDS dan 39 HIV positif dari mereka yg berstatus AIDS yang meninggal sudah 30 org,menurut kami dari sekretariat KPA Bulukumba prediksi org yang kemungkinan tertular berada pada kisaran antara 700 jingga 800 org masih banyak saudara kita yang terinfeksi yang mungkin belum menyadarinya,untuk itu diperlukan kerja keras tenaga penjangkau terlatih dari Kelompok Dukungan Sebaya(KDS)agar lebih bergiat,sayangnya mobilitas mereka tersendat karena kurangnya dukungan anggaran pada KPA Bulukumba tahun 2011 yang akan datang alokasi bantuan KPA Bulukumba sangat kurang untuk bisa membiayai operasional penjamhkauan,perlu disadari bahwa pengidap HIV positif pada umumnya tidak mengeluh sakit sehingga tidak mencari pengobatan oleh sebab itu mereka sulit terdeteksi lewat sarana pelayanan kesehatan Puskesmas maupun Rumah Sakit.metreka harus dikangkau dengan pendekatan khusus agar secara sukarela mau memeriksakan test darah,data dan informasi ini dari Sekretariat KPA Bulukumba,
wassalam Sekretaris KPA Bulukumba ( Drs.Syahruddin Melba)

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…