Langsung ke konten utama

Pejabat Bulukumba Tandatangani Pakta Integritas


Sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Bulukumba menandatangani Pakta Integritas, di ruang kerja Bupati Bulukumba, Senin, 24 Januari 2011. Para pejabat yang menanda-tangani Pakta Integritas adalah pejabat yang baru dilantik oleh Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan pekan lalu. (Foto: Humas Pemkab Bulukumba)


----------------------------------

Pejabat Bulukumba Tandatangani Pakta Integritas

BULUKUMBA. Tidak sedikit pejabat yang menyalahgunakan jabatannya untuk kepentingan pribadi, kelompok, atau golongan. Juga sudah banyak pejabat yang terjerat kasus hukum, termasuk menyeret pimpinan atau atasannya ke masalah-masalah hukum yang kadang-kadang berujung pada jeruji besi serta perusakan nama baik atasan dan atau institusi.

Oleh karena itulah, perlu ada perjanjian atau Pakta Integritas antara pejabat yang mengangkat selaku atasan dengan pejabat yang diangkat untuk menduduki jabatan tertentu selaku bawahan. Itulah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bulukumba di bawah kepemimpinan duet Zainuddin Hasan dan Syamsuddin.

Sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Bulukumba menandatangani Pakta Integritas yang disaksikan Wakil Bupati Samsuddin, di ruang kerja Bupati Bulukumba, Senin, 24 Januari 2011.

Para Pejabat yang menandatangani Pakta Integritas adalah pejabat yang baru dilantik oleh Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan pekan lalu. Mereka adalah Asisten Ekbang dan Humas Nurdin Radja, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM A Irwan Idjo, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan drh Rustinah, Kepala Badan Kepegawaian Andi Bahagia Amin, serta Kepala Kantor Lingkungan Hidup Pasakai.

Usai penandatangan Pakta Integritas, dilanjutkan serah terima aset dan memori jabatan antara pejabat lama dengan pejabat baru. Pakta Integritas yang ditandatangani berisi ''janji'' bahwa pejabat akan menjalankan tugas sesuai dengan aturan, tidak melakukan KKN, serta proaktif mencegah terjadinya penyimpangan yang mungkin terjadi, khususnya pemberantasan korupsi.

Wakil Bupati H Syamsuddin`mengingatkan, Pakta Integritas tidak hanya dilakukan sebatas implementasi di atas kertas, tapi betul-betul dilaksanakan dalam setiap langkah dan tindakan yang dilakukan dengan berpedoman kepada aturan perundang-undangan yang berlaku.

Pakta Integritas merupakan salah satu alat (tools) yang dikembangkan Transparency International pada tahun 90-an. Tujuannya dalah menyediakan sarana bagi pemerintah, perusahaan swasta, dan masyarakat umum untuk mencegah korupsi, kolusi dan nepotisme, terutama dalam kontrak-kontrak pemerintah (public contracting).

Konsep, prinsip, dan metode Pakta Integritas ini telah dikembangkan di berbagai negara dengan penyesuaian dan modifikasi seperlunya. Hasilnya diakui oleh berbagai lembaga dunia seperti Bank Dunia, UNDP, ADB, dapat mempersempit peluang korupsi dan menghasilkan kinerja yang lebih baik dalam kontrak-kontrak pemerintah, seperti pengadaan barang dan jasa (public procurement), privatisasi, lelang bagi lisensi maupun konsesi dan sebagainya.

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…