Langsung ke konten utama

Ribuan Warga Serbu Pantai Samboang



Sejumlah pengunjung memadati Pantai Pasir Putih Samboang, Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba, pada liburan awal tahun, Sabtu, 1 Januari 2011. Pantai ini akan dijadikan salah satu objek wisata andalan Pemkab Bulukumba. (Foto: Humas Pemkab Bulukumba)


---------------------------
Ribuan Warga Serbu Pantai Samboang




Selain pantai Tanjung Bira, pantai Samboang adalah salah satu objek wisata Bulukumba yang tidak kalah menariknya. Pantai ini berada di Kecamatan Bontotiro, tepatnya bagian selatan pesisir pantai Bulukumba.

Dengan pasir putih dan air lautnya yang jernih, pengunjung juga dapat menikmati rindang pohon kelapa yang berjejer di pinggir pantai. Pada liburan hari Sabtu, 1 Januari 2011, jajaran Pemkab Bulukumba dan ribuan masyarakat berbondong-bondong ke Pantai Samboang mengadakan pesta yang dinamai Samboang Beach Party.



Berbagai acara dilakukan, seperti lomba aneka masakan lokal yang berbahan jagung, lomba pacuan kuda dan lomba dayung. Warga yang datang bersama anggota keluarganya masing-masing juga tumpah ruah di laut untuk berenang.

Dalam lomba memasak, disajikan sejumlah makanan tradisional yang berbahan jagung seperti Bassan, Barobbo, Nasi Jagung, Lappa-Lappa, dan aneka kue lainnya.

Menurut Camat Bontotiro, A. Launru, jagung adalah makanan pokok warga Bontotiro karena kondisi geografisnya adalah pegunungan yang hanya memungkinkan ditanami jagung, olehnya itu makanan-makanan khas jagung tersebut diharapkan senantiasa dilestarikan.



Akibat jumlah pengunjung yang membludak menyebabkan arus kendaraan menuju Pantai Samboang macet sekitar tiga jam, apalagi jalanan memang agak sempit. Sebagian kendaraan terpaksa parkir di sekitar jalan raya, karena area di sekitar pantai sudah penuh sesak dengan kendaraan lain.





Menurut Bupati Zainuddin Hasan, hari libur tahun baru 2011 ini sengaja dipusatkan di Pantai Samboang untuk memperkenalkan panorama pantai tersebut. Ke depan, Zainuddin akan memoles Samboang yang masih alami ini menjadi kawasan wisata yang indah dan menarik, bekerja sama dengan investor.

Sejumlah villa sudah terbangun menghadap laut lepas, sehingga wisatawan dapat menginap dan menikmati alam Samboang.

Kadis Pariwisata Andi Bahagia mengungkapkan bahwa wisata di Samboang akan menjadi kalender tahunan melalui berbagai event wisata. Beberapa hal yang masih perlu dibenahi agar Pantai Samboang menjadi kawasan wisata andalan seperti infrastruktur jalan dan penataan lokasi pantai. (Humas Pemkab Bulukumba)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…