Langsung ke konten utama

Bulukumba Terima Bantuan PNPM Rp 7.725 Miliar


Pada peringatan Hari Jadi ke-51 Kabupaten Bulukumba, Menko Kesra Agung Laksono menyerahkan sertifikasi bantuan langsung masyarakat Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri tahun 2011 sebesar Rp 7,725 Miliar, terdiri atas PNPM Mandiri Pedesaan sebesar Rp 7,5 miliar dan PNPM Mandiri Perkotaan untuk satu kecamatan sebesar Rp 2,25 juta.





Menko Kesra Bantu Bulukumba Rp 7.725 Miliar
- Diserahkan pada Peringatan HUT ke-51 Bulukumba

Harian Ujungpandang Ekspres, Makassar
Sabtu, 05-02-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/index.php?option=read&newsid=60941

MAKASSAR, UPEKS—Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono dan Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo, menghadiri peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke-51 tahun, Jumat, 4 Februari 2011.

Agung Laksono dan Syahrul Yasin Limpo menuju Kabupaten Bulukumba dengan menggunakan Helipet PK-EAE, kemarin.

Pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba, Menko Kesra Agung Laksono menyerahkan sertifikasi bantuan langsung masyarakat Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri tahun 2011 sebesar Rp 7,725 Miliar. Dana PNPM Mandiri itu terdiri dari, PNPM Mandiri Pedesaan sebesar Rp 7,5 miliar dan PNPM Mandiri Perkotaan untuk satu kecamatan sebesar Rp 2,25 juta.

Selain itu, Menko Kesra juga mencanangkan Pembangunan Perumahan Masyarakat Miskin, Pencanangan Gerakan Menabung yang dilakukan para siswa dan Pencanangan Gerakan Menanam Rumput Laut, sekaligus membuka Bulukumba Ekspo 2011.

“Saya harapkan bantuan ini bisa bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat Bulukumba,” harap Agung Laksono.

Gubernur Sulsel, H Syahrul Yasin Limpo, dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan yang telah melakukan perubahan yang cukup signifikan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dimana, terjadi percepatan pembahasan dan pengesahan APBD 2011 sehingga bisa tepat waktu.

“Saya berharap ke depan upaya untuk mengakselerasi pelaksanaan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan menjadi agenda utama,” ujar Syahrul.

Syahrul mengungkapkan, seluruh masyarakat Bulukumba mampu meningkatkan derajat gengsi dan martabat Sulsel. Boleh berbeda pendapat maupun partai, tetapi jangan menurunkan martabat Bulukumba yang juga akan menurunkan martabat Sulsel.

“Kita mau menjadi orang yang dihormati dalam sebuah perahu yang Allah telah berikan. Yang bisa membuat daerah baik karena kita mampu membangun sebuah cita-cita bersama. Ada visi yang sama melihat sumber daya alam yang Allah telah berikan kepada kita yang luar biasa lengkapnya,” ungkapnya.

Untuk mencapai harapan itu, dibutuhkan seorang pemimpin di daerah yang mau bekerja untuk kepentingan rakyat. Mengoptimalisasi bidang-bidang yang berkaitan langsung dengan masyarakat. Sandang, pangan, pendidikan, kesehatan dan keterampilan harus terus dibina.

“Pelihara suasana yang damai, keamanan dan ketertiban. Mari kita jadikan daerah ini, daerah yang baik agar pertanian rumput laut menghasilkan dengan baik,” imbaunya.

Sementara, Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan, mengungkapkan, pemerintahan senantiasa mengupayakan penyediaan infrastruktur pada sektor-sektor unggulan ke depan. Pembangunan pelabuhan di Kecamatan Kajang dan pengembangan pelabuhan Leppe,E menjadi pelabuhan samudera tempat berlabuhnya kapal besar yang berbobot 3.000-5.000 ton.

“Di sektor pariwisata selain Pantai Tanjung Bira, pemerintah kabupaten saat ini mulai mengembangkan Pantai Samboang sebagai kawasan wisata unggulan. Adapun pengelolaan dan penyaluran beras miskin pada tahun 2010, total realisasinya sebesar 3.648.200 kilogram atau senilai Rp 5.837.120.000,” terangnya.

Bertepatan dengan Hari Jadi Bulukumba, juga diserahkan secara simbolis Naskah Akad Kredit Usaha Rakyat dari BRI sebesar Rp 48.547.500.000 untuk 7.008 peserta.

“Demikian pula keberadaan PNPM Mandiri Pedesaan memiliki kontribusi besar dalam memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bulukumba. Total dana PNPM yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2007 sampai 2010 sebesar Rp49,5 miliar,” jelasnya.

Turut hadir Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Sulsel, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sulsel, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Sulsel, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, serta anggota DPR RI Halim Kalla.

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…