Langsung ke konten utama

Bulukumba akan Jadi Percontohan Beras Berkualitas


BERAS. Empat kabupaten di Sulsel mulai memikirkan daya saing produksi beras mereka dengan membangun Silodrayer. Keempat kabupaten tersebut adalah Bulukumba, Pinrang, Luwu Timur, dan Luwu. Sementara dua kabupaten masih dalam tahap permintaan yakni, Bantaeng dan Sidrap. (Foto: MI/Panca Syurkani/rj)




----------------------


Bulukumba akan Jadi Percontohan Beras Berkualitas

- Empat Kabupaten di Sulsel Bangun Silodrayer


Harian Fajar, Makassar
Sabtu, 05 Februari 2011
http://www.fajar.co.id/read-20110205011109-empat-kabupaten-bangun-silodrayer

MAKASSAR -- Empat kabupaten di Sulsel mulai memikirkan daya saing produksi beras mereka dengan membangun Silodrayer. Keempat kabupaten tersebut adalah Bulukumba, Pinrang, Luwu Timur, dan Luwu. Sementara dua kabupaten masih dalam tahap permintaan yakni, Bantaeng dan Sidrap.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Sulsel, M Aris AM, mengungkapkan, empat kabupaten yang akan menjadi percontohan beras berkualitas ditargetkan mulai jalan pada musim panen tahun ini.

Dia mengatakan, penyediaan silodrayer atas kerja sama trimitra Pemprov Sulsel, Pemkab, dan pemasok silodrayer asal Taiwan.

"Program Silodrayer untuk meningkatkan kualitas beras mulai dicanangkan hari ini," kata Aris, Jumat, 4 Februari, di sela-sela resepsi Hari Jadi ke-51 Bulukumba yang dihadiri Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono dan Gubernur Sulsel Yasin Limpo.

Aris menjelaskan, silodryer di setiap kabupaten sudah sangat diperlukan. Apalagi di tengah kondisi cuaca yang semakin tidak menentu.

"Penurunan kualitas beras akibat tingginya curah hujan membuat harga beras petani di pasaran jatuh. Bulog pun saja enggan menyerap beras petani. Karena itu, mesin pengering berteknologi canggih ini sudah menjadi keharusan," jelasnya.

Dia mengakui harga satu unit silodryer memang terbilang tinggi, mencapai Rp 6 miliar hingga Rp 8 miliar. Tarif silodrayer berkapasitas hingga tiga ribu ton ini, sekira Rp 50 per kilogram. Sehingga, investasi bisa kembali dalam waktu dua tahun.

"Kami sudah menghitung analisis biaya teknologi lama Rp 375 per kilogram. Itu karena memakai bahan bakar tungku sekam. Silodrayer buatan Taiwan itu lebih efisien yakni Rp 50 kg per kilo," kata Aris.

Sementara itu, Kadivre Bulog Sulselbar, Rito Angky Pratomo, menyambut baik investasi Sulsel membangun silodrayer. Menurutnya, silodrayer itu bisa menjaga kualitas beras Sulsel sehingga harga yang didapatkan petani tidak menyusut.

Angky, mengatakan, sebenarnya ada 13 unit silodrayer di Sulsel di bawah pengawasan Bulog, namun biaya masih tinggi karena menggunakan bahan bakar minyak tanah.

"Kami menyambut baik investasi silodrayer. Itu tentu bisa membuat harga beras tetap tinggi," katanya. (aci)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…