Langsung ke konten utama

Pemkab Bulukumba Inventarisir Lokasi Tambang Ilegal


TAMBANG. Pemerintah Kabupaten (pemkab) Bulukumba saat ini sibuk melakukan inventarisasi lokasi tambang menyusul banyaknya lokasi tambang yang tidak mengantongi izin. Kepala Bagian Hukum Pemkab Bulukumba, Ali Saleng mengungkapkan, hanya ada enam lokasi tambang yang memiliki izin sementara yang beroperasi lebih dari jumlah tersebut. (Foto: internet)

Pemkab Bulukumba Inventarisir Lokasi Tambang Ilegal

Harian Fajar, Makassar
Minggu, 06 Februari 2011
http://www.fajar.co.id/read-20110205213817-pemkab--inventarisir-lokasi-tambang-ilegal

BULUKUMBA -- Pemerintah Kabupaten (pemkab) Bulukumba saat ini sibuk melakukan inventarisasi lokasi tambang menyusul banyaknya lokasi tambang yang tidak mengantongi izin. Kepala Bagian Hukum Pemkab Bulukumba, Ali Saleng mengungkapkan, hanya ada enam lokasi tambang yang memiliki izin sementara yang beroperasi lebih dari jumlah tersebut.

Keenam lokasi tersebut masing-masing dua lokasi di Desa Padangloang Kecamatan Ujung Loe, tiga lokasi di kelurahan Kalumeme Kecamatan Ujung Bulu, ditambah satu lokasi lagi yang baru saja melengkapi berkasnya di Desa Salemba Kecamatan Ujung Loe.

 "Masalah ini menjadi keprihatinan kita karena dampak dari penambangan yang tidak berizin ini sangat berpotensi merusak alam. Apalagi tidak terdata secara jelas volume yang dikerjakan dan bagaimana sistem keamanan lingkungan yang diterapkan pemilik tambang. Makanya, kami coba inventarisir, mudah-mudahan bisa cepat beres," kata Ali Saleng, Sabtu, 5 Februari 2011.

Ali menambahkan bahwa pihak kepolisian sangat mungkin melakukan penahanan kepada pihak yang dianggap melakukan aktivitas penambangan tanpa izin yang resmi. Aturan Undang-undang menyebutkan bahwa kegiatan pertambangan tanpa izin merupakan tindakan kriminal.

"Hukumannya pun, tidak ringan karena bisa sampai tujuh tahun dan denda bisa mencapai puluhan miliar. Makanya kami himbau agar masyarakat yang ingin melakukan aktivitas penambangan sebaiknya melengkapi dulu semuanya. Ini juga untuk menjaga lingkungan kita sendiri," tambahnya.

Sebelumnya, Polres Bulukumba telah melakukan penyegelan pada 30 lokasi tambang di Bulukumba lantaran dianggap menyalahi aturan dan mekanisme pemanfaatan hasil tambang galian C.

Terkait hal itu pula, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Industri, dan Pertambangan dan Energi Bulukumba, Andi Irwan Idjo menegaskan pihaknya juga sedang menganalisa semua lokasi tambang.

"Kami sedang menyusun strategi untuk menertibkan aktivitas tambang di Bulukumba agar tidak menyalahi aturan yang ada," ujarnya. (arm)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…