Langsung ke konten utama

Saat-saat Bahagia di Bulukumba


Saat sedang bercanda, salah seorang adik saya, Asran Faizal yang biasa kami panggil Accang, meminta saya menukar sepeda motornya yang masih tergolong baru dengan sepeda motor saya yang sudah berusia belasan tahun. Selain itu, dia juga langsung mengeluarkan dan memberikan semua uang yang ada padanya kepada saya.


Saat-saat Bahagia di Bulukumba

Oleh: Asnawin

Salah satu saat-saat bahagia dalam hidupku adalah saat berkumpul dan bercanda bersama keluarga di Bulukumba. Kebahagiaan itu akan menjadi sempurna kalau saat berkumpul itu, tetta dan mama juga ada.

Kemarin, saya berada di Bulukumba dan berkumpul bersama orangtua, saudara-saudara, ipar-ipar, serta para keponakan. Seperti biasa, suasana gembira selalu terlihat dan rasa senang selalu terasa.

Saat sedang bercanda, salah seorang adik saya, Asran Faizal yang biasa kami panggil Accang, meminta saya menukar sepeda motornya yang masih tergolong baru dengan sepeda motor saya yang sudah berusia belasan tahun. Selain itu, dia juga langsung mengeluarkan dan memberikan semua uang yang ada padanya kepada saya.

Saya hanya tersenyum dan berterima-kasih kepadanya. Saya tahu dia ikhlas, tetapi saya juga masih menyukai sepeda motor saya, karena jasanya cukup besar dan hingga kini masih kuat dipakai bolak-balik Makassar-Bulukumba.

Ketika berjalan meninggalkan adik saya yang masih memegang dan menyodorkan uangnya, tiba-tiba saya terbangun. Ternyata saya hanya bermimpi. Saya lalu berucap; ''Astagfirullah, Allahu akbar.''

Saat berdiri menuju kamar mandi, saya menangis sambil tersenyum bahagia. Saya menangis karena mengenang adik saya, Accang, yang telah mendahului kami dua tahun silam. Saya tersenyum bahagia karena ketika sudah meninggal pun, dia masih ingin membantu dan membahagiakan saya.

Ya Allah, ampunilah dosa-dosa adik kami. Ampunilah juga dosa-dosa ibu kami. Berikanlah mereka tempat yang mulia di sisi-Mu.

Makassar, 1 Maret 2011

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

ivan kavalera mengatakan…
subhanallah..

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…