Langsung ke konten utama

Warga Bulukumba dan Manajemen PT Lonsum Adakan Pertemuan


Sekitar 50 petani perkebunan karet melakukan pendudukan dan menyegel kebun karet yang saat ini dikuasai oleh PT London Sumatra di Dusun Bontomangiring, Desa Salassae, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Senin, 24 Januari 2011. (Foto: siklusnews.com)

-------------
 

Warga Bulukumba dan Manajemen PT Lonsum Adakan Pertemuan

- Petani Segel Perkebunan Karet PT Lonsum


Laporan Wartawan Tribun Timur, Syamsul Bahri
Tribunnews.com - Selasa, 1 Februari 2011
http://www.tribunnews.com/2011/02/01/warga-dan-manajemen-pt-lonsum-adakan-pertemuan

TRIBUNNEWS.COM, BULUKUMBA - Warga asal Desa Bontomangiring, Kecamatan Bulukumba bertemu dengan pihak Manajemen PT London Sumatera, di ruangan kantor Wakil Bupati di Jl Jend Sudirman, Selasa, 1 Februari 2011.

Pertemuan tersebut dihadiri pihak PT Lonsum Rusli dan Syamsul Alam dari Lembaga Forum Warga sebagai pendamping. Mereka membahas sengketa lahan antara warga Lonsum dan warga, yang ditengahi Wakil Bupati Bulukumba Syamsuddin.




-----------------------
Para petani karet ini membawa papan beruliskan 'tanah milik masyarakat, nomor-sertifikat 72 - 73 jangan disadap Lonsum' dan dengan menggunakan tali rafia untuk melakukan penyegelan di atas 4 hektar tanah yang bersengketa, Senin, 24 Januari 2011. (Foto: siklusnews.com)
----------------------



Petani Segel Perkebunan Karet PT Lonsum

Senin, 24 Januari 2011, Sekitar 50 petani perkebunan karet melakukan pendudukan dan menyegel kebun karet yang saat ini dikuasai oleh PT London Sumatra di Dusun Bontomangiring, Desa Salassae, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba.

Sebagaimana dilansir portal berita SiklusNEWS (http://www.siklusnews.com/2011/01/petani-segel-perkebunan-karet-pt-lonsum.html), dengan pengawalan ketat dari anggota brimob polda sulselbar lengkap dengan laras panjang, para petani karet ini membawa papan beruliskan 'tanah milik masyarakat, nomor-sertifikat 72 - 73 jangan disadap Lonsum' dan dengan menggunakan tali rafia untuk melakukan penyegelan di atas 4 hektar tanah yang bersengketa.

Saat puluhan petani akan melakukan penyegelan, Asisten Devisi Kukumba, Ardianto melarang para petani sehingga adu mulut pun tak terelakkan di tengah perkebunan karet.

"Saya tidak memberi ijin untuk melakukan penyegelan, kalau saudara-saudara melakukan penyegelan tanpa ada ijin resmi dari pihak yang berkompeten, apa itu kira-kira sah?" ungkap Ardianto di depan para petani.

Sebaliknya, para petani yang sudah bosan dengan manis janji dari pihak PT Lonsum, yang tidak membuahkan hasil, para petani karet ini, terpaksa turun tangan dan melakukan penyegelan.

Ketua Forum Kajian Masyarakat Bulukumba, Andi Syamsul Alam, mengatakan untuk langkah awal para petani menghentikan aktifitas PT Lonsum dengan menyadap pohon karet seluas 4 hektar.

Mereka menilai dalam kasus sengketa tanah itu antara petani dan PT Lonsum terjadi sejak tahun 1983, dimana pihak PT Lonsum telah mengambil paksa tanah kebun petani seluas 100 hektar tanpa ada Hak Guna Usaha (HGU), sehingga petani yang tanahnya diserobot tidak mendapatkan apa-apa dari pihak PT Lonsum. (Mahendra).

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Pemerintah Desa Batulohe mengatakan…
berjuang terus karena itu adalah hak. singkirkan pihak-pihak yang hanya ingin mengisap darah rakyat di tanahnya sendiri.
Pemerintah Desa Batulohe mengatakan…
PT. Lonsum bukan perusahaan yang memperdulikan kesejahteraan rakyat, akan tetapi, dia adalah pihak penjajah yang bertopeng pengusaha. rakyat seharusnya sadar hari ini apa itu kemerdekaan. kepada konco-konco lonsum, apakah anda mau menjadi penjajah saudara sendiri .........?

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…