Langsung ke konten utama

Berkurang, Lahan Pengembangan Kapas di Bulukumba


KAPAS. Areal lahan pengembangan kapas di Bulukumba untuk musim tanam tahun 2011 ini hanya sekitar 900 hektar. Padahal, tahun tahun sebelumnya, lahan pengembangan kapas lebih dari 1500 hektar. Berkurangnya areal pengembangan kapas jelas sangat berpengaruh terhadap produksi kapas Sulawesi Selatan.

 

------------

Berkurang, Lahan Pengembangan Kapas di Bulukumba


Harian Ujungpandang Ekspres, Makassar

Rabu, 09-03-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/index.php?option=read&newsid=63041


BULUKUMBA, UPEKS--Areal lahan pengembangan kapas di Bulukumba untuk musim tanam tahun ini hanya sekitar 900 hektar. Padahal, tahun tahun sebelumnya, lahan pengembangan kapas lebih dari 1500 hektar. Berkurangnya areal pengembangan kapas jelas sangat berpengaruh terhadap produksi kapas Sulawesi Selatan.

Perusaahaan yang bergerak di bidang pengembangan kapas dari tahun ke tahun tidak menggembirakan. Hampir tidak ada perusahaan baru yang berinvetasi.

"Indikatornya, produki kapas tidak memuaskan," kata Andi Anas, Kepala Bidang Pengembangan Tanaman Perkebunan Dinas Perkebunan Sulsel, pada acara sosialisasi akselerasi pengembangan kapas diaula kantor Baappeda Bulukumba, Selasa siang, 8 Maret 2011.

Lebih dari 100 petani kapas hadir diacara yang diselenggarakan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Bulukumba.

Bupati Bulukumba yang diwakili Asisten Bidang Ekbang, Ir Nurdin Radja, mengatakan kapas adalah salah satu potensi Bulukumba disektor perkebunan yang harus terus dikembangkan. Namun Nurdin mengakui lahan pengembangan kapas di Bulukumba mengalami penurunan.

"Dulu saya pernah baca ada sekitar 5000 hektar. Namun sekarang hanya 900 hektar saja. Ini berarti ada masalah," terang Nurdin, ketika menyampaikan sambutan pembukaan.

Gunakan Benih Impor

Petani kapas di Bulukumba akan menggunakan benih kapas jenis hibryda asal Cina. Menurut Kepala Bidang Pengembangan Tanaman Perkebunan Disbun Sulsel, Andi Anas, benih kapas asal Cina tersebut mampu berproduksi hingga 4000 kilogram setiap hektarnya.

"Tidak usah 4000 kilogram, minimal 1000 kilogram saja, akan menghasilkan uang Rp 4,250 juta per hektar. Bagaimana kalau sampai 2000 kilogram. Saya yakin pengentasan kemiskinan di Bulukumba akan berjalan dengan baik," katanya.

Hadir di acara sosialisasi tersebut, Kadis Kehutanan dan Perkebunan Andi Misbawati, Ketua Komisi B Hamzah Pangki, serta dua perusahaan pengembangan kapas PT Supin Raya dan PT Sulawesi Cotton. 

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…