Langsung ke konten utama

Bulukumba Peroleh BLM Rp 3,75 Miliar


BAKTI KARYA. Anggota DPR RI Akbar Faizal (dua dari kiri) saat bertatap muka dengan konstituen di Kabupaten Wajo, Sabtu 19 Maret 2011. Akbar mengatakan, alokasi Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) PNPM 2011 untuk dua kecamatan di Bulukumba sebesar Rp 3,750 miliar. (Foto: Nurlina/Fajar)


-----------------


Bulukumba Peroleh BLM Rp 3,75 Miliar
- Akbar Faizal Perjuangkan Infrastruktur Desa di Sulsel


Harian Fajar, Makassar
Senin, 21 Maret 2011
http://www.fajar.co.id/read-20110321011625-akbar-perjuangkan-infrastruktur-desa

SENGKANG -- Anggota Komisi II DPR RI, Akbar Faisal menunjukkan kepedulian terhadap konstituen di Dapil II Sulawesi. Legislator asal Hanura ini fokus memperjuangkan perbaikan infrastruktur jalan dan pedesaan melalui program Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pendesaan (PNPM-MP) peningkatan infrastruktur pedesaan (PPIP).

Tahun 2010 lalu, usulan Akbar Faisal untuk program PPIP di Sulsel terealisasi untuk 10 desa di empat kabupaten. Di Wajo ada 6 desa masing-masing Labawang, Ballere, Awota, Leppangeng, Kampiri, dan Paselloreng.

Di Bone, ada dua desa yakni Bone Pute dan Itterrung. Sedangkan, di Sinjai dan Bulukumba masing-masing Desa Telle, dan Bontotelleng. Anggaran masing-masing desa adalah Rp250 juta.

"Perbaikan infrastruktur jalan sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat dan bisa mempercepat akselerasi pembangunan di setiap daerah. Saya memiliki kewenangan memperjuangkan sendiri anggaran-anggaran untuk wilayah bapak-bapak sekalian. Saya akan lakukan yang bisa saya lakukan untuk membantu Bupati dan masyarakat disini," ujar putra Keera, Kabupaten Wajo ini, di Kantor Bupati Wajo, Sabtu, 19 Maret.

Kunker Akbar Faisal juga memboyong Ketua BPK Perwakilan Sulsel, Cornell Syarief. Mereka disambut Plt Sekkab Wajo, HA Witman Hamzah dan Ketua DPRD Kabupaten Wajo, HM Yunus Panaungi. Akbar menjadi anggota DPR RI pertama yang mengajak kepala BPK turun langsung ke daerah untuk mengetahui perkembangan dan kondisi pembangunan di daerah. Terlebih, semua anggaran yang bersumber dari negara akan  diaudit oleh BPK dan diawasi oleh KPK.


Dapil Sulsel II

Khusus untuk daerah di Dapil Sulsel II, Akbar memperjuangkan alokasi Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) PNPM 2011 sebesar Rp51,5 miliar di 7 kabupaten,  masing-masing Bone 7 kecamatan dengan besaran Rp14,5 miliar. Maros 4 Kecamatan dengan jumlah Rp11,250 miliar. Bulukumba 2 kecamatan Rp3,750 Miliar. Sedangkan Pangkep; 4 kecamatan dengan total 12 Miliar. Barru 2 kecamatan, sebanyak Rp5,250 miliar, Soppeng 1 miliar dan hanya 1 kecamatan. Untuk Wajo di 3 kecamatan sebesar Rp 3,750 miliar, tiap kecamatan memperoleh Rp1,250 miliar, yakni Gilireng, Keera dan Maniangpajo.

Akbar juga bertemu Muspika Kec Citta Soppeng, tokoh masyarakat dan pemuda serta fasilitator PNPM di di Kantor Desa Citta. Kecamatan Citta mendapat dana PNPM Rp 800 juta dan dana pendampingan dari APBD sebesar Rp200 juta. "Saya ingin memastikan dana negara ini dimanfaatkan sebenar-benarnya untuk rakyat. Saya juga rerspek kepada BPK Sulsel jika pola kemitraan legislatif eksekutif yang dialogis dan terbuka, dijadikan model pengawasan,"  kata Akbar. (lin)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

PSKPI mengatakan…
Ingin tahu lebih banyak tentang asal muasal PNPM, lihat web Wold Bank di sini http://web.worldbank.org/WBSITE/EXTERNAL/COUNTRIES/EASTASIAPACIFICEXT/INDONESIAEXTN/0,,contentMDK:22840945~menuPK:224605~pagePK:2865066~piPK:2865079~theSitePK:226309,00.html

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11) -------------------------- Kisah Ikan Duyung di Bulukumba Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup Harian Kompas (Kompas.com) K23-11 | yuli | Rabu, 20 April 2011 http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya. Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hing

Pahlawan Nasional dan Andi Sultan Daeng Radja

Andi Sultan Daeng Radja bersama tujuh orang lainnya telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI (Susilo Bambang Yudhoyono) Nomor 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006. Andi Sultan Daeng Radja secara diam-diam mengikuti Kongres Pemuda Indonesia, pada 28 Oktober 1928. Bersama Dr Ratulangi dan Andi Pangerang Pettarani, dirinya diutus sebagai wakil Sulawesi mengikuti rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Jakarta.

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin) ----------------------------- Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia. Kabupaten : Bulukumba 1. Kecamatan Bonto Bahari - 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571) - 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571) - 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571) - 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571) - 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571) - 6. Kelurahan/Desa Sapolohe -