Langsung ke konten utama

Pipa PDAM Bulukumba Diduga Salahi Bestek


DIDUGA BERMASALAH. Ketua Komisi C DPRD Bulukumba Andi Mustamin Patawari Philip (pakai kopiah) memantau kondisi jaringan pipa PDAM yang diduga menyalahi bestek, Selasa, 1 Maret 2011. Temuan di lapangan sudah cukup bukti bahwa pengerjaan jaringan pipa asal-asalan. (Foto: ARMAN/FAJAR)

------------------------

Pipa PDAM Bulukumba Diduga Salahi Bestek

Harian Fajar, Makassar 
Rabu, 02 Maret 2011
http://www.fajar.co.id/read-20110301182424-pipa-pdam-diduga-salahi-bestek%27

BULUKUMBA -- Proyek Jaringan pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang diperuntukkan untuk melayani konsumen wilayah perkotaan diduga menyalahi bestek. Proyek tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sepanjang 12 kilometer.

Indikasi tersebut terlihat dari konstruksi jaringan pipa pada beberapa titik. Berdasarkan pantauan Komisi C DPRD Bulukumba hampir semua bagian pipa sudah muncul ke permukaan. Padahal jaringan ini belum dimanfaatkan sama sekali meskipun sudah menelan anggaran Rp 6,5 miliar yang dicairkan dalam dua tahap.

Ketua Komisi C DPRD Bulukumba Mustamin A Patawari Philip mengatakan, temuan di lapangan sudah cukup bukti bahwa pengerjaan jaringan pipa asal-asalan. Bahkan dia berani memastikan pipa ini hanya ditanam pada kedalaman tidak lebih dari 30 sentimeter meskipun berdasarkan besteknya seharusnya ditanam 1,5 meter. Dengan kondisi seperti itu, kata dia, maka dipastikan pipa ini hanya akan bertahan beberapa saat saja bahkan bisa hancur hanya dalam beberapa hari.

Mustamin meminta agar pihak PDAM sebagai pengawas segera turun mengecek kondisi pengerjaan jaringan ini. Menurutnya, harus ada langkah kongkret yang dilakukan untuk mengurangi risiko kerusakan pipa karena sudah menelan banyak anggaran.

Direktur PDAM Bulukumba Muhammad Aris mengatakan, pada prinsipnya untuk menilai proyek tersebut bermasalah atau tidak harus dilihat secara menyeluruh. Pasalnya, kata dia, tidak bisa dipungkiri bahwa areal pembangunan jaringan pipa tersebut adalah kawasan rawan longsor dan hampir setiap saat memang dilanda longsor. Akibatnya, besi yang mengikat pipa tersebut pada kedalaman yang seharusnya terlepas sehingga mengangkat badan pipa ke atas.

"Ini harus ditahu juga. Karena kami sebagai pengawas dalam pembangunan jaringan ini sudah melihat kondisi ini," katanya.

Kendati demikian, Aris mengatakan, dirinya akan mengkomunikasikan kembali persoalan ini dengan pihak pelaksana. Termasuk dia juga bersedia mencari solusi untuk mengurangi risiko kerusakan dengan kondisi alam yang rawan longsor tersebut. (arm)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…