Langsung ke konten utama

Kejari Bulukumba Mesti Prioritaskan Dugaan Gratifikasi


Dugaan gratifikasi dalam pengerjaan proyek dana alokasi khusus (DAK) Pendidikan 2010 ternyata mendapat perhatian banyak pihak. Termasuk kalangan pengamat dan aktivis anti korupsi. Abraham Samad misalnya menegaskan, Kejaksaan Negeri (Kejari) Bulukumba mestinya menjadikan kasus tersebut sebagai prioritas.

--------------------

Kejari Bulukumba Mesti Prioritaskan Dugaan Gratifikasi

Harian Fajar, Makassar
Jumat, 04 Maret 2011
http://www.fajar.co.id/read-20110303174259-kejari-mesti-prioritaskan-dugaan-gratifikasi

MAKASSAR -- Dugaan gratifikasi dalam pengerjaan proyek dana alokasi khusus (DAK) Pendidikan 2010 ternyata mendapat perhatian banyak pihak. Termasuk kalangan pengamat dan aktivis anti korupsi. Abraham Samad misalnya menegaskan, Kejaksaan Negeri (Kejari) Bulukumba mestinya menjadikan kasus tersebut sebagai prioritas.

"Kasus tindak pidana korupsi, gratifikasi, suap, itu semua harus menjadi prioritas aparat penegak hukum. Sebab, itu sudah menjadi program kerja lembaga penegak hukum dan memang sudah ada MoU (memorandum of understanding, red)," kata Abraham, Kamis, 3 Maret 2011.

Bila tidak ditindaklanjuti, kata dia, masyarakat tentu akan memiliki penilaian-penilaian tersendiri atau akan muncul dugaan-dugaan. Misalnya, masyarakat bisa menduga bahwa aparat penegak hukum itu tidak serius menangangi persoalan-persoalan seperti itu.

"Bisa juga akan muncul dugaan yang lebih buruk lagi bahwa aparat penegak hukum tidak serius menindaklanjuti masalah itu, karena mereka juga ikut bermain di dalamnya," urai Abraham.

Karena itu, lanjutnya, supaya tidak muncul dugaan-dugaan yang menyudutkan aparat penegak hukum, perhatian dan prioritas harus diarahkan pada persoalan tersebut.

Pakar Hukum Pidana dari UMI Prof Dr Hambali Thalib SH MH juga angkat bicara. Kata dia, masalah gratifikasi itu menyangkut pemberian dalam dimensi yang luas. Bisa saja dalam bentuk diskon, bisa dalam bentuk fasilitas, apalagi kalau sudah terang-terangan dalam bentuk uang, meski dengan kedok tertentu, seperti sumbangan kepada pejabat negara yang berkaitan dengan kewenangannya.

"Konteks pemberian kepada bupati itu dalam kewenangan sebagai penentu proyek di suatu daerah memang sangat mungkin terjadi," kata Hambali.   

Dijelaskan, berdasarkan pasal 12b ayat (1) sub a UU 20 tahun 2001 tentang Tipikor, bagi yang diduga menerima di atas Rp 10 juta itu wajib membuktikan bahwa apa yang diterimanya itu bukan suap yang mempengaruhi jabatan dan kewenangannya. Termasuk dalam penentuan proyek.

"Bila tidak, ini ancaman hukuman pokoknya seumur hidup dengan sanksi pidana penjara minimal empat tahun atau denda Rp 200 juta dan maksimal Rp 1 miliar," urai Hambali.

Terkait masalah di Bulukumba yang menjadi perhatian publik, Hambali menegaskan, Kejari harusnya proaktif menelusuri kebenaran informasi yang sudah berkembang. Sebab, apa yang mengemuka selama ini sudah bisa menjadi bukti petunjuk atau bukti awal untuk melakukan penyelidikan.

"Ini penting dilakukan Kejaksaan supaya tidak terkesan tidak memiliki kepedulian pada masalah yang diduga merugikan negara," kata Hambali. (*/har)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Sufriaman Amir mengatakan…
Lagi - lagi ini adalah tugas berat buat penegak hukum, terutama yang berada di kabupaten bulukumba,,
semoga kasus ini bisa terungkap,,
dan semua orang yang terlibat didalamnya bisa di jerat tindak pidana

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…