Langsung ke konten utama

Pemkab Bulukumba Kurangi Dinas -Badan dari 15 Menjadi 12


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, akan melakukan reformasi kelembagaan. Sejumlah Badan atau Dinas akan dikurangi. Dari 15 badan atau dinas saat ini, akan dikurangi menjadi 12. Bila reformasi kelembagaan Pemkab Bulukumba itu dilaksanakan, dipastikan lebih dari 100 jabatan akan hilang.

---------------------

Pemkab Bulukumba Kurangi Dinas -Badan dari 15 Menjadi 12
- Lebih 100 Jabatan Bakal Hilang

Harian Ujungpandang Ekspres, Makassar
Jumat, 04-03-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=62785

BULUKUMBA, UPEKS-- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, akan melakukan reformasi kelembagaan. Sejumlah Badan atau Dinas akan dikurangi. Dari 15 badan atau dinas saat ini, akan dikurangi menjadi 12.

Pengurangan badan atau dinas, jelas akan berpengaruh terhadap jumlah jabatan. Bila reformasi kelembagaan Pemkab Bulukumba itu dilaksanakan, dipastikan lebih dari 100 jabatan akan hilang.

"Reformasi kelembagaan akan menghemat anggaran daerah. Kalau dihitung-hitung, sekitar Rp1,9 miliar anggaran akan dihemat selama satu tahun. Itu baru dari tunjangan jabatan. Belum termasuk biaya operasional. Anggaran yang akan dihemat mencapai miliaran rupiah," kata Kepala Bagian Organisasi Setda Bulukumba, Andi Syamsul Mulhayat, di kantor Bupati Bulukumba, Kamis, 3 Maret 2011.

Rencana reformasi kelembagaan itu, sudah mendapat lampu hijau dari Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan. Menurut Syamsul Mulhayat, bupati sudah memerintahkan untuk segera dilakukan reformasi birokrasi. Saat ini tengah disusun rencana reformasi birokrasi itu. Ia mengatakan, nantinya setiap dinas maksimal hanya empat eselon tiga, tapi bisa tiga.

Dinas atau badan yang eselon tiganya bisa empat adalah badan atau dinas yang tergolong besar dan mengelola anggaran yang cukup besar. Seperti Dinas PU, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan atau Dinas Pendidikan.

"Untuk dinas yang tergolong kecil itu, eselon tiganya maksimal tiga," terang Syamsul Mulhayat. ()

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

abdul mengatakan…
lebih baik, selein hemat anggaran, juga meminimalisir kesempatan untuk korup.

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11) -------------------------- Kisah Ikan Duyung di Bulukumba Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup Harian Kompas (Kompas.com) K23-11 | yuli | Rabu, 20 April 2011 http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya. Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hing

Pahlawan Nasional dan Andi Sultan Daeng Radja

Andi Sultan Daeng Radja bersama tujuh orang lainnya telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI (Susilo Bambang Yudhoyono) Nomor 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006. Andi Sultan Daeng Radja secara diam-diam mengikuti Kongres Pemuda Indonesia, pada 28 Oktober 1928. Bersama Dr Ratulangi dan Andi Pangerang Pettarani, dirinya diutus sebagai wakil Sulawesi mengikuti rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Jakarta.

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin) ----------------------------- Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia. Kabupaten : Bulukumba 1. Kecamatan Bonto Bahari - 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571) - 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571) - 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571) - 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571) - 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571) - 6. Kelurahan/Desa Sapolohe -